Penyakit kelistrikan megapro soket sepul gosong

image

Assalamualaikum
Selamat sore bro sis, sudah beberapa hari ini si meggy rewel, setiap di nyalain lampu depan motor mati, pun ketika di gas lampu motor justru makin redup, accu ada gejala tidak mau nge charge, alhasil sudah dua hari awb tidak bis keluar malem.
Hari ini awb sempatkan ke ahass langganan, dan langsung didiagnosa, kecurigaan mengarah pada soket sepul, dan ternyata benar saudara, begitu dibuka soketnya gosong.

image

Mekanik memberitahu ternyata kasus ini banyak terjadi di tiger dan megapro, soket yang gosong menyebabkan arus dari sepul terganggu, soket yang gosong biasanya berasal dari soket kabel yang berwarna kuning, soket ini merupakan sambungan antara kabel dari sepul dengan kabel yang menuju kiprok.

image

Solusinya bagaimana ? Ganti soket yang gosong dengan soket baru, murah kok nggak nyampai 20.000 , oh ya tadi awb juga ganti sekun accu sekalian, karena sekun yang lama sudah hampir putus, setelah semua dirakit alhamdulillah kelistrikan si meggy sehat kembali 😀 , oke cukup sekian artikel sore ini, semoga bermanfaat 😀

Punya pengalaman juga dengan kelistrikan tiger/megapro ? Monggo mari kita diskusikan di kolom komentar

Iklan

41 thoughts on “Penyakit kelistrikan megapro soket sepul gosong

  1. meggy saia untungnya gak sampe kejadian gitu mas…cuman, pas GL-Max dulu pernah, gara-gara sekun ada yang longgar, jadinya kalo boso jowo-ne “nge-fong” ada semacam arus bocor, akhirnya timbul panas CMIIW

    Suka

  2. hampir sama nih kyknya, megapro 2005 bokap ane juga gitu om, klo lampu utama dihidupkan mesin jd terasa nahan, klakson jadi loyo…mungkin karena sering ke bengkel yg ga jelas, spulnya ud ganti eh ternyata fuku**ma, terakhir spulnya matot diganti yang ori, kiprok juga diganti, aki juga baru tapi masalahnya juga ga ilang2, baru2 ini di bengkel malah kabel massa kiprok diputus sama mekanik, katanya klo kabel massa dipasang malah korslet..berarti ada masalah perkabelan yak?
    tapi masalahnya tetap sama ga ilang2 klo lampu utama diidupin klakson dan power mesin jadi loyo… mohon solusinya suhu, hehehe

    Suka

    1. Ini om kurnia pro rider kan.. Salim dulu lah sama suhu yg atu ini 😁

      Dilihat dari masalahnya, terjadi error pada sistem charging.. Kudu ditelusur satu satu

      Yang jelas harus urut kabel itu om, di bengkel yang jelas.. Yang sering masalah itu di kabel2 yg ruwet di daerah batok kepala, kadang ada yg lonyot gx ketahuan..

      Pemgen cepet beress.. Ganti kabel body 1 set ori

      Maaf kalo solusinya kurang memuasin 😅

      Suka

  3. Wah kalo saya motor tiba” mati tapi lampu dan klakson normal, padahal aki, kiprok baru ganti, soket juga ga ada yang gosong….mumet juga pala ebi…

    Suka

  4. Bos..megapro primus 2006 pernah sekring meleleh dan yg terakhir terbakar kabel sekringnya. Sudah tak coba langsung tanpa sekring masih sering mati..mohon solusinya..kejadiannya ga selalu..cuma kadang tapi sering..

    Suka

  5. Om suhu,, punya ane kok kabel yg kuning itu panas ya kalo mesin hidup. Apa emg panas gitu apa ada masalah di meggy ane ya om suhu??
    Mksh sebelumnya.

    Suka

  6. Tolong di bantu mas.
    Megapro primus saya kunci kontaknya off tapi lampu utamanya nyala terus tidak bisa di matikan.
    Terus dobel staternya bisa hidupin mesin dalam kondisi off tanpa pakai kunci kontak.
    Gimana solusinya???
    Terima kasih.

    Suka

  7. Misi gan mau tanya. Megapro saya th 2002, relay stater/dioda staternya mati atau apa namanya saya juga ga tau, saya sudah cari ke ahass dan toko sperpart ga ada yg punya, apakah motor saya bisa nyala tanpa barang tersebut??

    Suka

  8. Mas.mau tanya.pas jalan kalau nyalakan lampu atau sent atau klakson mesin kok tiba tiba mati?klau gak gunakan lampu atau sent juga klakson mesin langsung nyala lagi.mohon infonya,makasih

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s