PERBEDAAN AUDIO SINGLE DIN DAN DOUBLE DIN

Audio Mobil source: kompas

Bro sis, audio dimobil merupakan fitur optional, namun zaman sekarang nampaknya kurang afdol kalo di mobil belum ada audionya, terasaasa sepi kalo bahasa jawanya ” ra ono rungon rungon” , nah ketika kita akan pasang audio di mobil, hal yang pertama lakukan adalah memilih head unit yang sesuai dengan sistem audio mobil kita . Ada dua jenis head unit yang kita ketahui yaitu head unit single din dan double din.

Lambang DIN

lalu sebenarnya apa sih DIN itu ?

DIN merupakan kepanjangan dari Deutsches Institut für Normung (Badan Standarisasi German), yaitu merupakan badan standar nasional yang mewakili kepentingan Jerman di standar Eropa dan organisasi Internasional. Saat ini sembilan puluh persen dari standar yang dikeluarkan DIN telah secara alami digunakan di dunia internasional. DIN juga adalah sebuah asosiasi non-profit bermarkas di Berlin sejak tahun 1917.

Din dalam istilah Audio

Istilah DIN yang digunakan dalam audio merupakan satuan ukuran dimensi lebar dengan panjang tertentu dari sebuah radio tape atau head unit. Ukuran standarnya adalah :

  • 1 DIN (Single DIN) = 180x50mm
  • 2 DIN (Double DIN) = 180x100mm

Nah sekarang udah tahu kan perbedaannya , secara fitur audio Double DIN memang biasanya memiliki fitur multimedia seperti DVD Player atau TV. Hal ini jelas karena ukurannya yang lebih besar dari ukuran Single DIN. Tapi, tidak semua audio Double DIN memiliki DVD player atau TV lho.

Head Unit Single Din

Meski masih banyak mobil lansiran terbaru yang menyematkan sistem single DIN, pabrikan telah mendesain dasbor sedemikian rupa agar pemilik kendaraan dimudahkan saat ingin mengganti sistem suara menjadi double DIN. Kompartemen seukuran single DIN yang berada tepat di bawah atau atas sistem audio single DIN tersebut dapat dicopot dengan mudah sehingga memberikan ruang untuk perangkat double DIN.

Head Unit Double Din
Iklan

One thought on “PERBEDAAN AUDIO SINGLE DIN DAN DOUBLE DIN

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s