Review Yamaha Jupiter Z 115 Buat Harian

Motor yang di Test Ride
Motor yang di Test Ride

awansan.com – Jupiter Z 115 bukanlah barang baru di dnia otomotif Indonesia, bahkan kini sudah keluar generasi penerusnya yaitu jupiter Z fi, namun baru sekarang saya berkesempatan untuk review hariannya, karena baru kemarin saya bisa merasakan motor ini dalam jangka cukup lama dengan jarak tempuh yang cukup jauh juga.

Review ini bermula ketika saya mendapat pekerjaan penelitian lingkungan pendirian Pabrik semen di Kabupaten Rembang, karena banyak tempat penelitian yang terpencil dan bermedan ekstrim, akirnya saya mendapat motor dinas sementara si Jupiter Z 115.

Selama seminggu, tiap hari motor ini saya bawa bolak – balik Rembang – Blora
(basecamp saya di Kota Blora ) plus diajak mblusuk – mblusuk ke  pedalaman Kabupaten Rembang dengan total jarak sekitar 70 – 80 km, medan jalan juga bervariasi mulai dari mulus rata, hingga tanjakan dengan trek berbatu , yupz mari kita mulai pembahasannya

Model dan Fitur
Model jupiter 115 menurut saya cukup cantik dilihat dari depan, kayak gadis yang lagi tersenyum, tampangnya cukup artistik khas desain yamaha yang enak dilihat, tapi entah kenapa kalau melihat dari beakang saya tak terlalu suka karena lampu belakang terlalu kecil menurut saya, jadi kurang sip 👿 .

Fitur – fitur di new jupe pun saya anggap bags dibanding dengan motor bebek yang lain, seperti desain speedometer yang menyala biru, sangat membantu ketika riding malam hari, lihat speedo brasa nyetir pesawat hahaha 😆 , fitur lain yang sangat berguna adalah membuka jok tidak usah copot kunci, cukup puter kontak kesebelah kiri 😀 , untuk mengaktifkan shuter key pun enak tinggal pencet tombol aja disamping lobang kunci, jauh lebih praktis daripada supra series yang harus gerakin tuas

Handling dan suspensi
Handling sangat bagus menurut saya, dengan body kecil enak buat selap selip, ketika diajak nikung pun si jupe nurut aja, di trek lurus juga stabil khas yamaha, suspensi menurut saya kurang empuk, dibuktikan ketika melewati jalan yang berkerikil atau lubang, hentakan ban masih sangat terasa di tangan dan perut serasa diaduk aduk aja 👿 . tapi soal pengereman harus diakui yamaha pakem banget cuy 😀 .

Performa mesin
To the point, yang saya rasakan adalah, gigi 1 pendek, gigi 2 dan 3 super panjang, dan gigi 4 sedikit ngempos , nggak papa masih wajar, yang bikin seneng adalah tenaga di gigi 2 dan 3 torsinya nendang euy hahaha.

Buat penggunaan di jalan datar si jupe cukup bisa diandalin, baik sendiri maupun boncengan, bahkan pernah saya pake ngebut Blora – rembang cuman 30 menit berboncegan ediaan kok 😈

Yang menjadi catatan adalah ketika di tanjakan berboncengan si jupe langsung kehilangan nafas mesinnya, ketika saya bawa ke pegunungan kapur rembang, hampir bisa dipastika si jupe selalu gas mentok di pake gigi 1 dan 2 ,  berbeda dengan bebek Honda yang bisa enak aja nanjak, bahkan sampai saya disalip honda grand di tanjakan.
Top speed yang bisa saya raih adalah 100km/j baik itu berbincengan maupun tidak, itu gigi 4 wes mentok gase masbro :lol:, konsumsi bahan bakar kira kira 1 : 40 selama saya pakai .

Kesimpulan yang saya ambil adalah Jupiter z 115 cocok banget buat medan rata, tapi kalo buat nanjak mungkin perlu sedikit sport jantung hihi, yupz sekian review kali ini, review ini tidaklah mutlak mungkin masih bisa berbeda di jupiter yang lain hehe, oke sampai jumpa lagi next artikel 😀 .

10 thoughts on “Review Yamaha Jupiter Z 115 Buat Harian

  1. jujur nih, selama beberapa kali naik jupe inilah jupe versi paling lelet, yg jos itu versi burhan, muantap pokoke. mau standar oke, mau dioprek juga sangat oke dan guampang.

    jupe 102cc oke,jupeZ115 sangat mantap, burhan mantap bgt, NJZ setara jupe 102, Z1 blom coba, kabarnya sih garang luar dalem.

    Like

    1. mnurut ane paling enak ntu bukan Jupe burhan, tapi JupeZ 5Tp yg suara knalpotnya halus. 😀

      cz ane punya 2 2nya ntu jupe 5Tp 03,& Jupe burhan 07.

      handling, akselerasi jauuuuh… kecuali bensin rada iritan burhan. 😀

      Like

  2. pernah jajal ngisengin njz pake tricolore..jujur ini lebih cepet kesalip daripada pas nguber burhan..tapi kalo topspeed sih nggak tau.. 🙄

    Like

  3. @pak tarno: ga salah emg, z1 emg mantep om. torsi nampol, kerasa bgt dan enak buat stop n go. cuma suara knalpotnya garing gmn gtu.. lbh demen suara knalpotnya Jupiter Z 5TP, lbh halus

    Like

  4. Podo karo jupe ku om, ra kuat nanjak…prnah skali naik gunung breng doi, pas d tngah2 tanjakan motor ngap-ngapan…

    Like

  5. Jupiter z 115 tuk akselerasi & tenaga masih bagus yang burhan, tpi kalau handling enakan jupiter z115,btw pabrik semennya jadi di dirikan kh Om?

    Like

  6. Gan klw ane tukar tambah rumah kopling mx 2009 kbawah sma rumah kolpling jupe 115 merek sys bisa kh gan
    #tolong infonya

    Like

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.