jump to navigation

Upgrade Performa Mega Pro Dengan Noken As Tiger 5 September 2011

Posted by awansan in Info.
trackback

         Dulu saat saya membeli motor, tidak pernah terpikirkan untuk mengoprek mesin, bahkan saya termasuk aliran standart lover yang paling anti bongkar – bongkar mesin hehehe, apalagi ketika saya membeli seekor mega pro sebagai tunggangan saya, saya anggap tenaganya sudah cukup bahkan berlebih bagi seorang rider yang bobotnya ringan seperti saya  hanya 50 kg :(.  Anggapan itu terus berlanjut hingga suatu hari terjadilah suatu hal yang merubah pendirian saya.
          Saat itu saya menghadiri Reuni dengan teman – teman seangkatan ketika saya ketika masih di Madrasah Aliyah dahulu , tempat reuni ada di kota Semarang cukup jauhlah dari tempat tinggal saya sekarang yang berada di Yogyakarta, Kontur jalan yang dilalui relatif berbeda , jalur Yogyakarta – Magelang didominasi aspal mulus nan lebar udah  dengan hanya sedikit tikungan, sangat cocok untuk gas pol mencoba top speed, Medan dari Magelang hingga Ambarawa penuh kelokan dan agak naik turun cocok lah untuk ngetes torsi dan akselaresi motor, singkat kata perjalanan saya dari Yogyakarta hingga Semarang berjalan lancar walau boncenger saya jauh lebih berat dari saya namun  tidak terlalu kerasa pengaruhnya.
           Selesai reuni kami pun pulang membelah kemacetan mulai Semarang kota hingga Magelang, sepanjang jalan saya sempat balapan dengan megapro gaya touring, kelihatan dari ban  velg  almunium tapak lebar r 17 beserta ban gede, tempat minum, sampe klakson kapalnya, sedangkan saya tampang standar pabrik culune poll hahaha, saat jalan lurus bolehlah diadu saya masih bisa mengimbangi bahkan sempat beberapa kali ngasepin, tapi saat jalur Ambarawa – Secang yang didominasi kelokan dan tanjakan barulah saya keteteran, apalagi ditambah dengan saya berboncengan motor serasa berat nariknya di tanjakan , dan akhirnya saya ketinggalan jauh hah parah, memang sih ini karena faktor boncenger kalo sendirian saya yakin bisa ngimbangin tuh mega pro touring style.
          Belajar dari pengalaman ini maka saya mulai searching di internet beberapa parts pendongkrak performa mega pro, ada banyak macamnya sih seperti bore up 200 cc (jadi tiger donk ), ganti noken as, per kopling, pake modif elektronik DLL, namun lagi – lagi terbentur masalah dana maklum lah saya hanya mahasiswa kere wkwkwk, akhirnya saya memutuskan untuk mengkanibal beberapa part dari kakaknya mega pro alias si tigor , Part yang pertama saya beli adalah noken as tiger, lift noken as sih sama saja namun noken as tiger lebih gendut dari noken as mega pro, jadi durasi bukaan klep labih lama, otomatis bahan bakar yang masuk semakin banyak dan duar – duar tenaga pun meningkat hahaha. Part ini saya beli seharga 195.000 rupiah (ori AHM ),kalau dilihat di faktur harga aslinya sih cuma 177.000 tapi  ternyata pajaknya itu loh 10% harga jual , aih pajek di Indonesia emang tinggi kasihan para konsumen seperti saya huhu.


Noken As Tiger



          Setelah terpasang motor langsung saya coba untuk touring Jogja – Temanggung, – Kendal yang jalannya lebih ekstrim dari Jogja – Semarang dan apa yang terjadi motor jadi bertenaga di tiap putaran   mantab deh tenaganya kayak nggak abis – abis , padahal saya memboncengkan kakak saya yang bobotnya 75 kg :hammer :hammer, nggak nyangka malah ketemu dengan mega pro yang dulu balapan sama saya dulu di ambarawa hhaaha. 
             Pas lebaran kemaren saya dapet angpau dari bulik yah lumayanlah 50.000 , gx nyangka udah gedhe masih adpet angpau wkwkwkwk, lagsung aja saya beliin per kopling tiger juga, katanya si lebih panjang 1 ulir dari per kopling mega pro, tapi karena baru beli beli belum saya pasang deh, besok saya tulis  deh reviewnya kalo sudah terpasang.


