Jalan Jalan ke Kayangan Api, Wisata Api abadi dari Bojonegoro

image

Dear pembaca semua, fenomena api abadi merupakan salah satu fenomena alam unik yang ada di dunia, dimana api bisa menyala terus menerus tanpa pernah padam selama ratusan tahun , bahkan ketika terguyur hujan sekalipun.
image

Salah satu api abadi yang ada di Indonesia adalah api abadi Kayangan Api, walaupun tidak seterkenal api abadi Mrapen , namun api abadi kayangan Api tetaplah menarik untuk dikunjungi.

Kayangan Api sendiri terletak di  kawasan hutan lindung Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem , Kabupate Bojonegoro, Jawa Timur.  tidak dinyana lokasi itu ternyata dekat dengan kos awb di daerah Dander, mumpung masih di sini awb pun nyelakke dolan kesana sabtu pagi kemarin (6/2) toh cuman 5 km juga jaraknya, besok kalo udah balik jogja mau main kesini jauuh haha.
image

Jalan dari Dander ke Kayangan Api termsuk bagus, jalan cukup lebar dipadu dengan cor semen, setelah meenempuh perjalanan sekitar 10 menit sampai jugalah  awb di gerbang masuk wisata Kayangan Api, tempatnya rimbun dan cukup sejuk. Dari gerbang kita masih harus masuk mengikuti jalan  paving, lumayan jauh mungkin sekitar 500 m hingga ke parkiran kendaraan. Wisata kayangan api terlihat cantik tidak sia sia pemkab merevitalisasi wisata ini beberapa tahun lalu, pagi itu masih sepi, jadi awb masuk gratisaan lagi 😆 .
image

Fasilitas di Kayangan Api termasuk sangat lengkap, parkiran luas, taman bermain anak, pendopo, mushola, kamar mandi yang bersih, bahkan ada saung saung juga untuk pengunjung sekedar beristirahat sambil menikmati jajanan.
image

image

image

Hawa pagi yang dingin membuat nyaman awb mager di samping apinya, tercium bau gas menyengat di sekitar api yang menyala, yups memang api ini berasal dari rekahan gas yang lolos dari dalam bumi, tidak heran karena wilayah bojonegoro merupakan wilayah yang kaya akan migas, bahkan di sekitar kawasan kayangan api sudah terdapat dua sumur minyak yang telah di bor, tinggal pasang alat produksi aja.
image

Oh ya disini ada satu lagi yan menjadi atraksi wisata, saitu sumur blekuthuk, dari namanya sudah bisa ditebak kan, jadi sumur ini juga menjadi tempat keluarnya gas bumi, sehingga mengeluarkan gelembung secara konstan, menurut awb kayaknya bagus nih kalo gasnya di nyalain sekalian, ntar apinya bisa nyala di atas airm kan spektakuler  😆 .
image

Hari sudah menjelang siang, berhubung lapar awb segera meninggalkan lokasi kembali ke ke arah kost, ok cukup sekian laporan wisata kali ini, stay tune next artikel ya 😀 .
image

image

 

 

 

 

Iklan

5 comments

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s