Penyakit Kelistrikan Honda Megapro Soket Sepul Gosong

image

awansan.com – Assalamualaikum, selamat sore bro sis, sudah beberapa hari ini si mega pro awansan rewel dimana setiap lampu depan dinyalakan motor kemudian mati, tambah aneh lagi ketika motor di gas lampu motor justru makin redup padahal harusnya kan makin terang, seperti ada gejala aki tidak mau nge charge, alhasil sudah dua hari awb tidak bisa keluar malem – malam .

Hari ini kemudian awb sempatkan mlipir ke ahass langganan (BLPT Motor), dan langsung setelah ditelusuri kecurigaan mengarah pada soket sepul, dan ternyata benar saudara, begitu dibuka soketnya gosong.

Mekanik memberitahu ternyata kasus ini banyak terjadi di Honda Tiger dan Honda Megapro lama yang masih menggunakan soket sepul ukuran kecil, soket yang gosong menyebabkan arus dari sepul terganggu sehingga pengisian aki tidak berjalan maksimla , fyi soket yang gosong biasanya berasal dari soket kabel yang berwarna kuning, soket ini merupakan sambungan antara kabel dari sepul dengan kabel yang menuju kiprok.

Solusinya bagaimana ? Ganti soket yang gosong dengan soket baru, murah kok nggak nyampai 20.000, kalau bisa pakai yang punya tiger revo, karena pada tiger revo masalah ini sudah diperbaiki oleh Honda.. oh ya tadi awb juga sekalian ganti sekun accu , karena sekun yang lama sudah hampir putus, setelah semua dirakit alhamdulillah kelistrikan si meggy sehat kembali 😀 , oke cukup sekian artikel sore ini, semoga bermanfaat 😀

Punya pengalaman juga dengan kelistrikan tiger/megapro ?, Monggo mari kita diskusikan di kolom komentar.

52 comments

  1. minta solusinya mas,, mp primus 2007.. baru ganti aki tapi saat lampu depan nyala atau sen yg nyala sala satu kok masi gk kuat starter ya.. terus pada posisi jln lampu dpn nyala klo sein di nyalain lama2 ikut redup lampu dpnya.. trimsa kasih.

  2. Mas mohon bntuannya saya punya mega pro 2009 keliatrikan tdak nyala smua trus kadang lampu nyala redup di stater ats gk bsa tapi di engkol bwah bsa di nyalakan. Trima kasih

  3. Mas.mau tanya.pas jalan kalau nyalakan lampu atau sent atau klakson mesin kok tiba tiba mati?klau gak gunakan lampu atau sent juga klakson mesin langsung nyala lagi.mohon infonya,makasih

  4. mas meggy ane kok kalo dihidupin lampu, klakson, lampu sen jg malah mati mesinnya. itu gimana padhal

  5. Misi gan mau tanya. Megapro saya th 2002, relay stater/dioda staternya mati atau apa namanya saya juga ga tau, saya sudah cari ke ahass dan toko sperpart ga ada yg punya, apakah motor saya bisa nyala tanpa barang tersebut??

  6. Tolong di bantu mas.
    Megapro primus saya kunci kontaknya off tapi lampu utamanya nyala terus tidak bisa di matikan.
    Terus dobel staternya bisa hidupin mesin dalam kondisi off tanpa pakai kunci kontak.
    Gimana solusinya???
    Terima kasih.

  7. Mimta solusi.
    Mas ni saya punya mp primus 2008
    Mesinnya hidup tapi lampu” dan lampu send nya mati.
    Gimana solusinya
    Trimakasih

  8. Om suhu,, punya ane kok kabel yg kuning itu panas ya kalo mesin hidup. Apa emg panas gitu apa ada masalah di meggy ane ya om suhu??
    Mksh sebelumnya.

  9. Bos..megapro primus 2006 pernah sekring meleleh dan yg terakhir terbakar kabel sekringnya. Sudah tak coba langsung tanpa sekring masih sering mati..mohon solusinya..kejadiannya ga selalu..cuma kadang tapi sering..

  10. Wah kalo saya motor tiba” mati tapi lampu dan klakson normal, padahal aki, kiprok baru ganti, soket juga ga ada yang gosong….mumet juga pala ebi…

  11. hampir sama nih kyknya, megapro 2005 bokap ane juga gitu om, klo lampu utama dihidupkan mesin jd terasa nahan, klakson jadi loyo…mungkin karena sering ke bengkel yg ga jelas, spulnya ud ganti eh ternyata fuku**ma, terakhir spulnya matot diganti yang ori, kiprok juga diganti, aki juga baru tapi masalahnya juga ga ilang2, baru2 ini di bengkel malah kabel massa kiprok diputus sama mekanik, katanya klo kabel massa dipasang malah korslet..berarti ada masalah perkabelan yak?
    tapi masalahnya tetap sama ga ilang2 klo lampu utama diidupin klakson dan power mesin jadi loyo… mohon solusinya suhu, hehehe

  12. Itu sekring nya pakai sekring pipih ya mas. Berapa ampere ukuran nya dan cara pasang nya bagaimana

    1. iya mas sekring pipih. ukuran 10 ampere dan 15 ampere.. potong saja kabel sekring aslinya, kemudian disambung dengan kabel dari rumah sekring yang baru

      1. Setelah 13 th baru kena penyakit begituan Om nyesek pas malem jalan dihutan pines Lumbir Banyumas eh si Meggi redup pesonanya dan mulai ajrut²an tak lama hening seketika ketika suara Meggi hilang ditelan gelap wah sumpah sereeeem Om karena panik saya salah baca doa bukannya ayat kursi eh doa mau makan yg keluar dari mulut Asumsi pertama kena gangguan astraL Om……. Pokoknya ngerih deh Om

  13. meggy saia untungnya gak sampe kejadian gitu mas…cuman, pas GL-Max dulu pernah, gara-gara sekun ada yang longgar, jadinya kalo boso jowo-ne “nge-fong” ada semacam arus bocor, akhirnya timbul panas CMIIW

    1. Permisi,gan itu kan gosong trus ane coba idupin ga bisa idup ya gimana?trus itu bagian kelistrikan depannYa mati smua,,.lampu depan,stater,sama klakson mati smua gan!!

      1. Ganti dulu soket yang gosong, kemudian cek dua sekring dekat aki, harusnya kalau dua sekring tetsebut tdk ada yg putus maka kelistrikann akan normal kembali

Leave a Reply to motorohim Cancel reply