Berkenalan dengan Truk Logging di Indonesia

awansan.com – Dear pembaca semua, mungkin selama ini kita jarang melihat truck model ini di jalanan aspal, yah maklum saja karena  truck jenis Ini memang hanya beroperasi di pedalaman Hutan. Sebagai penggemar truck dan heavy equipment, awb bahkan kadang sampai melongo kalau ngelihatin truck model ini, gagah euy. Truck Logging merupakan  truk khusus yang dibuat untuk  kepentingan mengangkut Kayu Log dari dalam Hutan ke Luar Hutan, 

 

Dalam industri Logging, Truck merupakan komponen penting agar bisa membawa kayu logging dari dalam hutan ke luar hutan,  bayangkan saja  kendaraan ini  dapat mengangkut  kayu bulat (log)  sampai 40 meter kubik atau setara dengan 50 ton kayu gelondongan, bahkan kadang bisa lebih berat,  Jalan yang dilalui pun biasanya adalah jalan log yang cenderung  offroad  ekstrem, berlumpur dan banyak tanjakan.

 

 

Truk logging mudah dikenali dengan adanya pelindung besi yang mengelilingi bagian luar kabin, pelindung ini mutlak diperlukan karena selain untuk melindungi kabin, juga untuk nongkrong trailer ketika dilipat. Bagian belakang truk  dibuat tanpa pembatas agar mudah menaik-turunkan kayu. Hanya ada tiang penyangga di kanan kiri badan truk menjaga agar muatan tidak jatuh.

Di kalangan pekerja hutan, truk logging itu populer dengan sebutan ‘trailer’. Sebutan trailer ini diberikan karena truk mempunyai gandengan. (Logging truck yang tidak mempunyai gandengan disebut engkel). Gandengan itu bisa dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan. Pada saat bermuatan, gandengan dipasang supaya truk bisa menampung kayu bulat dengan kisaran panjang sampai 16 meter. Pada saat tanpa muatan, gandengan dilepas dan dinaikkan di bak belakang sehingga truk dapat melaju lebih nyaman.

Karena harus berhadapan dengan medan yang keras, truk truk logging biasanya sudah berfitur all whell drive,  masih juga didukung dengan differential locker untuk menghindari selip.

Rata Rata truck logging menggunakan mesin bertenaga besar, yup kalo tenaga kecil nggak kuat broo, bawa beban 50 ton di medan Off road, kita ambil Contoh truck Logging keluaran  Mercedes, MB Actros 4043 , truk ini  berpenggerak 6×6 ini Dibekali dengan mesin berkpasitas  11,9L konfigurasi V6 + Turbo Intercooler,  dan mampu menghasilkan daya sebesar 315KW/428HP pada 1080rpm dan Torsi 2000nm pada rentang putaran 1080rpm.

sementara untuk  transmisi menggunkana transmisi 8 speed yang masing masing mempunyai  Low dan High gear, sehingga total giginy ada 16,

 

Selain truk logging tipe trailer, ada juga truk tipe engkel, perbedaannya adalah truk tipe engkel tidak ada gandengannya, truk tipe engkel lebih banyak digunakan untuk mengangkut log log kayu kecil, sehingga banyak truk log engkel mengambil basic dari truk yang biasa beredar di jalanan, bukan truk khusus untuk logging, seperti truk Logging trailer.

 

Advertisements

12 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.