Per kopling Tiger
Iklan

Komentar»

1. my live - 20 September 2011

mantaff sharenya:Thumbup:

Suka

2. muztskweez - 14 Desember 2011

gan,megapronya tahun berapa??
konsumsi bensinnya jadi boros ya,,,
jadi berapa km per liter

Suka

3. Anonymous - 27 Februari 2012

megapro ente th brp?apa plug n play noken asnya?efek+minumnya meggy?

Suka

4. Awansan - 5 Maret 2012

mega pro ane tahun 2005, konsumsi bensin masih tembus sekitar 1 :35 sampai 1 : 40, tergantung trek

Suka

5. Anonymous - 7 Maret 2012

Gan, ganti noken as tiger jadi agak berisik ga klep / mesinnya?

Suka

6. woverine - 16 Maret 2012

ada efek apa aja om setelah ganti noken as tigi ? itu yang diganti cuman noken as doang ya om ? kebeneran ane juga pake NMP taun 2011 kemarin om .. ada rencana mau upgrade power sih .. nunggu recomend dari om aja deh .. hehehe ..

Suka

7. Awansan - 21 Maret 2012

iya om noken as doang,efeknya nafas mega pro jadi panjang – panjang om, tenaganya di rpm atas lebih keluar..tapi ini unutk old mega pro sampai mega pro primus saja.
kalo unutk NMP tidak disarankan pake noken as tiger, dikarenakan memang profil noken yang sudah berbeda jauh, saya lebih menyarankan koil saja yang diganti dengan menggunakan Koil Tiger Revo, sedangkan noken as tetap standar 😀

Suka

8. hendra - 22 Februari 2013

Noken as n per koplingnya pake tiger revo atau tiger2000 mas ?

Suka

awansan - 15 Juni 2013

pake tiger 2000 aja mas 😀

Suka

9. kura2 - 15 Maret 2013

gan. itu noken as tirev pa tigor 2000?

Suka

10. ipanase - 1 Juli 2013

aku kapan ya

Suka

11. lugupol - 21 Juli 2013

kalau di ahass ngawi enek pora yo noken as tiger…,jadi pengen…

Suka

12. Jeffry Alfryzal - 3 September 2013

mas mau tanya nih, punya mas gan kan block kop ori ya? itu pas ganti noken as tigi apa g nyetel ulang nokes asnya.mkasih bantuannya

Suka

13. adit - 19 Oktober 2013

Itu ganti noken as tiger 2000 apa gak ada ubahan lain di mesin?per koplingnya pake tiger 2000 apa revo?

Suka

14. pak tarno - 14 November 2013

noken as tiger (tirev/tilam) klop di megapro 160cc. tanpa ubahan apapun. begitupun sebaliknya.
karena pada dasarnya mesinnya 99% sama plek.
kalo NMp yaaaa…. nasib gak bisa substitusi, lagian bentar lagi juga discontinue, paling cuma pake verza.

Suka

15. Tom Goodbeat - 21 Februari 2014

megapro old nya (2005 n primus) pake blok silinder tiger,as kruk tiger, piston megapro, pake setingan noken tiger, jangan lupa di porting………………….joshhh

Suka

16. henry - 24 Februari 2014

saya make noken as tiger mesin jadi brisik apa ada yang salah ya mohon di bantu

Suka

awansanblog - 25 Februari 2014

Templarnya diperiksa mas, harusnya nggak berisik

Suka

17. henry - 24 Februari 2014

ganti noken as tiger punyaku jdi brisik

Suka

18. bio - 13 Maret 2014

menurut mas…utk meningkatkan tenaga tilam buat trabasan ganti nken as racing gimana ?

Suka

awansanblog - 21 Maret 2014

Porting polish , ganti cdi brt

Suka

19. ucok dogol - 2 April 2014

templar itu apa gan? maaf gan kl aga’ kampung. coz beda daerah beda bahasanya gan. jadi kurang ngerti. mohon penjelasan. coz meggy ane jd brisik abis make noken as tigi. thank’s before..

Suka

ary gunawan - 1 Juli 2014

templar = pelatuk noken as / sepatu klep

Suka

20. dony - 15 Agustus 2014

Bos mau tanya, kenapa tiger ane itu kalo di gas kopong? Kira kira itu apa penyakit nya?

Suka

awansanblog - 16 Agustus 2014

Cek kompresi mas

Suka

21. ridhwan - 20 Agustus 2014

misi dulur , mau minta solusinya , tentang penyakit MP saya

masalahnya ,

1 ) pada saat posisi berhenti dan gigi perseneleng masuk di.posisi 2
dan tiba” gas saya putar
didaerah kop , mungkin noken bunyi KLETEK , KLETEK , KLETEK
tapi kalau udah posisi jalan normal ataupun ngebut
gak ada bunyi apapun

apakah noken as perlu diganti

final gear 14-41
velg ring 17

mohon bantuannya

Suka

22. Ahmad - 21 Agustus 2014

Mas megapro thn 2008, .rpm bwah enak tp atas gag enak. . .mintak s0lusinya. . .replay

Suka

awansanblog - 24 Agustus 2014

Nggak enake gmana ? Mbrebet ato gmana,

Suka

23. punkromli - 18 September 2014

mas mo nanya klo masalah keawaetan mesinnya gmn?soale dulu pake noken as tiger di gl 100 2 minggu bearing kruk as nya rontok,trims

Suka

awansanblog - 18 September 2014

Lah kalo itu bukan salah nokennya mas, kalo dipasang di megapro awet awet aja

Lha kalo dipasng di gl 100 ya beda jauh lift dan durasinya, lagian gx ada hubungan antara noken dan laher kruk as,

Suka

punkromli - 18 September 2014

ok trims mas bro..dr kemaren mo ganti buat si megi msh ragu ..

Suka

24. ixan - 30 November 2014

piston perlu dikoak enggak??

Suka

awansanblog - 13 Desember 2014

nggak perlu, pnp aja

Suka

rido dwi anugro - 16 Desember 2014

mas saya minta nmer Hpnya donk.,mau konsultasi MP saya..

Suka

awansanblog - 16 Desember 2014

Japri via email aja mas no telpnya

Suka

25. Eddy Suroso - 17 Maret 2015

Menarik oprekannya untuk dongkrak performa mega pro saya mau coba trims

Suka

26. Samsul Arifin - 2 April 2015

mas bro kira2 kalau megapro pakai noken tiger harus papas piston pa nggak ya….

Suka

awansanblog - 23 April 2015

Nggak perlu papas piston mas

Suka

27. reiza k - 11 Juli 2015

Gan punya ane setelah diganti noken tiger suaranya jadi berisik, katanya templarnya diganti yg roler atau semacamnya & setelan karbu minta diboroskan, per kopling juga udah diganti tiger cld tapi gak terlalu ngefek, padahal punya temen bisa enak bgt, gimana pendapatnya gan, oiya nokennya merk mpm seharga 78rb maklum kantong pelajar 😀

Suka

awansanblog - 11 Juli 2015

sepertinya templarnya kena, tidak perlu diganti yang roller,ganti templar biasa saja

Suka

reiza k - 12 Juli 2015

Siap gan, makasi infonya lain kali kalo ketemu bisa dicoba 1200m mp nya 😀

Suka

28. kembon - 5 Oktober 2015

Gan, mau tanya nih. Suara mesin mp primus kesayangan ane ngoklok gitu gan,,,,,,,

Suka

29. ujang - 17 Oktober 2015

Glpro cdi, dudukan boh noken as yang dikop oblak, bisa diganti pake bearing punya tigerr gk?

