Jejak Sejarah Bus Robur , Bus Kota Jakarta Zaman Presiden Soekarno

Bus Robur

Dear pembaca semua, setelah kemaren artikel jalan jalan mulu, maka kali ini awb kembali akan membahas cerita masa lalu, apalagi kalo bukan tentang mantan  bus , merk ini mungkin sangat asing di telinga kita, tapi siapa sangka ternyata bus ini pernah merajai jalanan ibu kota Jakarta pada masa rezim orde lama.

Well Robur sendiri  adalah merek bus dan truk yang berasal dari negara Jerman Timur, nama asli pabriknya adalah Volkseigener Betrieb VEB Robur-Werke Zittau, sanga sulit diucapkan oleh kita yang berlidah Indonesia 😆

Kedatangan Bus Robur di Indonesia sendiri simpang siur, ada yang mengatakan itu adalah bantuan luar negeri, ada juga yang mengatakan bus Robur didatangkan untuk kepentingan penyelenggaraan GANEFO pada tahun 1960 an

Bus Robur di Jalanan ibu Kota

Bus Robur mempunyai bentuk yang sangat unik, khas bus masa lalu dengan body penuh lengkungan,  layaknya roti yang sering kita makan 😆 . Bus ini banyak ada di Terminal Lapangan Banteng, Terminal Grogol dan Terminal Blok M, saat itu terminal Blok M masih dibelakang gedung Peruri berupa terminal kecil. Di masa Sukarno, Bus Robur banyak dinamai dengan jargon jargon revolusi seperti Bus Tavip (Tavip=Tahun Vivere Pericoloso, Tahun Menyerempet Bahaya).

Bus Robur sedang Mangkal di Lapangan Banteng
Ngetem bareng bus Dodge
Bus Robur melintas di Jalan Jend Sudirman pada Tahun 1970
Bus Robur dengan slogan TAVIP

Bus Robur yang masuk Indonesia bertipe Robur LO 2500, bus ini menggunakan mesin bensin yang bisa menghasilkan tenaga maksimal hingga 70 ps, sayang sekali karena sedikitnya literatur tidak diketahui berapa jumlah bus Robur yang beroperasi di Indonesia, selain di Jakarta bus ini pernah juga diperbantukan ke kota kota besar lain di Indonesia untuk sarana transportasi massal.

Brosur Bus Robur
Mesin Bensin Bus Robur
Chasis Bus Robur

Semua kendaraan ada masanya, begitu pula dengan bus Robur, setelah 20 tahun berkarya, maka pada tahun 80an bus ini mulai punah, tergeser metromini, dan PPD yang menggunakan Bus Mercy, apalagi pada tahun itu pemerinta Indonesia juga mendapat bantuan Jerman untuk peremajaan angkutan Kota, demikian sekelumit sejarah tentang bus ini, semoga menjadi pengetahuan bagi kita semua.

sumber :
Indonesia tempo dulu
Google
wikipedia

Iklan

7 thoughts on “Jejak Sejarah Bus Robur , Bus Kota Jakarta Zaman Presiden Soekarno

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s