Mengatasi Mesin Mati Setelah Kehujanan atau Dicuci

awansan.com – Assalaamualaikum pagi bro sis semua, mungkin ada bro sis ada yang pernah mengalami mesin mati setelah kena hujan atau di cuci steam, jangan bingung ternyata penanganan mudah kok 😀 .

image
Masalahnya ada di Cop Busi

Masalahnya ada di cop busi yang kemasukan air, sehingga mengganggu arus listrik dari koil 😈 .

image
sambungan cop busi sudah tidak kedap air

Cop busi sebenarnya dirancang kedap air, hanya saja seiring bertambahnya umur, plastik dan karetnya menjadi getas sehingga air bisa masuk ke dalam.

image
Bersihkan air yang ada di dalamnya

Solusinya adalah.buka cop busi dan bersihkan air yang di dalamnya, bisa menggunakan angin bertekanan, di tiup dengan mulut, atau cukup dikibas kibaskan, yang penting air di dalamnya bisa keluar :mrgreen: . Pripun mas bro gampang to, monggo dipraktekkan, oke cukup sekian artikel kali ini semoga berguna 😀 .

23 thoughts on “Mengatasi Mesin Mati Setelah Kehujanan atau Dicuci

    1. sama om kmrn2 sya jg bgitu..sya tinggal di cucian 2 hari (krna blm sempet benerin)..pas hari ke3 ngecek engkol,,ehh idup..tp pnasaran knp y itu?sama sya jg bgitu ada suara meletus di knalpot

      Like

  1. Ini pertamakali terjadi masbro, motor saya vario 125 injection, stlh dicuci kq gk mau nyala?
    Apa jg karna cop businya atau apanya?
    Sbb sblm dicuci gk ada masalah,
    Kalo anjectornya yg bermasalah, saya rasa gk mungkin, sbb lampu indikator injectornya normal sprti sedia kala, dan lg mosok iyo, cuma dicuci tok injectornya terkena masalah? Padahal saya cuci sendiri pake air dr ember & lap(gk pake air bertekanan)
    Gmn pendapat & analisanya Gan?
    Mohon petunjuk,
    Maturnuwun

    Like

  2. Waduh om ini saya kejadian kaya gini. Habis kehujanan dan habis di cuci mati. Bisa nyala tapi meledak” kalo ditekan gasnya lalu mati kaya kehilangan tenaga . Sudah ganti busi dan kejadian seperti itu lagi. Karburator sblmnya pe28 begitu . Dan pindahin ke ori tetep sama . Bisa hidup setelah 1 hari ga di pakai normal lagi.

    Like

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.