Suka

30. Singgih - 26 Oktober 2015

Bos, MP2004
Spek kruk as tiger, stang seher gl max, piston cbr, kop ory MP, rasio Tiger Prim-sek standar mp, gear 15:36
Bunyi nglitik pas ditanjakan, gigi 6 rpm tinggi, n yg pasti lo rpm rendah nambah gigi.
Ad solusi buat ngilangin nglitik2 gak, nek ganti noken tiger kirane ilang nglitike ga ya bos…

Suka

awansanblog - 6 November 2015

Ganti noken tiger nggak ngurangi nglitik mas, nggak ada hubungannya sama kompresi , itu ngelitik keberaten rasio kalo menurutku, coba diringanin

Suka

rison w - 24 November 2015

suara nglitik bisa karena tensioner ke rantai kamfrat, misal bunyi klek klek klek pas ditanjakan dalam keadaan gigi 6 wajar saja sih sepertinya

Suka

31. Singgih - 26 Oktober 2015

Bos, MP2004
Spek kruk as tiger, stang seher gl max, piston cbr, kop ory MP, rasio Tiger Prim-sek standar mp, gear 15:36
Bunyi nglitik pas ditanjakan, gigi 6 rpm tinggi, n yg pasti lo rpm rendah nambah gigi.
Ad solusi buat ngilangin nglitik2 gak, nek ganti noken tiger kirane ilang nglitike ga ya bos…
Minta komentnya trimakasih….

Suka

rison w - 24 November 2015

nglitik di bagian mana ya mas? setahuku misal motor garapan model ker as tiger piston over size emang mesin getar dan cenderung suara kasar. kalau misal mau suara halus, makai model templar roller. soalnya saya juga pakai templar roller noken masih std.

Suka

32. andy - 13 Desember 2015

bang dan agan yg pernah korek megapro tahun 2001atau 2002 pake noken as tiger.apakah perlu rubahan platuk klep juga ya.trus kl pake yg KW efek ke mesin nya gimana.nyari yg original AHM apakah benar 600rb daerah jkt sltan.trims

Suka

awansanblog - 30 Desember 2015

Pelatuk nggak usah diganti mas

Suka

33. fernanda - 14 Januari 2016

Mas mau tanya kalau noken nya pakek noken tiger merk takeshi

Suara mesin nya kasar nggak? Tolong pencerahan nya.. takut suara kasar
Dan konsumsi bbm nya berpa 1 lter? Soal.e aku lepas filter dan mj pj 110-40 1 liter 35-42 masih pelajar takut gak bisa beli bensin heheh suwun

Suka

awansanblog - 14 Januari 2016

Lha masih irit itu itungan bensinnya, harusnya selama noken nggak papasan biasane mesin nggak kasar kok

Suka

34. rudi - 30 Maret 2016

om,mw nanya.
askruk tiger pake setang seker gl max ori trus pake seker megapro apakah kuat?

Suka

awansanblog - 30 Maret 2016

kalo as kruk nya mah kuat kuat aja 😀

Suka

35. rudi - 1 April 2016

maksudnya stang nya om,kuat pa gak.
panjang stang seker tiger sama gl max apakah sama?

Suka

awansanblog - 1 April 2016

Kuat mas stangnya

Suka

36. rudi - 1 April 2016

ok,thank’s om

Suka

37. aRief - 9 Mei 2016

mas boleh tanya, bobot kruk as honda XL dibndingkan kruk as cg berat yg mana???

Suka

awansanblog - 13 Mei 2016

Wah maas maaf nggak tahu, belum pernah nimbang

Suka

38. yono - 13 September 2016

mas mau nanyax soal ,ganti noken tiger di pasang di mega pro 2004 bisa nggk mz ?…dan jeroannya jg sama semua nggk ?apa ada yng dirubah tempat transmisinya …saya tunggu jawabane mz .trmksh..

