jump to navigation

SeJarah Bus Tingkat indonesia Generasi 2, Leyland Atlantean 1 Maret 2016

Posted by awansan in Bus dan Truck, Info.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Leyland Atlantean Low Floor because Overloaded

Dear pembaca semua, setalah kemarin awb membahas bus tingkat Leyland generasi pertama di Indonesia, maka kali ini awb akan membahas bus tingkat generasi kedua yang beredar di Indonesia, yaitu Bus Leyland Atlantean.

Kemunculan bus tingkat di Indonesia tak terlepas dari peran mantan Presiden Soeharto. Saat itu tahun 1983 Pemerintah Indonesia dibawah Presiden Soeharto mendapatkan hibah bus tingkat dari pemerintah Inggris dengan merk Leyland. Gosipnya sih bus ini adalah imbal balik dari pembelian Pesawat tempur dari Inggris, karena pada medio 1980 an Indonesia juga memborong puluhan unit pesawat Tempur Hawk dari Inggris.

Di Negeri asalnya Inggris, Leyland Atlantean merupakan bus tingkat yang mempunyai masa produksi cukup lama yaitu 1958 hingga tahun 1986. Atlantean merupakan pioner bus tingkat yang berpintu masuk depan serta penempatan mesin mesin belakang .

Leyland Atlantean Ex Singapore

Bus Tingkat Leyland yang masuk indonesia mempunyai kode Leyland Atlantean An 68/2R dengan karoseri Alexander (diproduksi antara tahun 1972-1984), bus ini masuk ke Indonesia secara bertahap baik itu langsung dari inggris maupun second ex Singapore. Dengan panjang sekitar 10,2 meter tak heran bis ini mampu menampung hingga 106 penumpang.

Untuk menggerakkan bus, Atlantean dipsersenjatai dengan salah satu mesin diesel legendaris Leyland , yup Diesel 6 silinder seri 0680 bertenaga 150 hp, tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi matik Voith pneumolyc , kelistrikan bus menggunakan system 24 v, dilengkapi dengan boster baterai, sistem kemudi sudah menggunakan power steering, sehingga memudahkan manuver bus. Canggihnya lagi sistem buka tutup pintunya sudah otomatis dengan sistem pneumatis yang diatur oleh sang pengemudi.

Leyland PPD

Tercatat 108 bus Leyland Atlantean diimpor masuk Indonesia, dan disebar ke kota besar di Indonesia. Di Jakarta sendiri bus ini dikelola oleh Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) sedangkan pengelolaan diluar Jakarta di kelola oleh Perum DAMRI (Semarang dan Surabaya).

Sayang seribu sayang bus ini tidak bisa berumur panjang, pada medio 1990 an bus ini mulai di non aktifkan, yang berarti umur bis ini hanya 10 tahun saja, ada dua penyebab bis ini dinonaktifkaan, pertama adalah kondisi kendaraan yang kurang layak, perawatan kurang baik karena spare part yang cukup mahal, harus impor dari luar negeri. Penyebab kedua adalah jalan yang semakin macet sehingga menyulitkan manuver bis, selain itu jalan bus yang lambat juga membuat banyak penumpang enggan menggunakan bus tingkat, kemudian beralih ke moda transportasi lain yang lebih cepat.

Leyland

Pasca penonaktifannya, kini kita hanya bisa mengenang bus ini sebagai sejrah saja, banyak bus tingkat legendaris ini hanya mangkrak di pool ppd/damri, di Jakarta sempat ada distro yang menggunakan bus ini sebagai disiplaynya, tetapi nggak tahu juga kelanjutannya, last cukup sekian artikel kali ini, semoga berguna untuk menambah pengetahuan kita semua, thanks for reading and stay tune untuk artikel-artikel selanjutnya ya 😀 .

 

Iklan

Komentar»

1. joe - 18 Juni 2016

kalau g salah sampai sekitar tahun 99-2000 msh ada mas PPD 45 blok m-pulo gadung,waktu smp thn 94 pingin ke rawamangun sama temen naik PPD 43 dari cililitan eh bablas sampe trmnl tanjung priok abis diatas g ada sopir y..

Suka

2. Leyland DROPS , Transporter Tank Batalyon Kavaleri Indonesia | AWANSAN - 1 Februari 2017

[…] Jakarta, dahulu awb sampai pernah bikin 2 arikel membahas tentang bus tingkat Leyland  disini dan disini 😀 . kembali ke laptopp hahaha, well dari semua merk truk Inggris yang masuk ke Indonesia bisa […]

Suka

3. odi sujadi - 7 Maret 2017

bang, artikelnya di referensiin boleh yaa~. saya mau buat cerita sehari-hari gitu kebetulan ngebahas bis tingkat PPD ini.

Suka

awansan - 7 Maret 2017

Boleh mas, silahkan 😀

Suka

4. Randy Pradhana - 7 April 2017

untuk Leyland yang masih mangkrak, mungkin bisa diusulkan untuk tambahan bus wisata jakarta, tentunya setelah direstorasi. Memungkinkan ga ya ? sekalian dengan Volvo B55 dan Leyland Titan.

Suka

awansan - 7 April 2017

kayknya udah nggak mungkin, karena sekarang sudah digantikan bus bus tingkat yang berumur lebih muda 😀

Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Suka 4WD

All About 4 Wheel Drive

Hydroid's Blog

Just another WordPress.com site

A R T I K E L 📌 M A R L Y

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita

Banyak Jalan, Banyak Cerita | Catatan perjalanan seorang Bocah Ilang dari Jogja

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

"Menulis untuk keabadian"

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

%d blogger menyukai ini: