jump to navigation

Bm1 Vs Shell 9 September 2011

Posted by awansan in Info.
trackback

                       Selama ini saya sudah menggunakan berbagai macam pelumas untuk motor saya dan tentunya setiap pelumas mempunyai karakter tersendiri dunkz, oh ya perlu diterangkan disini motor yang digunakan untuk mengetes adalah mega pro 2005 punya saya (karena cuma punya itu doang ). Oli adalah hal yang sangat penting bagi mesin motor kita, suatu kebutuhan yang mutlak dan tidak bisa ditawar – tawar lagi , Oli mempunyai bermacam – macam spesifikasi maka disinilah kita harus pintar – pintar memilih Oli yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh mesin yang kita pakai, dilain pihak ternyata tidak semua motor mempunyai kecocokan pada oli yang sama, walaupun merek mesin tersebut sama, tidak semua mega pro cocok dengan oli federal, kadang cocok sama mesran, prima xp, shell, atau merek Oli yang lain
 Pada Mulanya saya mencoba menggunakan berbagai macam Oli produksi Pertamina, Mulai dari Prima XP, Enduro 4 T, hingga Enduro racing. Yang saya rasakan dari produk – produk pertamina adalah suara mesin cenderung kasar, selain itu kopling cenderung sering selip, saya sendiri juga heran padahal oli – oli produk pertamina biasanya sudah diberi formula anti selip kopling, emang gx cocok kali ya di motor saya .Lama – kelamaan saya mencoba Oli rekomendasi Pabrikan, apalagi kalo bukan federal , Saat memakai oli federal , saya merasakan kopling justru bertambah selip, tidak tahu kenapa, padahal oli inilah yang dianjurkan oleh pabrik, oli yang saya pakai adalah Federal supreme X, begitupun dengan perpindahan persnelling masih keras, dan ketika berhenti sulit untuk dinetralkan.
Akhirnya saya berpindah lagi memakai Oli shell, Tipe helix ax5, dengan sae 15w – 50, harganya juga cukup mahal didaerah saya mencapai 40.000 rupiah, memakai oli shell tarikan jadi tambah galak apalagi ketika mesin belum panas, wuss wuss rasanya loncat terus tiap ganti gigi, selain itu perpindahan  gigi persneling jadi ringan sekali serta  mudah dinetralkan ketika berhenti, dalam hatiku rasane wuenak rek, selain kelebihannya tersebut  menurut saya Oli shell memepunyai beberapa kelemahan  yaitu ketika mesin sudah panas tenaga terasa menurun dan mesin terdengar kasar, apalagi kalo buat macet – macetan waduh ampe gx tega, selain itu ketika sudah menempuh jarak lebih dari 1000 km, oli sudah terasa tidak enak harus segera diganti deh kayaknya, jika menggunakan Oli shell Helix AX 5, sebaiknya diganti pada kilometer 1500.
Belum genap 6 kali memakai shell, saya kembali tergoda memakai oli merek lain, kali ini adalah oli yang direkomendasikan oleh teman saya pemakai mega pro daerah semarang, yupz adalah oli Bm1 Pc 3000, dengan sae 15w-50. Harganya cukup terjangkau 50.000 saja, entah juga ternyata mesin saya cocok memekai oli ini, persnelling ringan, mudah dinetralkan, minim selip kopling, dan tarikan jadi enteng , yang paling saya suka adalah ketika mesin sudah panas performa tidak menurun malah semakin menjadi –jadi, selain itu ketika mencapai kilometer 2500 oli juga masih nyaman dipakai, kalo darurat mungkin bisa sampai kilometer 3000 atau bahkan 3500. Hmm untuk ssementara ini mungkin ini oli yang paling cocok dengan mega pro tua saya hahaha, overall saya puas dengan kinerja oli ini .
Demikain review dari beberapa oli yang pernah saya pakai, sekali lagi artikel ini ditulis dari pengalaman saya sendiri, tanpa ada maksud menjelekkan merk produk tertentu,dan tanpa ada maksud promosi,  tidak semua mesin yang sama, cocok pula dengan Oli yang sama, namun apa salahnya jika anda mencoba untuk mendapatkan performa terbaik bagi kendaraan anda.

Iklan

Komentar»

1. Andika Permana - 12 Desember 2013

Waah artikelnya menarik, makasih mas

Suka

2. robert.parno - 14 Desember 2013

saya pake megapro 2005…saya juga pake BM1…manteb

Suka

3. axo92 - 21 Juni 2014

saya pake pc1000 buat fu, enak.. :mrgreen:

Suka

4. urie - 4 Juni 2015

BM1 user ikutan absen
sering telat ganti oli krn ga terasa penurunan performanya
hihihi

Suka

awansanblog - 26 Juni 2015

Rasanya enak ya om urie hehe

Suka

5. Dhimas Ayung - 25 Agustus 2015

BM1 Emang Keren , Saya Make’ Oli Ni Malah Dari Dulu , Mulai BM1 Keluar 1th kemudian ane coba Oli ni , Ehh Ternyata Mesin Terikannya Enteng.

Suka

6. Dinda Amarrandi - 28 Februari 2017

Terima kasih atas kepercayaannya menggunakan produk BM1.

Untuk megapro disarankan gunakan BM1 PC.1000 SAE 15W-50 API Service SJ JASO MA.

Spek PC.3000 SAE 15W-50 API Service SJ diperuntukan untuk Mobil / R4 Gassoline Engine.

Memang banyak komunitas motor besar (Maksudnya yang menggunakan kopling) tidak masalah di gunakan di motornya, hanya saja kami tidak merekomendasikannya.

Untuk tanya jawab seputar oli atau mesin bisa di Fanpage BM1 : https://www.facebook.com/BM1-Oil-143329332381147/

Selamat beraktivitas kembali…
Keep safety ridding…

Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Best Articles Of Collection

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita

Banyak Jalan, Banyak Cerita | Catatan perjalanan seorang Bocah Ilang dari Jogja

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

"Menulis untuk keabadian"

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

Kunang-kunang

Pemimpi, ajari aku terbang

Jingga

Karena Menulis Itu Membahagiakan.

%d blogger menyukai ini: