Mengenal Teknologi Space Frame Pada Karoseri Bus (Bagasi Tembus)

Chasis Space Frame

Dear pembaca semua, teknologi chasis space frame merupakan salah satu terobosan revolusioner di industri karoseri bus Indonesia, karena dengan teknologi ini membuat bus bisa mempunyai bagasi yang super luas yang tentunya sangat menguntungkan buat penumpang maupun po bus itu sendiri, berbeda dengan bus biasa yang masih mengadopsi chasis Ladder Frame yang bagasinya  lebih sempit karena terhalang rangka bus yang melintang di tengah body. nah bagi yang belum paham yuk mari kita mengenal apa itu chasis space frame, dan apa bedanya dengan chasis ladder frame.

Chasis Ladder Frame, nampak besi rangka yang melintang.

Chasis Ladder Frame
Disebut Ladder Frame karena memang bentuk chasis ini menyerupai bentuk tangga, dimana terdapat dua batang utama kemudian ada penguat diantara batang tersebut. Pada awalnya, kerangka mobil terbuat dari kayu, kemudian sejak 1930 konstruksi ladder frame  mulai menggunakan baja.
Batang longitudinal  menjadi penyangga utama. Bagian ini yang menopang bobot angkut juga energi longitudinal  saat akselerasi maupun deselerasi. Sementara batang penyangga lateral, memberikan ketahanan terhadap gaya lateral dan rigiditas. Nama lainnya sering juga disebut dengan konstruksi body-on-frame.

Chasis Space Frame sebelum dirakit

Chasis Space Frame
Berbeda dengan Chasis ladder frame, bus ber Chasis space frame hanya terdapat dua bagian, yaitu kompartemen mesin di belakang dan kompartemen kemudi di depan, diantara kedua kompartemen ini dibuatlah sambungan sasis menggunakan besi siku dengan standar kualitas yang sudah ditentukan oleh pabrikan, karena antara kompartemen depan dan belakang terdapat space, maka disebutlah space frame. Teknologi space frame pada rangka bodi bus sebetulnya sudah dikembangkan sejak awal akhir 1990-an oleh beberapa karoseri di Indonesia. tapi baru ngetren beberapa tahun terkahir ini, ciri khasnya chasis space frame bianya mempunyai bagasi yang bisa tembus di bawah kabin.

Perakitan Chasis Space frame, nampak Frame yang sedang dibuat menggunakan besi siku, dan tidak ada besi yang melintang dari depan ke belakang

\

Tanpa adanya besi yang melintang di tengah, bagasi bisa tembus

nah sekarang sudah jelas semua kan, jadi udah nggak bingung kalo adfa bis yang bagasine tembuss, ntar dikira nggak punya rangka lagi 😆 , oke cukup sekian artikel kali ini, stay tune ya 😀

sumber gambar:haltebus.com
sanzakiiytoet.blogspot.com

Iklan

16 thoughts on “Mengenal Teknologi Space Frame Pada Karoseri Bus (Bagasi Tembus)

      1. Sedikit koreksi mas, design dan fabrikasi untuk space frame ini dibuat sendiri oleh karoseri, design berbeda beda tergantung sama model bus yang mau dibuat. Dulu ATPM kayak Mercedes tidak mengijinkan sasisnya dipotong dan dimodifikasi jadi space frame, dan itu langsung menghilangkan garansi pabrikan, gak tahu sekarang kayak apa.
        Salah satu tugas saya dulu adalah buat design dan analisa struktur untuk space frame bus dengan menggunakan software Finite Element Analysis NASTRAN.

        Suka

  1. Mantabb ne info baru tau ane..krn prnh liat bis buka bgsi tp ga kepikir ohh ini kok aneh..cm biada aja tp stlh baca artikel ini br tau..sipp

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s