jump to navigation

Bacaan Ringan, Remanufacturing dan Repowering Chasis Bus di Indonesia 3 Maret 2016

Posted by awansan in Bus dan Truck, Info.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

DAMRI sebelum di Remanufacture

 Dear pembaca semua, Peremajaan armada bus tua merupakan salah satu hal mutlak agar suatu P0 mampu bertahan, maklum penumpang sekarang mulai banyak yang pilih pilih bus, kalo dianggap tidak nyaman mereka bisa dengan mudah beralih menggunakan Po lain yang lebih nyaman, selain itu bus tua juga amat membebani beban operasional, memang beberapa merk bus bisa dibilang bandel, tapi ada kalanya umur tidak bisa berbohong, mesin yang sering rewel tentunya akan sangat memberatkan biaya perawatan, selain pembelian suku cadang, bis yang harus masuk bengkel otomatis rugi waktu, karena harus berhenti dan tidak bisa mengangkut penumpang.
Idealnya memang harus dilakukan pembelian chasis baru, tapi di sisi lain chasis baru harganya juga cukup mahal , dan tidak semua po secara keuangan mampu membeli chasis baru. Beragam cara ditempuh para pengusaha bus untuk menekan biaya investasi dan operasional ini, salah satunya dengan cara Remanufacture dan Re Powering.
Upaya remanufacture ini adalah bagian dari effesiensi dan memasimalkan modal yang dimiliki suatu Po. meremanufaktur chassis bus lawas biaya yang dikeluarkan hanya 60 persen dari harga baru chassis yang sama. selain itu pajaknya pastinya juga lebih murah dibanding pajak chasis baru, hal ini tentunya akan sangat meringankan beban operasional bus.

Proses remanufacture adalah suatu proses membangun ulang chassis lama sesuai standar pabrikan sehingga menjadi prima seperti baru kembali. Seluruh bagian mekanis seperti mesin, sistem pengereman, struktur suspensi, juga elektrifikasi dikembalikan kemampuannya menjadi 100 persen seperti baru.

Proses Remanufacturing, tampak chasis sudah kembali segar

Tercatat dua po yang sudah melakukan remanufacturing chasis, yaitu Po Pahala kencana dengan 30 unit chassis OH-1521 , dan DAMRI yang remanufacturing 60 chasis bus legendaris mereka  Mercedes OF-1113 tahun 1986.

Bus Damri Setelah di Remanufacture, kelihatan bantet khas Chasis OF 1113

PT. Mercedes-Benz sendiri menetapakan standar teknis yang ketat terhadap Chasis bus yang akan di remanufacture, Yang jelas, syarat dari Mercedes-benz bus-bus itu harus bisa jalan sendiri ke Wanaherang tanpa mengalami masalah.

Po Safari Dharma Raya, Chasis Mercy OH 1521, repowering dengan Mesin Yuchai 330 hp

Berbeda dengan proses remanufacture, proses repowering biasanya hanya dilakukan dengan mengganti mesin saja, dimana mesin lama di copot dan diganti dengan mesin baru yang lebih segar kondisinya, mesin bisa menggunakan jenis yang sama dengan umur lebih muda, atau menggunakan mesin dari china (biasanya merk Yuchai/Weichai), penggantian mesin baru dilakukan untuk mengembalikan tenaga bus agar kembali prima, tak jarang mesin pengganti memakai tenaga lebih besar, diantara Po yang gemar melakukan repowering adalah Po Safari Dharma Raya dan Po SAN, dimana yang merepowering chasis Mercedes Benz OH 1521 dengan mesin Weichai 280 hp, Yuchai 300 hp, bahkan Yuchai 330 hp, wow bisa dibayangkan kan larinya kayak apa .

Po SAN, reowering dengan mesin Yuchai 270 hp

Oke cukup sekian bacaan ringan kali ini, semoga bisa menambah pengetahun bagi kita semua, stay tune artikel selanjutnya ya 😀 .

 

sumber:
bismania.com
haltebus.com

Iklan

Komentar»

1. nbsusanto - 3 Maret 2016

woh iki.. nek mercy iku remanufacture e langsung mercy atau karoseri tertentu dengan pengawasan mercy kang?
kapan yo armada damri ekonomi ac jogja-jakarta di rebuild ben seger 🙄

Suka

awansanblog - 3 Maret 2016

di remanufacture oleh mercy langsung di wanaherang :D, wah kayaknya jauh deh, soale fokus DAMRI masih remanufacture bus bus kota mereka

Suka

sebarkan.org - 3 Maret 2016

Pernah cb naik damri rasanya luas banget murah ketimbang bus lain..hehe..

http://sebarkan.org/2016/03/03/ini-kutukan-bella-shofie-untuk-kartika-putri-gracia-indri/

Suka

imotorium - 9 Maret 2016

Damri eks bandara rata – rata..

Suka

2. tri_aja_gunung_kidul - 3 Maret 2016

Tambah tau….

Suka

3. imotorium - 9 Maret 2016
awansanblog - 10 Maret 2016

Murah dan bertenaga 😁

Disukai oleh 1 orang


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Best Articles Of Collection

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita

Banyak Jalan, Banyak Cerita | Catatan perjalanan seorang Bocah Ilang dari Jogja

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

"Menulis untuk keabadian"

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

Kunang-kunang

Pemimpi, ajari aku terbang

Jingga

Karena Menulis Itu Membahagiakan.

%d blogger menyukai ini: