jump to navigation

Perbedaan Mesin dan Kelistrikan Antara New Mega Pro Lama dan New Mega Pro Injeksi 31 Januari 2014

Posted by awansan in Info.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Udah Nggak nyoak Rangka Lagi

Pagi bro sis, setelah kemarin kita pelototin foto-foto yuk mari sekarang kita bahas tentang mesin dan kelistrikan apa saja sih bedanya, kebetulan sudah dibeberkan di otomotifnet, awb hanya  membantu menyebarkan 😀

spesifikasinya tetap sama saja dengan new mega pro lama, kapasitas ruang bakarnya 150 cc dengan bore 57,3 mm dan stroke 57,8 mm. Kepala silindernya SOHC dua klep dan menggunakan transmisi 5 kecepatan. Tapi bobot mesin injeksi yang secara fisik cuma beda tipis dari versi karburator ini ternyata lebih berat. Yang injeksi 30 kg, sedang yang karburator hanya 29,2 kg.

Sistem Injeksi Close Loop

Thrrotle Body dan Sensor o2

PGM-FI step 4 yang membuatnya lolos uji emisi Euro3 jadi andalan. Perbedaan utamanya, karburator tipe constant velocity 28 mm di versi terdahulu diganti dengan throttle body berdiameter 26 mm. Posisi injektor sama seperti kebanyakan motor injeksi Honda, ya ada di intake.

Fuel Pump

Tentunya aplikasi injeksi mengikuti juga semua sensor-sensornya. Oiya New MegaPro FI ini menggunakan sistem injeksi tipe close loop makanya ada O2 sensor di atas lubang buang blok silindernya. Selain itu dilengkapi juga dengan bank angle sensor yang fungsinya menghentikan suplai bahan bakar dan mematikan mesin ketika motor terjatuh.
Pengapian dan Kelistrikan
CDI yang hanya mengatur pengapian tentu dilengserkan diganti ECM sebagai otak sistem injeksi sekaligus pengapian. Magnetnya kini memiliki 9 pick up dan memiliki AC generator 3 phase yang memiliki out put lebih besar, mencapai 137 W di 5.000 rpm.

Generator 3 phase 136 watt, dan capacitor bank

Satu lagi pembeda adalah, New MegaPro FI dilengkapi juga dengan condensor unit yang berfungsi untuk memberikan arus listrik ketika menghidupkan mesin dengan kick starter atau saat tegangan baterai di bawah standar. Jadi sistem injeksi tetap bisa hidup menyemprotkan bahan bakar.

Blok dan Kepala Silinder
Tutup kepala silinder New MegaPro FI ternyata berbeda. Penyebabnya karena perangkat emisi Secondary Air Supply System (SASS) yang dulu ada sekarang dilepas. Makanya lebih polos tanpa pipa-pipa udara. Selain itu ukurannya lebih besar dan dilengkapi dengan sirip yang lebih banyak.

Blok silindernya juga beda. Perbedaan ada pada posisi lubang inlet dan outlet. “Jadi berbeda karena desain ini mirip Honda Verza, kita sudah menyiapkan mesin baru ini bersamaan dengan Verza,” jelas Sarwono Edhi.

Posisi lubang exhaust yang digeser sudutnya membuat knalpot enggak mentok sasis, makanya kini sasis tak lagi dicoak. Selebihnya sama saja!

Noken As
Di dalam mesin, profil noken as atau kem berubah. Durasi sama hanya beda profil. Tepatnya in durasinya 225 derajat sedang ex 220 derajat. Pada New MegaPro karburator klep in terbuka di 5 derajat sebelum titik mati atas (TMA) dan menutup di 40 derajat setelah titik mati bawah (TMB). Sedang di New MegaPro injeksi klep in terbuka di 10 derajat sebelum TMA dan tertutup 35 derajat setelah TMB.

Sedang klep buangnya, pada New MegaPro karburator terbuka di 30 derajat sebelum TMB dan menutup 10 derajat sesudah TMA. Di New MegaPro injeksi, klep terbuka 35 derajat sebelum TMB dan menutup 5 derajat sesudah TMA

Knalpot
Dari luar, bentuknya cuma beda di desain moncongnya saja. Tapi dalamnya berubah total. Sekatnya ada tiga dan memiliki catalytic converter model sarang lebah di pipa sebelum silencer. Peredam sus wool atau serabut logam tetap dipertahankan.

Daleman knalpot berubah, kurang ngebas

Transmisi
Counter shaft di New MegaPro FI dibikin lebih panjang, dari 153 mm jadi 164,9 mm. Menyesuaikan lengan ayun yang lebih lebar, biar bisa muat ban lebar. Lengan ayun NMP lebarnya 19,6 cm sedang NMP FI 21 cm. Tapi transmisinya tidak ada yang berbeda, tetap 5 percepatan dengan rasio yang sama saja .

Pie mas broo, jebule kok yo akeh bedane sama NMP lama hehe , oke cukup sekian artikel kali ini semoga berguna.

Iklan

Komentar»

1. aripitstop - 31 Januari 2014
awansanblog - 31 Januari 2014

jelass, injeksi gitu 😀

Suka

2. Papa Afnhy - 31 Januari 2014

Ukuran ban standar berubah jugakah?Trus muat maksimal berapa?? Yang karbu standar 100/90-17 kalo gak salah,tapi masih bisa dijejali ban sampe 120/80-17.ada yg malah sampe 130 tapi jarak bibir ban dan rantai mepet sekali

Suka

awansanblog - 31 Januari 2014

ukuran ban setahu saya tetap sama om nanareds, kalo yang ini kayaknya masih bisa muat 140, solanya lengan ayun diperlebar 1,4 cm

Suka

Papa Afnhy - 31 Januari 2014

Bakal ngedonat poll kalo gak ganti velg

Suka

3. Amamoto - 31 Januari 2014

Tenaga turun, kecewa banget 😦
roda2blog.com/2014/01/31/tips-nge-blog-dari-mas-irfan-juragan-pertamax7-com/

Suka

awansanblog - 31 Januari 2014

ngoyak irit , sama emisi

tinggal kanti knalpot ke nmp lama, kayaknya tenaga bakal nambah lagi, kan udah lebih plong

Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Best Articles Of Collection

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita

Banyak Jalan, Banyak Cerita | Catatan perjalanan seorang Bocah Ilang dari Jogja

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

"Menulis untuk keabadian"

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

Kunang-kunang

Pemimpi, ajari aku terbang

Jingga

Karena Menulis Itu Membahagiakan.

%d blogger menyukai ini: