Mekanisme Kerja All Whell Drive Motorcycle

Assalaamualaikum pembaca semua bagaimana kabar hari ini ? semoga baik-baik saja :D, beberapa hari kemaren udah ngomongin matic, sekarang kita ngomongin motor adventure lagi :D.

Sudah biasa kali ya kalo mobil/truk berpenggerak All Whel drive, sering kita jumpai sliweran di jalanan dengan berbagai konfigurasi mulai dari 4×4 ( jip, SUV, Double Cabin), 6×6, 8×8 ( truk), bahkan 10×10 ( truk militer/truk khusus), lalu bagaimana dengan motor All Whel Drive ?? loh berarti ban belakang dan depan bisa muter semua ?? ya iya dong namanya juga All Whell drive 😀

speedometer

salah satu motor all wheel drive adalah Christini, pabrikan motor berbasis di philadelphia amerika ini punya paten khusus buat mekanisme all whell drive :D, sekedar info aja ya Christini selain memproduksi motor sendiri, juga memproduksi kit converter bagi motor-motor trail merk lain :D, untuk urusan mesin sendiri pabrikan christini menggunakan 2 macam, yaitu 450cc mengambil mesin dari Honda seri Unicam, sedangkan yang 300 cc menggunakan mesin dari GasGas :D..

Lampu Kayak alien 😀

MEKANISME KERJA

nah sekarang bagaimana mekanisme kerja All Whell Drive ??, mari kita simak bersama sama 😀

Insinyur  Christini dengan cerdik membuat sistem transfer tenaga tambahan dari final gear yang ihubungkan dengan rantai ke atas (gb.2), putaran mesin kemudian  menuju ke depan dengan bantuan sebuah poros penghubung(mirip gardan)  yang berada di dalam sasis (gb.2).

Dari sasis, tersedia sebuah triple clamp yang akan membelokan putaran tenaga ke bawah (gb.3), dari sasis ke komstir. Di balik komstir sudah ada gear kecil dengan rantai (gb.4) yang menggerakan dua batang penggerak (gb.5) langsung ke teromol depan (gb.6), dan taraaa ban depan pun ikut gerak deh .

Ratio final drive adalah 13 : 50, sedangkan ratio All Whell drive adalah 0,64:1 menggunakan gerigi 9:16 :D, semua kit tersebut disembunyikan rapi di balik rangka, dan shockbreker sehingga tampangnya pun kayak trail biasa, dasaaaar serigala berbulu domba 😆

Minat broo ?? di amerika sana sih harganya sekitar $7000, hmm masih angka yang layak untuk dilirik, tapi tau dah kalo sampe sini harganya ampe berapa :D.

Monggo komentarnya 😀

Artikel Lain

Advertisements

10 comments

  1. setau saya ini sistem lahirnya udah sejak lama, ada juga yg penggeraknya pake semacam kabel speedometer, tapi ukurannya besar dan kuat lah ya.
    kelemahan tipe AWD katanya sih agak liar kalo buat nikung, dan hanya unggul di medan offroad yg lurus bukang berkelok. karena kalo nikung mayoritas crosser sukanya main sleeding ban aja.

    Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.