Review Oli Federal Supreme XX

Pertamina Supreme XX 35k
Oli murah yang siap dipakai untuk touring

awansan.com – Dear pembaca semua, sudah sejak lama si mega awb jadikan kelinci percobaan untuk meneguk berbagai macam oli yang beredar di pasaran, mulai Enduro 4T, Enduro Racing, BM 1, Shell, Federal Ultratec, Castrol, dan banyak lagi lainnya.

Latar belakang saya gonta ganti oli sendiri adalah mencari oli yang cocok mengingat performa si mega yang ngedrop jika mesin sudah panas, dan ternyata semua oli tersebut tidak ada yang berpengaruh pusing saya mikirnya, sebetulnya sempat agak cocok dengan Shell HX5 tapi ternyata tidak bertahan lama juga 😡 sempat hampir putus asa, hingga akhirnya salah satu teman saya menyarankan untuk memakai oli Supreme XX ( Oli standar Mega Pro ), dengan gontai saya memutuskan membeli juga Supreme XX kemasan 1 liter di toko langganan.

Kebetulan saat itu saya sedang bongkar kopling sekalian bersihin filter oli, setelah dipasang semua Oli pun dimasukkan, warnanya bening euy , agak kekuning – kuningan.

Test 1
Setelah oli masuk, si mega langsung saya ajak maen – maen ke Telaga Sarangan di Jawa Timur berboncengan dengan teman awb, sekitar 60 km pertama rasanya benar – benar sengsara, motor serasa selip kopling, dan putaran atas terasa tidak bertenaga , ya sudah pasrah aja karena sudah tidak ada  dana buat ganti oli, alamat nunggu 2 bulan lagi deh.

Test 2
Tidak beberapa lama setelah dibawa ke Telaga sarangan, test selanjutnya adalah dibawa long touring Jogja – Kendal PP ( sekitar 280 km ), ternyata eh ternyata mesin mulai kerasa enak, ketika sudah panas mesin tidak terlalu ngedrop performanya horee 😀 😀 , apa mungkin kemarin masih penyesuaian ya nggak tau lah

Test 3

Setelah 2 bulan saya pakai harian dengan trek rumah – kampus ( 30 km pp), plus sekali dipinjem kaka ke solo buat nyari cewek eh salah buat ikut lomba, short touring sekali Jogja – Temanggung ( 260 km ), tgl 21 juni kemaren saya buat turing lagi Jogja – Kendal ( 280 km pp), kok pas pulang ke jogja performa terasa ngedrop, mungkin sudah waktunya ganti oli lagi, sudah lebih dari 3000 km sepertinya, maklum odometer saya mati hehe .

Overall saya puas dengan performa oli Supreme XX, sangat worth dengan harganya yang murah meriah cuman 35.000 euy :shock:, performa masih enak dipake hingga 2 bulanan, shifting ringan, dan performa tidak ngedrop kalo panas , hanya saran saya gantilah oli secara berkala berdasarkan odometer, jangan kayak saya hanya berdasar feeling , oke sekian review dari saya semoga berguna

stay tune and see you next time 😀

14 thoughts on “Review Oli Federal Supreme XX

  1. Ternyata Supreme XX cocok ya mas ❓ Mantap. Kalau revo ane malah nggak cocok pakai Supreme XX 😦

    Like

      1. Pernah nyoba MPX1, tarikan jadi kencang, tapi tiap 1000 km wajib ganti kalau performa pengen top. Terus nguapnya lumayan banyak, hehehe.

        Sejauh ini masih cocok pakai Motul Gold kak bro 🙂

        Like

  2. emang lumayan nih oli wan.. dulu pas gw pake karisma jg olinya ini mulu.. awal2 pake megapro jg ini, tp sekarang gw pakenya Repsol moto rider.. performanya gw rasa sih di atas supreme xx.. dan usia pake yg lebih panjang..

    Like

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.