Sejarah Bus Dodge , Warisan Amerika di Tanah Indonesia

Dodge D 500 milik Po OBL

Dear pembaca semua, ketertarikan awb akan bus bus merk amerika bermula dari cerita ayah awb ketika beliau awal merantau, naik bus dodge buatan amerika, bus nya masih berkursi kayu dengan harga karcis yang murah.

Sebelum kedatangan bus bus Jepang dan Jerman, pada zaman dahulu Bus Amerika lah yang mendominasi jalanan Indonesia, berbeda dengan bus bus sekarang yang menggunakan mesin diesel, bus amerika pada masa itu dominan menggunakan mesin bensin, Ada banyak bus parikan amerika yang beredar pada masa itu semuanya memakai moncong, sebut saja Dodge, GMC, Fargo, dan Chevrolet . Hingga kini moncing bus inlah yang membuat bus bus Amerika tetap terkenang.

Chasis Dodge

Dari semua merk yang beredar Dodge merupakan merk yang paling populer digunakan sebagai bus di Indonesia, baik sebagai bus kota maupun bus antarkota. Bus Dodge yang beredar di Indonesia kebanyakan adalah Dodge D500 dan Dodge D600 (chasis lebih panjang). Bus dodge dilengkapi dengan mesin bensin 6 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 140 hp, ada juga mesin versi V8 yang bertenaga hingga 180 hp .

Dimensi Chasis
Mesin Dodge

Kiprah bus Dodge di Indonesia juga tak lepas dari negara asalnya, saat itu pemerintah Amerika serikat pada 1952, menawarkan bantuan dalam paket program MSA (Mutual Security Act) di antaranya membantu usaha trasportasi angkutan kota yang melanjutkan warisaan BVM (Bataviasche Verkest Maatschappij). Puncaknya adalah tahun 1969 pada masa  Gubernur Ali Sadikin, saat itu Jakarta dapat hibah 2000 unit bus merek Dodge

Bus Kota Dodge di Jakarta
Bus Dodge di Terminal Kota

Dodge juga di rebrand oleh merk lain yaitu Fargo, yah sama lah seperti Hino Dutro di rebrand Toyota Dyna. namun fargo lebih populer untuk angkutan luar kota daripada dalam kota.

Chasis Bus Fargo sebelum dikaroseri
Bus Fargo

Seiring berkembangya zaman Bus Dodge pun mulai tersingkir dari jalanan, apalagi muncul chasis bus dari Mercy dan Hino yang lebih besar serrta lebih Efisien dengan menggunakan mesin Diesel, bandingkan dengan dodge yang menggunakan bensin dan berpasitas mesin tinggi . Era tahun 1980 an pun menjadi era terkahir bus Dodge menapaki aspal Indonesia. well demikian sekelumit info yang bisa awb susun semoga menambah pengetahuan kita semua , awb sangat gembira tentunya jika ada informasi tambahan dari pembaca semua agar artikel ini lebih lengkap 😀 ..

Hasil gambar untuk terminal blok m1973
Bud Dodge dan Bus mercy O321 di terminal Blok M 1973
Hasil gambar untuk terminal blok m1973
Bus Dodge dan Bus Tingkat Volvo di jalanan Jakarta tahun 1980an
Hasil gambar untuk bus dodge indonesia
Bus Dodge ex AURI yang sekarang menjadi Koleksi PO Sumber Alam
Hasil gambar untuk bus dodge indonesia
Bus Dodge OBL, Pintu di belakang
Gambar terkait
Bus Dodge milik Po Agung (Blora)
Gambar terkait
Bus Dodge milik PO YS, Jurusan Purwokerto Cilacap
Hasil gambar untuk dodge bus indonesia
Bus Dodge milik PO Muntilan

 

sumber:
www.safaridharmaraya.com
www.allpar.com
http://www.google.com
http://www.bismania.com
busnesia.com

 

Iklan

8 thoughts on “Sejarah Bus Dodge , Warisan Amerika di Tanah Indonesia

  1. Bisnya bikin baper ingat jaman kecil suka diajak naik bis itu kalau ke rumah Mbah Uti di Surabaya. Dan selalu saja…..mabuk! Wkwkwkwk

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s