jump to navigation

Golden Dragon Bus, Produk China Yang Berhasil Bertahan di Pasar Indonesia 22 Februari 2016

Posted by awansan in Bus dan Truck, Info, Mesin.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Golden Dragon Mulyo Indah

Dear pembaca semua,ngomongin pangsa pasar big bus indonesia sebenarnya sudah bisa tertebak siapa penguasanya, yup siapa lagi kalo bukan jagoan jepang Hino, dan bangsawan eropa Mercedez – Benz mereka berdua telah puluhan tahun malang melintang di dunia per bisan Indonesia dan menguasai sebagian besar pangsa pasar big bus, hanya tersisa sedikit yang kemudian menjadi rebutan merk lain.

Laju Prima Golden Dragon

Menariknya lagi ternyata beberapa tahun terkahir ini, awb banyak melihat chasis merk baru Golden Dragon berkeliaran dimana mana dan di percaya banyak PO terkenal, sebut saja DAMRI, Gunung Harta, Mulyo Indah, Bejeu, Sumber Alam, SAN, Laju Prima dll. Padahal ini bus buatan China lho, yang biasanya produk china jarang bertahan di kerasnya pasar indonesia terutama karena masalah kualitas dan durabilitas, tetapi Golden Dragon mampu menepis semua itu. Walau merk anak bawang yang baru masuk kemarin ternyata penjualan pun cukup laris, mulai masuk tahun 2010 hingga tahun 2013 golden dragon bisa menjual 300 unit chasis, suatu pencapaian yang WOW di sempitnya market big bus indonesia.

 

GOLDEN DRAGON sendiri adalah salah satu perusahaan pembuat bis dengan pasar Internasional, Perusahaan ini didirikan Tahun 1992 dan mulai mengembangkan usahanya dengan bekerja sama dengan perusahaan besar lainnya antara lain: MAN, ZF, BOSCH, WABCO, Voith, Hino, dan Hyundai. Di Indonesia Chasis Golden Dragon masuk lewat imporit PT. Indo Dongfeng Motor ,yang merintis penjualan di Indonesia sejak tahun 2004. Perusahaan ini mengawali bisnisnya, dengan memasok mesin-mesin diesel. Karena permintaan terus berkembang, akhirnya sayap usaha mereka berkembang ke mesin bus. Cahsis bus golden dragon secara resmi masuk indoensia tahun 2010 Mengambil kesempatan di evet “2010 China Technical Equipment”

Chasis Golden Dragon di Indoensia tersedia dalam tiga type yaitu chassis XML6L127D53 bertenaga mesin 330 HP Euro-3 , chassis XML6127D52 bertenaga 300HP Euro-2 dan Chasis Golden Dragon ber-tipe XML6145D13 ( 3 sumbu ) dengan tenaga maksimal 375 hp. Menariknya adalah Chasis Golden Dragon menyediakan pilihan mesin yang beragam, yup bisa di maklumi mengingat Golden Dragon merupakan produsen Chasis, dan bukan produsen mesin, mesin mesin yang umum digunakan adalah Mesin diesel keluaran Yuchai, Weichai, Dongfeng dan Cummins.

chassis Golden Dragon XML6L127D53 , milik PO Shantika

Golden Dragon model XML6127D53 merupakan model yang paling laris, Ditenagi mesin Yuchai YC6L 330-30, enam silinder segaris berkapasitas 8.424 cc dengan torsi maksimum 1280Nm/1400 RPM, model ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan untuk mengendalikan laju kendaraan. Sebut saja ABS, retarder yang biasanya hanya terdapat pada merk Chasis premium dari Eropa. bahan bakar juga diklaim lebih irit rata-rata ada di kisaran 1 liter untuk 3 – 5 Km, tergantung karakter pengemudi.” Oh ya Model ini juga sudah mengadopsi Chasis model space frame, sehingga memungkin kan karoseriuntuk membuat bagasi yang superluas, dengan harag chasis sekitar 700 juta, nampaknya golden dragon mampu menawarkan Value for money lebih daripada pesaing pesaingnya di harga yang sama .

 

Golden Dragon model XML6145D13

Golden Dragon model XML6145D13 merupakan dobrakan PT Indo dongfeng di pasar bus 3 axle, yup selama ini masih dikuasai Mercedez Benz 2542, Golden Dragon model XML6145D13 mengusung mesin Weichai. Mesin WP10.375 enam silinder berkapasitas 9.210 cc dengan tenaga maksimum 375HP dan torsi maksimal 1460Nm. Uniknya model ini memeiliki pengaturan mesin yang memungkinkan bis mendapat pilihan outpout tenaga yaitu 375 HP, 336 HP atau 290 HP, Tentunya halini akan sangat membantu daam hal efisiensi bahan bakar. Weichai pun sudah mengusung teknologi gas buang Euro-III ini juga dilengkapi turbocharger dan intercooler. Tenaga dari masin kemudian disalurkan dmelalui transmisi manual Qi Jiang QJS6-160 enam percepatan dan gardan buatan Fang Sheng Setiap roda dilengkapi dengan rem cakram yang mengandalkan Double loop pneumatic brake system dan Antilock Braking System (ABS) WABCO tak lupa disispkan juga Voith untuk retarder. Chasis juga ditopang suspensi udara yang bisa diatur ketinggiannya secara otomatis. Otomatisasi sistem pada chassis ini tak hanya menyangkut pengaturan mesin dan sistem pengereman semata. Pemilik bus kelak tak akan direpotkan dengan penambahan atau penggantian pelumas di luar mesin secara berkala. Tak perlu menambahkan oli pelumas di kaki-kaki, misalnya. Ada alat yang secara otomatis mengisi pelumas yang tertanam pada chassis.

