Mengenal Sejarah Goodwood Festival Of Speed

Inggris memang bisa di bilang salah satu mbahnya olahraga otomotif di dunia, Goodwood Festival of Speed sendiri merupakan world’s most popular motor sport, motorcycle  and car culture event, yang bertempat  di Goodwood Estate, Chichester, West Sussex, Inggris. Kawasan Goodwood  sendiri memiliki yang riwayat erat sejarah dengan industri  otomotif di Inggris karena memiliki sirkuit yang sangat bersejarah. Sirkuit Goodwood merupakan sirkuit permanen pertama yang dibangun di ingris pasca perang dunia ke dua, sirkuit ini dibangun di bekas lapangan udara peninggalan angkatan udara inggris.

Sejarah  Goodwood Festival of Speed dimulai tahun 1993, ketika Lord Marc ingin  membawa kembali balapan ke sirkuit goodwood, agar orang orang mengenal sejarah olahraga otomotif di inggris, tetapi Lord Marc tidak mempunyai ijin untuk menggelar balapan disana, sehingga akhirnya Lord Marc memutuskan untuk menyelenggarakan balapan di lahan pribadinya.Lord Marc merubah lahan pertanian seluas 1.200 hektar menjadi sirkuit untuk balap motor dan mobil, hingga kini Goodwood Festival of Speed selalu dikunjungi sekitar 300.000 ribu orang selama tiga hari penyelenggaraan.

Goodwood Festival of Speed selalu fokus menghadirkan kejayaan sejarah event, dengan kendaraan tercepat, terbaik, terkencang dan paling istimewa sepanjang masa. Festival ini selalu sukses dalam menyatukan berbagai macam koleksi terbaik  motor dan mobil kencang dengan bintang tamu istimewa dari para pengendaranya dalam satu tempat. Kendaraan yang ikut dalam festival ini pun bermacam macam, dari mobil bertenaga uap abad ke -19, mobil balap Le-Mans, mobil F1, top fuel dragster, mobil rally klasik, supercar, hypercar, motor bermesin turbin hingga motor MotoGP dan motor Superbike semua didisplay untuk menggugah kejayaan mereka di jamannya dengan berbagai prestasi.

Rossi at Goodwood 2015

Sebagai tambahan mulai tahun 2010 panitia Goodwood Festival of Speed juga menyelenggarakan Moving Motor Show yang menampilkan berbagai macam kendaraan produksi massal keluaran pabrikan (manufaktur) hingga sekarang, dan tentunya hanya kendaraan kencang yang dipamerkan disini 😀 .

Salah satu balapan yang terkenal di Goodwood Festival of Speed ini adalah hill climb dengan menggunakan kendaraan balap yang punya nilai sejarah. Hill climb sendiri merupakan cabang motorsport,dimana  pembalap bersaing melawan waktu untuk menyelesaikan lintasan menanjak. Sirkuit Goodwood memiliki Track sejauh 1,16 mil dengan perubahan elevasi (ketinggian) sekitar 92,7 meter, sampai saat ini rekor masih dipegang oleh pembalap F1 Nick Heidfeld yang mengendarai McLaren MP4-13 tahun 1999, dengan waktu 41.6 sdetik, edyaaan kenceng tenan.

all photo are credit to grrc.goodwood.com

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s