Mengenal Cara Kerja Mesin Unicam

Unicam merupakan salah satu masterpiece insinyur permesinan honda, Unicam sendiri merupakan mekanisme buka-tutup klep unik yang menjadi ciri khas special engine Honda. Menggunakan satu kem layaknya mesin SOHC, tapi memiliki tiga atau empat tonjolan kem sehingga bisa berfungsi layaknya mesin DOHC.  Bisa juga dibilang ini Unicam adalah  hybrid perpaduan DOHC dengan SOHC.  memiliki semua kelebihan SOHC dan DOHC namun tidak memiliki kekurangan dari keduanya.

Tampak Depan

Cara Kerja Unicam Sendiri adalah dua tonjolan kem bekerja  mendorong klep masuk layaknya mesin DOHC, sedangkan tonjolan kem lainnya menggerakan klep buang dengan bantuan rocker arm seperti mesin SOHC, nah bentuk nokennya bisa dilihat dibawah ini 😀

 

Noken unicam dengan 3 tonjolan

Mesin Unicam mempunyai keuntungan friksi yang lebih kecil layaknya mesin SOHC, namun dengan kemampuan layaknya mesin DOHC, keununtungan lain adalah konstruksi kepala silinder yang lebih ringkas. Sehingga menguntungkan Honda ketika meracik sasis yang tetap ringan dan juga kompak .

Selama ini mesin Unicam banyak diaplikasikan ke motor Honda, terutama yang seri CRF sepeti CRF 150, CRF 450

. Namun yang menjadi bayangan saya justru adalah jika Next Tiger menggunakan mesin ini,bayangkan saja 200 cc Unicam Engine + Injeksi, bisa kebayang kan betapa asyik torsi dan tenaga yang dihasilkan :D, menurut saya mesin inilah yang berpeluang bisa menggempur keistimewaan mesin  Pulsar 200 NS :D, tapi sekali lagi kita tunggu AHM bertindak.

Mongo Komentarnya

Artikel Lain

Advertisements

8 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.