Sejarah Truk Mercy Bagong, Truk Medium Duty Legendaris era 70 -90an

simbah istirahat dulu

awansan.com – Pembaca yang budiman, jauh sebelum Truk Hino dan Fuso mendominasi bisa dibilang Mercy bagong inilah raja jalanan di Indonesia, terutama pada periode 70 – 90an, untk segmen medium duty truk ini betul betul merajai pasaran Indonesia, baik itu untuk truk biasa, truk tangki, dump truk, bahkan untuk segmen truk militer.

Mercy bagong mempunyai bentuk yang sangat klasik hidung dengan pesek yang mungkin nampak jelek hehe, Mercy bagong sering juga disebut dengan Mercy Nonong , walau begitu ternyata truk ini sangat bandel ,terbukti truk ini masuk indonesia tahun 70an tapi hingga sekarang masih banyak berkeliaran di jalanan Indonesia, rata-rata berjalan hanya pelan-pelan tapi pasti “alon-alon waton klakon” begitu kata sopirnya.

Nama asli dari Mercy bagong adalah Mercedez-Benz L series, Truk ini pertama diproduksi tahun 1959 di Jerman, namun baru mulai masuk Indonesia tahun 1970, bersamaan dengan didirikannya PT Star Motor sebagai ATPM sekaligus assembler Mercy di Indnesia, Mercedes Benz L series pun kemudian juga dirakit secara CKD di Indonesia, pada era 70an truk ini segera menjadi favorit karena halus, bertenaga dan solarnya irit, berbeda dengan truk bensin Amerika yang dikenal boros.


Pengetesan kelenturan chasis di pabrik

Ada berbagai faktor yang membuat truk ini begitu legndaris, faktor pertama adalah kehandalan mesin dieselnya, Mercedes benz L Series dilengkapi dengan mesin diesel direct Injection OM352, berkonfigurasi  6 silinder inline 5700 cc , tenaga maksimal dari mesin ini adalah  126 hp @2800 rpm, dan torsi maksimal 375 nm @1500 rpm, Meskipun hanya bertenaga 130 hp tapi insinyur mercedez=benz sangat piawai meracik rasio transmisi yang tepat sehingga truk ini kuat digunakan untuk beban-beban yang sangat berat. Mesin ini dikenal bandel, tidak mudah overheat dan irit sehingga banyak digemari oleh juragan dan sopir truk di masa lalu.

Keunggulan Kedua adalah chasisnya yang lentur, sehingga bisa mendapatkan traksi ban lebih baik, chasis yang lentur juga ikut berfungsi dalam meredam getaran jalan , chasis ini juga tergolong awet dan kuat, serta tidak mudah bengkong jika terjadi kecelakaan, kabin truk juga cukup nyaman karena sudah dilengkapi per dibawah kabinnya.

Mercy Bagong yang beredar di indonesia kebanyakan adalah model 1113 / 1313 , dengan kapasitas 7,5 ton,  15 ton, 19 ton, dan 21 ton, tentunya di indonesia klasifikasi tonase tidak berlaku, semua tuk rata-rata dimuatin sampai melebihi kapasitas standarnya, pokoknya asal truk masih kuat jalan muat terus .

Bukti ketangguhan

Selain di Indonesia truk ini juga sangat terkenal di luar negeri,  di negara-negara seperti Irak, Afrika, dan Amerika Selatan truk ini masih tersebar dengan jumalah sangat banyak,bahkan di luar negeri produksi truk ini masih berlanjut hingga tahun 1995, dengan berbagai mabam penambahan seperti AC, ABS maupun fitur-fitur truk modern lain.

Di Indonesia sendiri juga beredar Mercy Bagong 911, keistimewaan mercy ini adalh sudah menggunakan sistem 4×4 sehingga banyak digunakan oleh TNI atau untuk kebutuhan berat yang lain 😀 .

Hingga sekarang truk ini masih banyak ditemui di Jalanan Indonesia, terutama di jalan – jalan besar antar propinsi dan daerah sekitar pelabuhan, meskipun tua truk i ni masih kuat berjuang untuk bersaing dengan truk truk lain yang lebih muda, kalah tenogo tapi menang irit solar 😀 .

Mercy Nonong Gandengan, Dok Reza Maulana
Mercy Bagong dg bak super long. dok Henry Arifianto

41 thoughts on “Sejarah Truk Mercy Bagong, Truk Medium Duty Legendaris era 70 -90an

    1. balik ke zaman awal orba, soale masuk tahun 70an hehe

      10.000-12.000 kalo yang dibawah tahun 2005,
      kalo yang diatas tahun itu biasane sekarang cuma 7000-9000 cc

      Like

  1. Membandingkan mesin truk dari daya saja kurang pas, 130 HP si mbah dengan 120 PS Mitsu yg cooler. Si mbah tetap lebih kuat di tanjakan karena torsinya gedhe dan cocok untuk gandengan.

    Like

    1. Mitsu cooler yg baru ada yg 136 juga kan, sama 125 HD, torsi juga selisih dikit kok cuman 30 nm, tapi power to weight beda jauh, mungkin disini rasio mercy yg memang lebih cakep

      Like

      1. truk ini kalau g salah ada gigi separonya di gigi 1 dan 2 nya, dan rasionya ringan, makanya kuat buat bawa beban berat, tapi g mampu lari, beda dengan canter yang emang di rancang buat top speed…

        Like

  2. Transmisi 5 speed standar seri G3. Tanpa tambahan crawler,dll. Tanjakannya kuat akibat kombinasi fgr dan axle ratio yg besar.

    Like

  3. kalau lihat paling sering plat H, daerah semarang dan sekitarnya apa pusatnya ya mas pengguna mercy bagong?

    Like

  4. Namanya emang unik Truck Bagong karena muka truck mirip bagong, Klo di daerah saya di wonogiri orang menyebut truck ini Truck Ateng? ga tau ko bisa di sebut truck ateng, tapi katanya dulu para sopirnya demen sama pilem ateng dan iskak. Hemmm…???

    Like

  5. mercy nonong.. hehehehe.. kuat banget ini.
    di tempatq masih kuat muat semen sampek 25 ton lho.
    mesin sama body bandel abis.
    pernah ditubruk sama mitsubishi,kabin dia hancur,eh si mercy ini anteng, kabin cuma penyok dikit sama pintunya doang rusak.
    cuma ya gitu deh, onderdil susah bener, barang langka sih

    Like

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.