Review Pemakaian Ban IRC NR72 di Honda Megapro

awansan.com – Dear pembaca tersayang, Sudah sekitar 6 bulan saya memakai IRC NR 72 di ban belakang si mega, sebelumnya saya menggunakan IRC NR 25, NR 25 cukup aneh yaitu setelah setahun pemakaian ban bagian tengah abis , padahal yang samping masih sangat tebel, bahkan masih ada sedikit rambutnya ๐Ÿ‘ฟ .

IRC nR25

Ban IRC NR 72 saya beli dari salah satu toko ban di jalan solo dengan harga 230.000 ukuran 100/90.. cukup murah bukan :D, denger โ€“ denger nih ban IRC NR 72 termasuk awet dibanding lainnya, lha wong harganya aja udah beda, untuk ukuran yang sama IRC NR 25 hanya dihargai 185.000, so saya berharap ban ini semoga lebih awet.

IRC NR 72

IRC NR 72 saya pasang di velg standar si mega, walhasil ban jadi kelihatan gedhe, secara tampilan terlihat gagah kalo dilihat dari belakang :cool:, tapi kalo dari samping terlihat ban ini banyak memakan space spatbor, sehingga makin berisi, bagi mega pro standar tidak recomended menggunakan ukuran 110/90 karena pasti gesek spatbor, so solusinya tinggiin shocbreker depan, selain itu jangan atur ban terlalu kedepan, karena dijamin gesek standar tengah, lumayan riber ternyata ๐Ÿ˜ˆ

Pemakaian di Trek Kering

Di trek kering handling mantab, no doubt, mereng โ€“ mereng pun cukup mantab, tapi jangan mereng banget, tar kebablasen jatuh :lol:. Di trek aspal ban bisa mencengkeram dengan baik, profil ban yang cenderung semi V membuat tarikan tetap enteng walau ban lebih besar dari standar mega pro.

Pemakian di trek Basah

Jujur IRC NR 72 tidak terlalu recomended di trek basah, ban terasa licin euy :evil:, saya sendiri heran padahal IRC NR 72 mempunyai alur di tengah yang berfungsi sebagai pemecah alur air :x, di rek basah IRC NR 25 justru lebih mencengkeram, licinnya IRC NR 72 saya buktikan ketika touring ke tegal kemarin, dimana saya hampir beberapa kali jatuh karena terpeleset ban belakang ketika melewati jalan yang basah,licinnya IRC NR 72 juga disinyalir yang membuat saya jatuh ketika ekspedisi di dieng (kecelakaan terparah hingga boncenger harus dirawat L ). Tapi untuk pemakaian berboncengan di jalan rata cukup memadai kok, asal jangan dibuat mereng โ€“ merang saja .

Overall saya masih puas dengan IRC NR 72, selam 6 bulan pemakaian ban masih cukup tebal, padahal udah dibuat touring ke mana โ€“mana, tercatat jogja-malang-madura, jogja โ€“ brebes โ€“ tegal-jogja,jogja-semarang, tidak terhitung berapa shot touring menyusuri pantai selatan , juga short touring jogja โ€“ temanggung ( mudik :D),plus trek harian bantul jogja. Kesimpulannya adalah IRC NR72 mantab buat trek kering namun harus sedikit berhati-hati di trek basah :wink:, dan pastinya compound cukup awet .

Sekali lagi saya tegaskan review ini berdasar pengalaman pribadi saya, tidak menutup kemungkinan bisa berbeda di pengendara dan motor lain, tapi setidaknya ini bisa menjadi pertimbangan bagi anda semua, oke cukup sekian semoga berguna ๐Ÿ˜€

ket :gambar ban saya ambil dari jualban.blogspot.com
maaf mau moto punya mega nggak punya kamera ๐Ÿ˜†

17 thoughts on “Review Pemakaian Ban IRC NR72 di Honda Megapro

  1. saya pernah pake nr72. memang bener nr72 ga enak buat cornering, terlalu licin. padah kembangannya ‘rame’. Tapi buat drag cukup oke lah. sekarang beralih ke fdr tubeless

    Like

      1. ban belakang hampir 1,5 tahun (+- 15000km) sampai alus tengahnya, yang depan masih setengah. abis itu ganti sekalian dua2nya

        Like

        1. kalo mau wenak kemana-mana Irc nr 65 standaran Scorpion bro…

          kalo bebek Irc nr 69 standaran vega/Jupiter.

          itu ban cukup mumpuni untuk basah / kering.

          Like

  2. Saya juga pemakai ban IRC type 72 ukuran 70/90 ring “16” depan dan belakang buat MIO.
    Untuk trek basah memang benar gak enak pakai NR72 terasa licin. Tapi untuk di track kering ini ban gigit banget.
    Bulan september ini mau saya ganti baru soalnya bunga ban bagian tengah sudah habis (ban belakang). Tahan pemakaian sampai dengan 18bulan.
    Rencana mau ganti FDR, cuma saya lihat FDR gak ada untuk ring “16”

    Like

  3. kang itu licin bukan krn ban, tp krn velg kcl dpasang ban besar jd traksi ban ke aspal berkurang..

    Like

  4. sy pemakai nr72 juga buat rx king dan sejauh ini merasa puas. sy marketing yg hrs wara-wiri dgn mtr, mmg ban 72 ini komponnya terasa keras tp awet & lama habisnya. sempat pakai fdr dan mizzle.hrganya lbh mahal krn tubeless,dipakai jg empuk dan lbh ‘gigit’ ke aspal tp hy bertahan bbrp bulan saja sdh habis kembangannya. cukup boros bagi saya.

    Like

  5. Baru Enam bulan pake IRC NR72, ban kaya bisulan (gede-gede lagi), jalan motor jadi ngak enak kaya naik kuda … kwalitasnya gimana ya …??

    Like

  6. irc tipe nr72 prasaan cepet benjol gan, beda dengan yg tipe lain.

    mengatasi ban licin gampang gan, sering2 aja cuci pake sunlight.
    cz kemarin beli motor bekas ban bawaannya irc nr72, sudah keras dan garis tengah sudah tipis. alhasil ngerem sedikit pun sering ngepot. nah iseng2 cuci ban pake sunlight hasilnya ban gigit lagi.

    saya lupa trik ini sudah lama sekali, nah setelah dicoba lagi akhirnya berhasil.

    Like

  7. 2th lebih ban blakang sya pake nr72 ban dpan jg sma pake nr72
    Skarang ban blakang sya sudah kdaluarsa haha harus ganti soal nya motor nih mau d pake touring k dieng jateng
    Lokasi saya bandung

    Like

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.