jump to navigation

review 5 tahun bersama motor cina, bagaimana kualitasnya ? 24 Januari 2014

Posted by awansan in Info.
Tags: , , , , , , ,
trackback
Viar Star X

Viar Star X

Assalaamualaikum, siang bro sis semua, dalam artikel kali ini awb akan bahas tentang motor cina, kebetulan sejak lima tahun lalu  di garasi keluarga awb ada si vira ( Viar Star X 100), awb rasa sudah cukup untuk mereviewnya, yuk mari kita kupas satu per satu 😀 .

HARGA
Si vira dulu beli tahun 2008 di raja motor yogyakarta dengan harga 7.500.000 , cukup murah kalo dibandingkan dengan supra fit yang kala itu harganya 10.500.000, dulu ayah awb beli untuk transportasi kakak awb ke kampus, biar nggak rebutan makai  maklum dulu hanya ada susi ( Supra Fit) di rumah.

BODY
Body si vira plek abis modelnya sama kayak supra x 125, semlohai mas broo, banyak yang ngira kalo ini supra beneran padahal mocin, kualitas body juga bagus, kencang dan tebal plastiknya, hingga 5 tahun masih belum ada bunyi bunyi aneh, batok pun masih seret, nggak kayak supra yang suka ngeluarin bunyi bunyi, hanya saja kualitas pernis memang kurang daripada mopang body belakang agak kusam.

MESIN
Karakter mesin vira tergolong galak, pas barunya dulu sentil dikit bisa loncat itu motor, jadi harus kalem ngurut gas, Si Vira dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 100 cc, awb kira torsinya besar, hanya saja getarannya emang lebih kerasa, mesinnya bandel jarang rewel, begitupun komsumsi bbm masih bisa tembus 1:50, lima tahun dipakai belum ngebul masih anteng aja, trouble yang pernah terjadi adalah stater error, dan sampai sekarang belum diperbaiki 👿 , dalam waktu dekat awb berencana overhaul si vira buat ngetahui kondisi jeroannya :D.

HANDLING  SUSPENSI dan KAKI KAKI
Suspensi si vira bisa dibilang lumayan keras, baik depan maupun belakang, dan selama lima tahun belum ada trouble, ketika menghajar lubang suspensi masih bisa meredam dengan sempurna. Handling sama plek dengan supra x 125 lama, kaki kaki juga badak , minus adalah bobot si vira yang lumayan berat, jadi kalo geser-geser butuh tenaga ekstra.

LAMPU dan KELISTRIKAN
Setelah lima tahun dipakai mika lampu mulai menguning, khas motor cina, reflektor depan juga sudah meleleh, tapi semua masih berfungsi dengan baik,  troble kelistrikan yang sering terjadi ialah lampu depan yang sering mati, disinyalir karena kiprok sudah minta ganti, selain itu adalah kualitas saklar yang jelek, sehingga hampir tiap tahun mesti ganti saklar 👿 , sedangkan pengapian motor sampai sekarang masih aman.

KESIMPULAN
Sebenarnya motor viar nggak jelek jelek amat kualitasnya, cukup bandel dan bertenaga terbukti sampai sekarang viar masih bertahan di Indonesia, kelemahan yang menurut awb krusial adalah masalah kelistrikan, bisa diakali dengan diganti punya mopang, selebihnya beres deh hehe, oke cukup sekian artikel kali ini semoga berguna bagi kita semua, barangkali pembaca ada pengalaman dengan motor cina lain monggo di share di kolom komentar 😀

Iklan

Komentar»

1. Wong Ndeso 94 - 24 Januari 2014
awansanblog - 24 Januari 2014

joss

Suka

2. Papa Afnhy - 24 Januari 2014

tetanggaku juga ada mochin,tapi modelnya yg supra x125 gen2.. yang bohlam ganda,lumayan bandel,cuman kusam body dan mika menguning,lainnya mantap.
Mertuaku juga pakensport mochin minerva model revo,sudah 3 tahunan,lumayan bandel juga,cuma body plastik kusam,lainnya juga bagus

Suka

awansanblog - 24 Januari 2014

makasih sharingnya papa afny 😀
berarti masalah mocin sama ya, kebanyakan di kualitas mika

Suka

Papa Afnhy - 24 Januari 2014

Kebanyakan dipart plastik,awal kemunculan mochin khusus bebek ada ditransmisi yg keras,butuh ekstra tenaga buat pindah gigi,sekarang sudah lumayan lembut,untuk part banyak subtitusi dari merk jepang.tapi mika menguning kayaknya belum banyak berubah

Suka

awansanblog - 26 Januari 2014

solusinya harus distubtitusi juga dari mopang

sama aja hehe

Suka

Papa Afnhy - 26 Januari 2014

:mrgreen:
Mau bagaimana lagi… banyak atpm jual trus menghilang,3snya berantakan… jadi mesti kereaktif

Suka

3. Bagaimana sebenarnya kesan dari pengguna Viar terhadap kualitas sepeda motor Viar? | Mengupas berita soal rider dan motor - 28 Januari 2015

[…] Berikut adalah contoh testimoni dari pengguna Viar Star X100: review 5 tahun bersama motor cina, bagaimana kualitasnya ? […]

Suka

4. imotorium - 8 Juli 2016

dulu piara ktm inul mirip karisma.. dan ngga bisa lari

Suka

5. kari - 31 Oktober 2016

motorku tossa supraz dibeli tahun 2003, bayangin sekarang mendekati 2017 masih jalan dan dipakai bukan tife motor diam (mungkin masih baru seabad juga kl diam saja mah), tiap hari digunakan ke kantor. resiko sokbeaker dah ganti kanlpot dah ganti karena kerancang tuh, dan pelk dah ganti dah aus termakan usia, he he…..yang jelas belum turun mesin masih standar ajaib tuh…

Suka

awansan - 21 November 2016

Wiihh ajib juga nih hehehe.. Tapi mesin kasar nggak mas?

Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ekliptika

Langit dan Bumi adalah sahabat kami...

NDAYENG

mari bercerita...

otojurnal's Blog

Roda Ikhtiar, ( Wheels effort)

Military In the Middle East

The blog of ME military hardware afficionados

Zurrahmah El Sayf

Bertualanglah, engkau pasti akan menemukan pengganti yang engkau tinggalkan ( IMAM SYAFI'E)

My BrownDesk

Where I can think about everything freely

otomotif dan herbal

semoga bermanfaat

LASKAR SUZUKI INDONESIA

Suzuki Motor Indonesia

Old Machine Press

New Memories of Old Machines

Maraza's Diary

Emak-emak Punya Cerita

OngolOngol.com

Maju mundur kena

Ran When Parked

Interesting Automobiles

Love 4x4

All About 4 Wheel Drive

Hydroid's Blog

Just another WordPress.com site

A R T I K E L 📌 M A R L Y

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

%d blogger menyukai ini: