Upgrade Performa Mega Pro Dengan Noken As Tiger

         Dulu saat saya membeli motor, tidak pernah terpikirkan untuk mengoprek mesin, bahkan saya termasuk aliran standart lover yang paling anti bongkar – bongkar mesin hehehe, apalagi ketika saya membeli seekor mega pro sebagai tunggangan saya, saya anggap tenaganya sudah cukup bahkan berlebih bagi seorang rider yang bobotnya ringan seperti saya  hanya 50 kg :(.  Anggapan itu terus berlanjut hingga suatu hari terjadilah suatu hal yang merubah pendirian saya.
          Saat itu saya menghadiri Reuni dengan teman – teman seangkatan ketika saya ketika masih di Madrasah Aliyah dahulu , tempat reuni ada di kota Semarang cukup jauhlah dari tempat tinggal saya sekarang yang berada di Yogyakarta, Kontur jalan yang dilalui relatif berbeda , jalur Yogyakarta – Magelang didominasi aspal mulus nan lebar udah  dengan hanya sedikit tikungan, sangat cocok untuk gas pol mencoba top speed, Medan dari Magelang hingga Ambarawa penuh kelokan dan agak naik turun cocok lah untuk ngetes torsi dan akselaresi motor, singkat kata perjalanan saya dari Yogyakarta hingga Semarang berjalan lancar walau boncenger saya jauh lebih berat dari saya namun  tidak terlalu kerasa pengaruhnya.
           Selesai reuni kami pun pulang membelah kemacetan mulai Semarang kota hingga Magelang, sepanjang jalan saya sempat balapan dengan megapro gaya touring, kelihatan dari ban  velg  almunium tapak lebar r 17 beserta ban gede, tempat minum, sampe klakson kapalnya, sedangkan saya tampang standar pabrik culune poll hahaha, saat jalan lurus bolehlah diadu saya masih bisa mengimbangi bahkan sempat beberapa kali ngasepin, tapi saat jalur Ambarawa – Secang yang didominasi kelokan dan tanjakan barulah saya keteteran, apalagi ditambah dengan saya berboncengan motor serasa berat nariknya di tanjakan , dan akhirnya saya ketinggalan jauh hah parah, memang sih ini karena faktor boncenger kalo sendirian saya yakin bisa ngimbangin tuh mega pro touring style.
          Belajar dari pengalaman ini maka saya mulai searching di internet beberapa parts pendongkrak performa mega pro, ada banyak macamnya sih seperti bore up 200 cc (jadi tiger donk ), ganti noken as, per kopling, pake modif elektronik DLL, namun lagi – lagi terbentur masalah dana maklum lah saya hanya mahasiswa kere wkwkwk, akhirnya saya memutuskan untuk mengkanibal beberapa part dari kakaknya mega pro alias si tigor , Part yang pertama saya beli adalah noken as tiger, lift noken as sih sama saja namun noken as tiger lebih gendut dari noken as mega pro, jadi durasi bukaan klep labih lama, otomatis bahan bakar yang masuk semakin banyak dan duar – duar tenaga pun meningkat hahaha. Part ini saya beli seharga 195.000 rupiah (ori AHM ),kalau dilihat di faktur harga aslinya sih cuma 177.000 tapi  ternyata pajaknya itu loh 10% harga jual , aih pajek di Indonesia emang tinggi kasihan para konsumen seperti saya huhu.


Noken As Tiger



          Setelah terpasang motor langsung saya coba untuk touring Jogja – Temanggung, – Kendal yang jalannya lebih ekstrim dari Jogja – Semarang dan apa yang terjadi motor jadi bertenaga di tiap putaran   mantab deh tenaganya kayak nggak abis – abis , padahal saya memboncengkan kakak saya yang bobotnya 75 kg :hammer :hammer, nggak nyangka malah ketemu dengan mega pro yang dulu balapan sama saya dulu di ambarawa hhaaha. 
             Pas lebaran kemaren saya dapet angpau dari bulik yah lumayanlah 50.000 , gx nyangka udah gedhe masih adpet angpau wkwkwkwk, lagsung aja saya beliin per kopling tiger juga, katanya si lebih panjang 1 ulir dari per kopling mega pro, tapi karena baru beli beli belum saya pasang deh, besok saya tulis  deh reviewnya kalo sudah terpasang.


Per kopling Tiger
Iklan

86 thoughts on “Upgrade Performa Mega Pro Dengan Noken As Tiger

  1. ada efek apa aja om setelah ganti noken as tigi ? itu yang diganti cuman noken as doang ya om ? kebeneran ane juga pake NMP taun 2011 kemarin om .. ada rencana mau upgrade power sih .. nunggu recomend dari om aja deh .. hehehe ..

    Suka

  2. iya om noken as doang,efeknya nafas mega pro jadi panjang – panjang om, tenaganya di rpm atas lebih keluar..tapi ini unutk old mega pro sampai mega pro primus saja.
    kalo unutk NMP tidak disarankan pake noken as tiger, dikarenakan memang profil noken yang sudah berbeda jauh, saya lebih menyarankan koil saja yang diganti dengan menggunakan Koil Tiger Revo, sedangkan noken as tetap standar 😀

    Suka

  3. noken as tiger (tirev/tilam) klop di megapro 160cc. tanpa ubahan apapun. begitupun sebaliknya.
    karena pada dasarnya mesinnya 99% sama plek.
    kalo NMp yaaaa…. nasib gak bisa substitusi, lagian bentar lagi juga discontinue, paling cuma pake verza.

    Suka

  4. templar itu apa gan? maaf gan kl aga’ kampung. coz beda daerah beda bahasanya gan. jadi kurang ngerti. mohon penjelasan. coz meggy ane jd brisik abis make noken as tigi. thank’s before..