Suka

awansan - 14 September 2016

Bisa aja mass, nggak ngubah jeroan apa apa, tinggal copot noken lama, pasang noken baru, beress

Suka

yono - 14 September 2016

mas ane punya honda mega pro tp larinya kurang kenceng …tp ada suara berisik klitik2 pada bosklepnya goyang ..apa bisa ngefeknya ke kompresi mas ?…

Suka

awansan - 15 September 2016

Dicek aja mass, kalo yg asal klep rapet, dan piston+ring piston sehat kompresi mestinya normal

Suka

39. Johny S - 19 Oktober 2016

Mau tanya mas, mesinnya gl100 sdh di upgrade/modif pakai blok kop mpro , pertanyaannya setelah pakai noken as tiger apakah tidak pengaruh pada mesin gl100 nya.. mohon di balas mas, tks

Suka

40. Andi - 9 November 2016

Megapro primus klo mw lari cukup ganti noken as tiger, cdi brt ori. Kebetulan Meggy ane udh jdi tiger revo ganti baju.

Suka

41. Kiki - 29 November 2016

Mz megapro sy udah di ganti nokenx tiger, malah jadi berisik mz… mohon infox..

Suka

awansan - 30 November 2016

Noken tiger ori mas? Kondisi pelatuknya gimana?

Suka

42. Ahmad - 17 Desember 2016

Mas saya abis ganti noken tiger,kok suara nya makin berisik dr sebelum nya ya? Apa pilot dan main jet minta di gedein lagi? Info dunk mas.thanks

Suka

awansan - 17 Desember 2016

Berisiknya di sebelah mana mas, coba cek templarnya

Suka

43. Ahmad - 30 Desember 2016

Kalo lagi langsam halus,kalo buka gas keluar suara berisik nya..kaya keteng ngicrik

Suka

44. dani - 5 Januari 2017

Om..nanya nih ane punya gl pro neotech udah up bandul/krukasnya udah stroke 9mm dan shaker pake kawahara diameter 6,6 ,tapi noken masih setandart..lha kalau noken tak ganti punya nya tiger gimana gan ?aman apa engak ya apa harus ngrubah ?beda noken neotech sama tiger banyak gk ?sementara coak an nya udah tak cowak tiger di shakernya biar jarak aman nya lebih aman. Suwon.

Suka

awansan - 5 Januari 2017

Ganti aja gpp mas, noken dimensinya sama, cuman beda dikit di durasi, nggak harus rubah apa apa

Suka

45. dani - 5 Januari 2017

Berarti tingal taroh aja udah pnp ya gan ?soalnya mau ganti takut belum tau punyanya tiger seberapa takut tabrak an klepnya.
Makasih gan ane coba nya..semoga aman.

Suka

46. jordan - 11 Februari 2017

Motor saya pabrikan cina klu pakai noken as tiger bisa g mesin mirip ma megapro ,pakai Noken as tiger tapi di bubut harian bisa g gan,

Suka

47. Kanjeng Romo Gonto - 19 Februari 2017

bro sya udah beli kem kawahara k2 ,mau tak paang ke megapro kira 2 ada pperlu bagian lain yg d ganti gk ?motor mau tak buat trail .tp pginnya mesin ttp tahan lama .n awet makasih

Suka

awansan - 19 Februari 2017

Kalo kem kawahara emg khusus buat mp, langsung pasang aja mas, biasanya penyesuaian di stelan karburator plg , ndak ada yg perlu diganti

Suka

48. arry - 19 Februari 2017

nuhun mas bos,mw tanya untuk gl max 97 klo mw di naikKan CC nya jd 200(sprti tigir)yg perlu di ganti apa sja…?
mksh.

Suka

49. arry - 19 Februari 2017

nuhun mas bos,untuk gl max 97 klo mw naikKan CC jd 200(sprt tigir)yg perlu di ganti apa sja…?
mksh.

Suka

50. Sugy - 24 Maret 2017

Bos.mau nanya
Motorku mp primus 2007.mesin halus.gak ngebul.tp kok tarikan berat bgt.top speed cm dp 70kpj.apa klo ganti noken as tigi bs menambah tenaga.trs kira kira apa saja yg prlu di ganti

Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Best Articles Of Collection

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita

Banyak Jalan, Banyak Cerita | Catatan perjalanan seorang Bocah Ilang dari Jogja

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

"Menulis untuk keabadian"

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

Kunang-kunang

Pemimpi, ajari aku terbang

Jingga

Karena Menulis Itu Membahagiakan.

%d blogger menyukai ini: