Mengenal Mesin Ford Ecoboost 1.0

Ford EcoBoost 1.0

Berita gembira kembali hadir di Indonesia, santer kabar beredar Ford Indonesia dalam waktu dekat bakal masukin mesin EcoBoost Horeeeee :D, mesin ini bakal dipakai di All New fiesta sama Ford EcoSport, Btw kok seneng banget si, mesin EcoBoost itu apa sih ? mari saya perkenalkan terlebih dahulu saudara – saudara .
Mesin 1.0 liter EcoBoost merupakan peraih International Engine of the Year (Mesin Terbaik) selama dua tahun berturut – turut, yaitu tahun 2012 dan 2013, dengan lebih dari 125 paten, Mesin EcoBoost didesain oleh para ahli di Pusat R&D Ford di Dunton dan Dagenham, sementara Produksinya dilakukan di Cologne.
Engine Installed

Dapur pacu ini dipersenjatai dengan konfigurasi 3-silinder berbahan bakar bensin , Menggabungkan teknologi direct fuel injection, turbo, dan variable valve timing, untuk menekan konsumsi BBM , kebayang nggak sih kayak apa galaknya :evil:,
Berbeda dengan mesin Mesin tiga silinder yang lainnya dimana cenderung tidak seimbang dan tidak sinkron, kerap kali menghasilkan getaran yang mengganggu. Para ahli di Ford sudah mengembangkan cara yang sangat cerdas, yaitu sengaja membuat katrol dan flywheel tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan, tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif. Pemasangan mesin pun dirancang untuk memisahkan serta menyerap daya getar mesin.

Manifold knalpot ditempelkan ke dalam kepala silinder sehingga gas buang dapat didinginkan menggunakan air, memungkinkan rasio bahan bakar dan udara yang optimal di rentang revolusi mesin yang lebih luas. Blok menggunakan cor besi yang memanaskan mesin lebih cepat, mengurangi 50 persen jumlah energi untuk pemanasan,
Sistem “split-cooling” memiliki termostat terpisah untuk kepala silinder dan blok yang mempercepat pemanasan. Dua drive belt mesin utama direndam dalam pelumas untuk menghasilkan mesin yang lebih tenang dan lebih efisien sedangkan variable oil pump memastikan tekanan oli yang optimal di seluruh rentang percepatan. Ditambah lagi turbocharger superkecil dan super responsif dapat menghimpun tenaga dengan cepat ketika gas dibuka dari rpm rendah, kemampuan turbocharger ini mencapai hampir 250.000 rpm tanpa adanya turbo lag.
Hasilnya pun ajib banget karena tenaga dan torsi yang disemburkan dari mesin ini mencapai 120 hp dan 170 Nm. Itu sama saja dengan performa mesin bensin 1,6 liter 4 silinder tradisional, diatas mobil kayak rush/terioss, apalagi Avanza-Xenia jauuuh ( no offence ya :D) .
Dirasa masih kurang nendang, nyantai aja EcoBoost 1.0 merupakan varian terkecil di keluarganya, masih ada yang lain dari keluarga EcoBoost yaitu (4-silinder 1,6 liter dan 2,0 liter, serta 2 varian V6 3,5 liter), dijamin tenaganya nyooooos 😀

Kasta tertinggi Ford EcoBoost 3.5L V6 😈

Masuknya EcoBoost ke indonesia tentunya membawa keuntungan tersendiri, selain irit bbm tentunya dengan kapasitas mesin hanya 1000 cc, pajaknya bakal lebih murah brooo :lol:. Bisa pula buat pertimbangan barangkali ada yang mau engine swaap 😀 .
Oke cukup sekian artikel kali ini monggo tanggapannya

Iklan

14 thoughts on “Mengenal Mesin Ford Ecoboost 1.0

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s