    Suka

  5. misi dulur , mau minta solusinya , tentang penyakit MP saya

    masalahnya ,

    1 ) pada saat posisi berhenti dan gigi perseneleng masuk di.posisi 2
    dan tiba” gas saya putar
    didaerah kop , mungkin noken bunyi KLETEK , KLETEK , KLETEK
    tapi kalau udah posisi jalan normal ataupun ngebut
    gak ada bunyi apapun

    apakah noken as perlu diganti

    final gear 14-41
    velg ring 17

    mohon bantuannya

    Suka

  6. Gan punya ane setelah diganti noken tiger suaranya jadi berisik, katanya templarnya diganti yg roler atau semacamnya & setelan karbu minta diboroskan, per kopling juga udah diganti tiger cld tapi gak terlalu ngefek, padahal punya temen bisa enak bgt, gimana pendapatnya gan, oiya nokennya merk mpm seharga 78rb maklum kantong pelajar 😀

    Suka

  7. Bos, MP2004
    Spek kruk as tiger, stang seher gl max, piston cbr, kop ory MP, rasio Tiger Prim-sek standar mp, gear 15:36
    Bunyi nglitik pas ditanjakan, gigi 6 rpm tinggi, n yg pasti lo rpm rendah nambah gigi.
    Ad solusi buat ngilangin nglitik2 gak, nek ganti noken tiger kirane ilang nglitike ga ya bos…

    Suka

    1. suara nglitik bisa karena tensioner ke rantai kamfrat, misal bunyi klek klek klek pas ditanjakan dalam keadaan gigi 6 wajar saja sih sepertinya

      Suka

  8. Bos, MP2004
    Spek kruk as tiger, stang seher gl max, piston cbr, kop ory MP, rasio Tiger Prim-sek standar mp, gear 15:36
    Bunyi nglitik pas ditanjakan, gigi 6 rpm tinggi, n yg pasti lo rpm rendah nambah gigi.
    Ad solusi buat ngilangin nglitik2 gak, nek ganti noken tiger kirane ilang nglitike ga ya bos…
    Minta komentnya trimakasih….

    Suka

    1. nglitik di bagian mana ya mas? setahuku misal motor garapan model ker as tiger piston over size emang mesin getar dan cenderung suara kasar. kalau misal mau suara halus, makai model templar roller. soalnya saya juga pakai templar roller noken masih std.

      Suka

  9. bang dan agan yg pernah korek megapro tahun 2001atau 2002 pake noken as tiger.apakah perlu rubahan platuk klep juga ya.trus kl pake yg KW efek ke mesin nya gimana.nyari yg original AHM apakah benar 600rb daerah jkt sltan.trims

    Suka

  10. Mas mau tanya kalau noken nya pakek noken tiger merk takeshi

    Suara mesin nya kasar nggak? Tolong pencerahan nya.. takut suara kasar
    Dan konsumsi bbm nya berpa 1 lter? Soal.e aku lepas filter dan mj pj 110-40 1 liter 35-42 masih pelajar takut gak bisa beli bensin heheh suwun

    Suka

  11. mas mau nanyax soal ,ganti noken tiger di pasang di mega pro 2004 bisa nggk mz ?…dan jeroannya jg sama semua nggk ?apa ada yng dirubah tempat transmisinya …saya tunggu jawabane mz .trmksh..

    Suka

  12. Mau tanya mas, mesinnya gl100 sdh di upgrade/modif pakai blok kop mpro , pertanyaannya setelah pakai noken as tiger apakah tidak pengaruh pada mesin gl100 nya.. mohon di balas mas, tks

    Suka

  13. Mas saya abis ganti noken tiger,kok suara nya makin berisik dr sebelum nya ya? Apa pilot dan main jet minta di gedein lagi? Info dunk mas.thanks

    Suka

  14. Om..nanya nih ane punya gl pro neotech udah up bandul/krukasnya udah stroke 9mm dan shaker pake kawahara diameter 6,6 ,tapi noken masih setandart..lha kalau noken tak ganti punya nya tiger gimana gan ?aman apa engak ya apa harus ngrubah ?beda noken neotech sama tiger banyak gk ?sementara coak an nya udah tak cowak tiger di shakernya biar jarak aman nya lebih aman. Suwon.

    Suka

  15. Berarti tingal taroh aja udah pnp ya gan ?soalnya mau ganti takut belum tau punyanya tiger seberapa takut tabrak an klepnya.
    Makasih gan ane coba nya..semoga aman.

    Suka

  16. Bos.mau nanya
    Motorku mp primus 2007.mesin halus.gak ngebul.tp kok tarikan berat bgt.top speed cm dp 70kpj.apa klo ganti noken as tigi bs menambah tenaga.trs kira kira apa saja yg prlu di ganti

    Suka

  17. Mas megapro sya uda diganti noken tiger bawaan sepeda dan pelatuk ori klepnya uda baru mas
    Tapi suaranya kasar mas bunyinya kemilitik mas

    Suka

  18. Suaranya halus poll bro salam megaprimus nganjuk .udah ganti kamprat . punyanya tossa templar roller sama noken thakesi.budget nipis .. soal tenaga sama aja gak begitu ngaruh .. keunggulannya gak berisik ..

    Suka

  19. It has not till hell freezes over been easier to judge between the transportation services,
    as all consumer opinions and testimonials are gathered in anyone part of the country
    as a service to you to pick the best. Bolt peevish supremacy and as a conclude bad familiarity beside consulting any rewording website reviews.
    Entirely written testimonials wish guide you including the
    activity of selecting the united and alone
    change usefulness that will fit your needs.

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s