17

Spesies Langka Bus Indonesia, Mercedes Benz OH 1634 L Megatrend

Karoseri Awal Mercedez OH 1634 L Megatrend, RS Setra

awansan.com – Dear pembaca semua, entah mengapa beberapa hari terkahir ini pikiran awb dipenuhi dengan dunia bus, padahal awb sudah lama sekali berhenti dari dunia bismania sejak 5 tahun lalu, iseng iseng browsing eh malah nemu artikel tentang bis, ya sudah nampaknya memang sudah tak terbendung lagi.

Ngomongin spesies bus langka, bisa dibilang Megatrend ini salah satu legendanya, oh iya Megatrend bukan nama resmi lho melainkan nama yang dipopulerkan oleh perusahaan otobus yang mengoperasikannya.

Sedangkan nama resmi dari Megatrend adalah Mercedez Benz OH 1634 L, fyi jumlah bis ini cuman ada 20 di Indonesia, dan hanya dioperasikan oleh satu group perusahaan otobus yaitu KAP (PO Kurnia, PO Anugerah, PO Pusaka ) dengan line trayek Medan – Aceh.

Kedatangan bus Mercedes-Benz tipe OH 1634-L ini dimulai tahun 1996 ketika PO Kurnia ditawari oleh salah satu dealer Mercedez di Medan yaitu PT. Bintang Cosmos.

Bus ini masuk indonesia dalam bentuk CBU ( Complete Built Up ) secara bertahap, pada awalnya hanya masuk 8 unit, tapi karena respon dari masyarakat sangat bagus akhirnya group KAP menambahlagi 12 unit chassis sehingga hingga total ada 20 Unit.

Karoseri RS Millenium

Pada masanya bus ini merupakan bus terbaik di Indonesia, yup dibaca dari kodenya udah kelihatan bus ini mempunyai tonase 16 ton dan bertenaga 340 HP.

Mercedes – Benz OH 1634  disokong oleh mesin diesel  OM442A, dengan konfigurasi V8 berkapasitas 11.000 cc + twin turbo, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 340 hp, bandingkan dengan bus lain dimasanya seperti OH 1521 ( tenaga 210HP), Hino RG ( tenaga 240 ps),  Mitsubishi RM/BM ( Tenaga 220/190 ps), dan Nissan CB ( tenaga 180 ps). Mercedez OH 1634 L juga merupakan pionir bis yang menggunakan air suspension, serta sistem pengeremen ABS + retarder .

Bodi bus sendiri dibangun oleh Karoseri Rahayu Santosa dengan model Setra yang sedang ngetren pada saat itu. Semenjak tahun 1996 hingga kini Megatrend sudah berganti body tiga kali, yang terbaru sekarang menggunakan Legacy Sky, dan Skyliner HD Rahayu Santosa.

Karoseri Laksana Legacy

Uniknya lagi Megatrend masih dipertahankan operasinya hingga sekarang, dan tidak dijual ke PO lain, padahal umur nggak bisa bohong denger denger sih mega trend jarak tempuhnya sudah nyampe 3 juta km, suatu pencapaian yang sangat istimewa.

Bahkan kini ketika Mercedez Indonesia mengeluarkan chasis baru dengan tenaga setara ( MB OH 1830 dan 1836) tak menyurutkan langkah Megatrend untuk bersaing, yup umur boleh tua tapi bagaimanapun juga Megatrend telah menjadi legenda dalam dunia perbisan indonesia 😀 .

sumber gambar
haltebus.com
bismania.com

BACA JUGA :

Spesies Bus Langka Di Indonesia , Mercedes Benz OH 1634 L Megatrend

Spesies Bus Langka di Indonesia , Mercedes Benz OH 1632 V6

Spesies Bus Langka di Indonesia , Mercedes Benz OH 1725
Spesies Bus Langka di Indonesia , Mercedes – Benz Vario 815D 4×4 

Spesies Bus Langka di Indonesia , MAN 18.310 HOCL

Megatrend Skyliner High Deck Karoseri Rahayu Sentosa
(Visited 99 times, 1 visits today)

awansan

17 Comments

  1. Mantab ..nambah pengetahuan nih..ane jg hobi perbs an n karoseri n mesin sasis bus

  2. Megatrend bus ternyaman dari yg pernah ada, dan tidak oleng bila ditikungan,….. Nyaris nyaman, tenaga lebih unggul dr 1836, biar tuwa tp masih ok, apalagi kalo supirnya gam capiek, nyaris hemat waktu….. Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *