Jejak Sejarah Bus Tata di Indonesia, Dari Bus Kota Hingga Kopaja

Bus Kota Jadul, Merk TATA

Dear pembaca semua, mungkin sebagian besar dari kita masih asing dengan merk TATA, yupz brand otomotif dari Negara india yang  hadir  beberapa tahun lalu dengan tagline play and strog. Tapi siapa tahu kalo ternyata jejak Tata di Indonesia sudah ada  sejak lama  dimulai tahun 1978, pada saat itu ratusan  Bus Tata dipilih oleh  DAMRI sebagai bus angkutan kota di daerah Semarang, Bandung, dan Surabaya, sayang sekali literatur tentang pengadaannya sangat sedikit yang bisa digali, yang jelas tak kurang dari 150 bus ini masuk Indonesia.

Disiplay Bus Tata, di Bandung waktu Baru

Kehadiran Tata di Bandung bersamaan dengan Beridrinya  DAMRI di Bandung, dimulai pada tanggal 22 Juni 1978 berdasarkan SK Walikota Bandung No. 10/85/1978, dengan tujuan untuk mengganti angkutan bemo menjadi angkutan massal. Saat itu DAMRI mengoperasikan 70 unit bus Tata buatan India. Selanjutnya antara tahun 1978-1988 seiring dengan meningkatnya populasi penduduk dan permintaan masyarakat Kota Bandung, dilakukan peremajaan dengan mengganti semua bus Tata dengan Mercy 1113

Bus Tata milik Damri Semarang

Pada 1978, 25 bus produksi India dengan merek Tata pun masuk ke Kota Semarang. Setahun trayek Damri bertambah dari Lampersari – Mangkang. Trayek Pelabuhan – Pedurungan juga mulai dijalani pada 1980, Hingga total bus mencapai 50 Unit.

Bus Tata di Jalanan Indonesia

Bus TATA yang dipakai damri adalah  tipe LP, 1210.E bus ini diimpor utuh dari india India. Bus ini memiliki panjang 9,5 meter, lebar 2,4 meter dan tinggi 2,9 meter dan dapat memuat antara 30-40 penumpang , ukuran bus ini hampir setara dengan MB OF 8000. tata menggunakan penomoran mirip mercedes, jika dibaca dari tipenya besar kemungkinan Bus Ini mempunyai berat maks 12 ton, dengan tenaga 100 hp.

Brosur Bus Tata

sayang sekali dari ratusan bus yang pernah ada, kini hanya tersisa satu bus yang kemudian menjadi penghuni Museum trasnportasi Indonesia, yupz pasca penggantian bus tata dengan merk lain, tata kembali menghilang tanpa gaung.

Bus Tata yang Tersisa

Tata kemudian kembali masuk Indonesia pada tahun 2012 melalui PT TMDI , pada awalnya TATA getol menjual kendaraan penumpang, tapi ternyata strategi ini belum berhasil, akhirnya Tata hanya fokus ke kendaraan kendaraan komersial seperti Bus dan Truck, salah satu bus yang gencar ditawarkan oleh Tata adalah bus Medium Tata LP 713 , Bus Tata  LP 713 sudah sempat hadir dan menjadi salah satu produk display dalam IIMS 2014 . Dan, sejak diperkenalkan di pasar Indonesia, bus ini mulai dilirik pengusaha angkutan. Menurut sumber kami di Tata Motors, bus ini sudah diuji coba oleh pengusaha Kopaja di DKI Jakarta untuk angkutan bus reguler.
Tata Lp 713 ditenagai oleh mesin diesel 6 silinder berkapasitas 5,675 cc , yang mampu menhasilkan tenaga maksimal 130 PS (128.17 bhp)dan torsi maksimal 416 Nm . Transmisi menggunakan Manual  5-speed .

Tata LP  713

Oke pembaca semua, cukup sekian artikel kali ini, semoga menambah pengetahuan kita semua, stay tune ya 😀

sumber
http://klasikbustruck.blogspot.co.id/
http://fastrans22.blogspot.co.id/

Iklan

9 thoughts on “Jejak Sejarah Bus Tata di Indonesia, Dari Bus Kota Hingga Kopaja

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s