9

Mengawali April Bus Sumber Group dan Mira Mogok Massal, Wheladalah Ada Masalah Apa Ini ?

Dear pembaca semua, mengawali bulan April 2016, pagi pagi awb iseng  buka twitter @SKLoverz  lhadalah dikejutkan dengan adanya berita mogok masal bus ATB (AC Tarif Biasa) jurusan Yogyakarta  – Surabaya, yup duo legenda, rival Abadi yaitu Sumber Selamat/Sugeng Rahayu dan Mira mogok massal di terminal Giwangan Yogyakarta, dan Tirtonandi Solo.

Hingga kini belum jelas masalah apa yang terjadi hingga kedua bus ini memutuskan mogok masal secara bersamaan, yang jelas banyak penumpang dari kedua jurusan yang terlantar, Harapan awb semoga masalah segera selesai dan bus kembali beroperasi, sehingga penumpang bisa kembali terlayani.

Deretan Bus Sumber yang Mogok Masal di Terminal Giwangan (pib @SKLoverz

Update artikel, ternyata mogok masal karena adanya pengeroyokan

Solopos.com, SOLO–Sejumlah awak 20-an bus antarkota antarprovinsi (AKAP) jurusan Surabaya-Jogja mogok dan menutup akses bus bumel (antarkota dalam provinsi) jurusan Solo-Jogja di pintu jalur barat Terminal Tirtonadi, Jumat (1/4/2016), mulai pukul 02.00 WIB-07.30 WIB. Akibatnya 200-an penumpang bus jurusan Solo-Jogja sempat kesulitan mencari bus langganannya.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, aksi tersebut merupakan buntut dari kejadian pengeroyokan yang dilakukan lima orang tak dikenal kepada sopir bus PO Sumber Rahayu berpelat nomor W 7397 UY bernama Listen Pasaribu dan kernetnya bernama Marsono di sekitar pertigaan lampu merah UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (31/3/2016) pukul 18.00 WIB.

Kejadian bermula saat bus yang dikemudian Listen Pasaribu berhenti dan menurunkan penumpang di kawasan tersebut. Di saat bersamaan, ada salah satu penumpang yang juga naik ke bus. Tak lama berselang lima orang pelaku pengeroyokan, yang salah satunya dikenali korban mengenakan seragam abu-abu milik PO Damri, ikut naik dan memukul sopir dan kernet bus tersebut dengan tangan kosong.

Akibat kejadian tersebut, sopir mengalami sakit kepala dan cedera di pergelangan tangan kiri. Sedangkan kernetnya juga mengalami sakit kepala, serta cedera pinggang dan punggung. Tindakan pidana tersebut tengah ditangani Kepolisian Sektor Kartasura.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tirtonadi, Solo, Eko Agus Susanto, menyatakan aksi mogok dan blokade pintu barat terminal dilakukan sopir dan awak bus AKAP sebagai bentuk solidaritas bagi temannya yang menjadi korban penganiayaan.

“Pagi tadi mulai pukul 02.00 WIB-07.30 WIB awak dan sopir bus PO Sumber Rahayu mogok dan menutup akses bus bumel Solo-Jogja. Bumel tidak boleh jalan sebagai bentuk solidaritas bagi temannya yang jadi korban pemukulan kemarin [Kamis],” terangnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat siang.

Lebih lanjut Eko menuturkan blokade jalan baru dibuka setelah tuntutan sopir dan awak bus untuk memberikan kepastian penanganan hukum bagi rekan mereka dipenuhi. “Setelah ada surat keterangan dari polisi bahwa laporan teman mereka diproses, berangsur-angsur mereka membuka blokade pagi tadi,” paparnya.

(Visited 95 times, 1 visits today)

9 Comments

  1. kabarnya, mereka nuntut diizinin ngambil penumpang sepanjang rute Solo-Jogja.
    Kalau sih setuju banget tuhh.
    Lha selama ini dari Delanggu gak boleh je naik SK/Mira

    • oo berarti lanjutan mbiyen sik tau gegeran karo bis lokal jogja solo iku ya lek?
      yo nek wong sik seneng numpak bis cen mending duo jawatimur iku sih..
      selama iki sakretiku sepanjang jogja-solo njupuk penumpang ming nek bengi..

  2. Masalahe mogok kerja kru sumber w 7397 di jotosi sama kru bus lokal, gara gara nurunin penumpang di sepanjang jalan solo-jogja.. Bus sumber perpal di jogja dan ga jalan (perpal)… Bus sumber dan mira yg lain solidaritas juga ikut tidak jalan… Tadi siang sudah beres, besok sudah jadwal sudah normal…
    *info : grup fb

  3. adityaprad – Kroya,Cilacap,Jawa Tengah – Nama saya Aditya Pradana panggilan adit, lahir pada tanggal 07 Agustus 1995 di kabupaten Cilacap,Jawa Tengah. Saya membuat blog bertujuan untuk menambah pengetahuan,saya bekerja di bengkel sepeda motor di Kroya mulai juli 2013. Saya hanyalah blogger newbie yang butuh bimbingan dari kawan kawan blogger semua.
    adityaprad

Leave a Reply