PO Nusa Indah, Golden Dragon model XML6145D13 Karoseri Tentrem

Di segmen fleet juga golden dragon semakin menggurita dengan pembeli utama DAMRI, nampak sudah banyak golden dragon yang sudah beroperasi di bawah perusahaan tersebut, baik digunakan sebagai bus kota, transjakarta, hingga bus feeder bandara.

Bus Damri Golden Dragon

Damri Golden Dragon

Bokong Damri Golden Dragon

Dear pembaca, dari review para bismania yang sudah menggunakan,  sebagian besar memberi respon positif, nampaknya golden dragon memang bisa memberikan kenyamanan dan performa yang cukup mumpuni.
Well menilik beberapa tahun lalu pernah beredar juga chasis dari China merk Dongfeng , bahkan pernah juga dipakai oleh Sumber Kencono namun kemudian chasis itu hilang, dan Sumber kembali memakai Hino sebagai andalan  Last kita lihat saja bagaimana kiprah Golden dragon beberapa tahun ke depan ke depan, apakah ia masih terus bisa bertahan dan menepis stigma negatif China, atau kemudian ia terhempas dari pangsa pasar indonesia. Yup sekian artikel perbisan kali ini, seoga menambah pengetahuan kita semua, stay tune artikel selanjutnya ya 😀 .

sumber :
bismania.com
haltebus.com
sisko07.wordpress.com
transport-spec.blogspot.com

Iklan

Komentar»

1. sebarkan.org - 22 Februari 2016
awansanblog - 22 Februari 2016

Iya damri mah bakaln terus idup, selama pemerintah support 😁

Disukai oleh 1 orang

2. ochimkediri - 22 Februari 2016

padahal dongfeng tenaganya cukup mumpuni…tp sumber grup sekarang beralih ke hino.

Suka

awansanblog - 22 Februari 2016

Dongfeng emang kwnceng larine om, tapi rem nya yg senin kamis hehe

Suka

ochimkediri - 22 Februari 2016

woalaah remnya sering bermasalah to?

Suka

3. nbsusanto - 22 Februari 2016

guedhe tenan klaim powere ya.. rata-rata liyane kan di bawah 300 hp.. 🙄
btw golden dragon paling kukenal ki armadane mulyo indah.. sayange wingi numpak mulyo ra oleh golden dragon iku.. 🙄

Suka

awansanblog - 22 Februari 2016

Loh sampyan kan wes tau numpak golden dragon e sumber alam, iyup gede tur irit menurut klaim pabrike, nilai jual lebihnya disitu 😀

Suka

nbsusanto - 22 Februari 2016

kae nggo golden dragon to sumber alam sik pernah tak post? aku rung paham huehehehe..

Suka

awansanblog - 22 Februari 2016

Yup iyo golden dragon kae chasis e, mentul mentul air suspensione

Suka

4. IAZZAI - 22 Februari 2016

Tau ngga om, kenapa untuk kelas bus besar pemakai Mitsubishi lebih sedikit dibanding Hino, sedangkan utk jenis truk kebalikannya.

Suka

awansanblog - 22 Februari 2016

Mitsubishi sejak tahun 2000an sudah nggak jual big bus, jelas kalah jumlah dengan Hino yang penguasa pasar, sedang di segmen truck hino menguasai segmen medium duty truck, untuk jelas light truck memang canter belum bisa ditandingi penjualannyya

Suka

5. tri_aja_gunung_kidul - 22 Februari 2016

Ces..ces.ces..
Ngeblong wae per…hihihi

Suka

6. krok - 24 September 2016

“dan bangsawan eropa Mercedez – Benz mereka ”

tau gak mercedes itu asalnya darimana? jangan-jangan tidak tahu lagi. Jangan-jangan juga awansan itu berpikir kalau eropa itu adalah sebuah “negara”. Keterbatasan wawasan ini memang sering dialami oleh seorang WEEABOO.

Suka

Bowok - 20 Maret 2017

Dari jerman om

Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Best Articles Of Collection

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita

Banyak Jalan, Banyak Cerita | Catatan perjalanan seorang Bocah Ilang dari Jogja

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

"Menulis untuk keabadian"

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

Kunang-kunang

Pemimpi, ajari aku terbang

Jingga

Karena Menulis Itu Membahagiakan.

%d blogger menyukai ini: