Stroke Up Megapro Dengan Bandul Tiger

Megapro Stroke Up Tiger

awansan.com – Sobat bikers sekalian, ada banyak cara untuk meningkatkan performa motor, salah satu cara yang paling populer adalah dengan stroke up, Stroke up sendiri merupakan salah satu teknik modifikasi dengan cara menggeser posisi big end di kruk as/bandul, ada dua cara yang umum dilakukan yaitu ganti kruk as atau kruk as yang dimodifikasi, kebetulan dua duanya sudah pernah awansan lakukan 😀 . Tapi untuk artikel kali ini awansan akan bahas tentang Stroke up dengan kruk as tiger terlebih dulu .

Stroke up ini dilakukan dengan cara mengganti kruk as Mega Pro dengan kruk as Tiger, dengan begitu langkah mesin naik sekitar 6 mm, menjadi 62,2 mm dari standar megapro yang hanya 49,5mm. Kapasitas mesin pun membengkak menjadi 200cc tapi dengan kompresi yang lebih tinggi dari tiger standar, karena piston Honda Megapro jenong, sedangkan piston Honda Tiger rata.

Oh ya dalam pemasangan kruk as Tiger ke Megapro tidak PNP lho, ada beberapa part yang mesti disesuaikan agar kruk as bisa terpasang, beberapa part part yang perlu diganti adalah  :  tiang ancer/tusuk sate, rantai kamrat, engine mounting atas, dan blok silinder tiger/ganjel alumunium .

Setelah dilakukan stroke up , awansan merasakan tenaga ningkat drastis motor pun jadi enak banget, tarikan galak  plus tenaga tiap putaran terasa lebih ngisi, awansan juga turunkan gear belakang dari 14:46 menjadi 14:41 agar lebih smooth , baru deh tenaga sedikit terjinakkan.

Namun bukan berarti metode ini tidak ada kelemahannya, kelemahan dari stroke up adalah mesin jadi cenderung lebih panas dari mesin standard, perlu dilakukan jetting ulang agar performa bisa lebih maksimal .

Oh ya trus kalo pengen ikut stroke up berapa biayanya ? , nah ini awansan beberkan biayanya 😀

1. Kruk as/bandul Tiger (800rb-1,2juta)
2. Tiang ancer (100rb)
3. Perpak (100rb)
4. Rantai Kamrat Tiger (80-90rb)
5. Blok tiger (400rb), atau bisa pake ganjel alumunium aja (50rb)
6. Ongkos bongkar pasang (120-150rb)
7. Oli mesin (50rb)> sekalian diganti mumpung bongkar

Totalnya monggo dihitung sendiri :D, oh ya awansan modif mesin bukan buat kenceng kencengan lho, tapi buat efisiensi saja, karena dengn stroke up tenaga lebih mudah dikail di rpm bawah, jadi tidak perlu gas dalem dalem motor udah ngaciir 😆 .

Posted from WordPress for Sony Xperia Android


(Visited 11,881 times, 1 visits today)

119 comments

Leave a Reply