Sejarah Leyland Titan, Bus tingkat pertama di Indonesia

Leyland Titan di Pool PPD

Dear pembaca semua , menarik memang membahas tentang sejarah bis yang satu  ini, karena bis ini bisa dibilang hampir terlupakan keberadaanya, bus dibuat oleh Leyland yang notabene merupakan  pabrikan bus dan truck dari Inggris,  hanya saja sedikit sekali literatur mengenai bis ini yang membuat awb kesulitan mencari data, terutama data jumlah.

leyland titan ppd, 250unit
Leyland Comet bantuan Pemerintah Australia

Well Well mari kita mulai pembahasan kali ini, keberadaan bus  Leyland  pertama di Indonesia tidak lepas dari campur tangan  pemerintah Australia, yang saat itu memberi bantuan 250 bus Leyland Comet single decker (colombo plan), bus bantuan ini digunakan untuk menunjang sistem transportasi Kota Jakarta dan dioperasikan oleh PPD.


Bus Leyland Titan lewat semanggi tahun 1971
Pada tahun 1968, masuklah bis tingkat pertama di Indonesia  yaitu Leyland Titan, Leyland Titan merupakan seri bis tingkat dengan mesin depan, type yang masuk Indonesia adalah leyland Titan generasi ke tiga dengan kode  PD3-11.
Bus  ini mempunyai berat 14 ton, Panjang  sekitar 9 meter, lebar 2,5 meter.  Berat yang ringan karena bis ini menggunakan bahan fiberglass bukan besi, salah satu inovasi dari leyland adalah penggunaan kaca lengkung, sehingga memperluas pandangan pengemudi.
Leyland Titan ditenagai mesin diesel direct injection 6 silinder Leyland seri 0 600, berkapasitas 9784 cc yang bisa menghasilkan tenagamaksimal 125 hp, gearbox yang digunakan masih manual tapi sudah dilengkapi gigi syncromesh.


Leyland Titan PPD
image

Bus ini kemudian beroperasi melayani trayek Blok M-Salemba – Pasar Senen tahun 1968 sampai 1982. Hingga disusul adiknya Leyland Atlantean, oh ya adiknya bakal awb ulas tersendiri di artikel Lain. Saat ini Leyland Titan yang tersisa hanya ada di museum transportasi TMII.

routemaster-cutaway

Iklan

11 thoughts on “Sejarah Leyland Titan, Bus tingkat pertama di Indonesia

  1. Ane pernah naik yg volvo & leyland tp ga tau generasi berapa, warnanya udah biru. Dari blok m ga tau kemana yg penting turunnya di blokm lagi. 🙂
    Posisi favorit di atas paling depan, heboh kl kena dahan/ranting pohon.
    Tolong dilanjut. Trims.

    Suka

  2. Terus sekarang pada dimana ya?
    Kasih tau dong kalo ada yg nemu bangke nya leyland double decker…kenangan saat smp… blok m keliling kota…

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s