Sejarah Bus Dodge , Warisan Amerika di Tanah Indonesia

Gambar terkait
Bus Dodge milik Po Agung (Blora)

awansan.com – Pembaca yang budiman , ketertarikan awansan akan bus dari Amerika adalah berawal dari cerita ayah, beliau bercerita ketika awal merantau tahun 70an dulu naik Bus Dodge milik Po Daya Temanggung, Bus tersebut masih mempunyai moncong dan kursinya juga masih menggunakan kayu, cerita itu masih terus terngiang hingga sekarang dan akhirnya baru terjawab sekarang setelah era internet .

Sebelum kedatangan bus bus Jepang dan Jerman, pada zaman tahun 50 -70an Bus Amerika lah yang mendominasi jalanan Indonesia, berbeda dengan bus bus sekarang yang menggunakan mesin diesel, bus Amerika pada masa itu dominan menggunakan mesin bensin yang terletak di depan sopir (normal control) jadi ada bonetnya.

Ada banyak bus pabrikan Amerika yang beredar pada masa itu, dan semuanya berbonet, sebut saja Dodge, GMC, Fargo, dan Chevrolet . Hingga kini bonet/moncong bus inilah yang membuat bus bus Amerika tetap terkenang.

Chasis Dodge

Dari semua merk bus Amerika yang beredar, Dodge merupakan merk yang paling populer digunakan sebagai bus di Indonesia, baik sebagai bus kota maupun bus antarkota.

Bus Dodge yang beredar di Indonesia kebanyakan adalah Dodge D500 dan Dodge D600 (chasis lebih panjang). Bus Dodge dilengkapi dengan mesin bensin 6 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 140 hp, ada juga mesin versi V8 yang bertenaga hingga 212 hp. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmsi manual 4 percepatan berkode NP435, sedangkan untuk gardan menggunakan type full flotaing lansiran eaton .

Dimensi Chasis
Mesin Dodge

Kiprah bus Dodge di Indonesia juga tak lepas dari negara asalnya, saat itu pemerintah Amerika serikat pada 1952, menawarkan bantuan dalam paket program MSA (Mutual Security Act) di antaranya membantu usaha trasportasi angkutan kota yang melanjutkan warisaan BVM (Bataviasche Verkest Maatschappij).

Puncaknya adalah tahun 1969 pada masa  Gubernur Ali Sadikin, Ketika USAID memberikan bantuan kredit untuk pengadaan bus kota . Dalam Tahap Pertama USAID mendatangkan 264 bus Dodge , dan secara bertahap terus bertambah hingga mencapai 4000 unit pada tahun 1974.

Namun USAID memberikan sejumlah syarat ketat bagi calon penerima bantuan kredit bus Dodge. Antara lain operator harus berbentuk badan hukum Perseroan Terbatas (PT). Dari puluhan operator bus swasta, tercatat 12 operator lolos seleksi. Mereka berhak menerima bus Dodge secara kredit.

Bus Kota Dodge di Jakarta

Dodge juga di rebrand oleh merk lain yaitu Fargo, yah sama lah seperti Hino Dutro di rebrand Toyota Dyna. namun fargo lebih populer untuk angkutan luar kota daripada dalam kota.

Seiring berkembangya zaman Bus Dodge pun mulai tersingkir dari jalanan, apalagi muncul chasis bus dari Mercy OF1113 dan Hino yang lebih besar serta lebih Efisien dengan menggunakan mesin Diesel, bandingkan dengan Dodge yang menggunakan bensin dan berkapasitas mesin besar .

Era tahun 1980 an pun menjadi era terkahir bus Dodge menapaki aspal Indonesia. well demikian sekelumit info yang bisa awb susun semoga menambah pengetahuan kita semua , awb sangat gembira tentunya jika ada informasi tambahan dari pembaca semua agar artikel ini lebih lengkap 😀 .

Hasil gambar untuk terminal blok m1973
Bus Dodge dan Bus Tingkat Volvo di jalanan Jakarta tahun 1980an

sumber:
www.safaridharmaraya.com
www.allpar.com
http://www.google.com
http://www.bismania.com
busnesia.com

Advertisements

17 comments

  1. Bisnya bikin baper ingat jaman kecil suka diajak naik bis itu kalau ke rumah Mbah Uti di Surabaya. Dan selalu saja…..mabuk! Wkwkwkwk

    Like

  2. Bus Sekolahku dulu di Pabrik Gula Jatiwangi di Jawa Barat…karoserinya buatan neglasari,…Dodge C 500…, lantainya kayu dilapis plat tipis.., suaranya halus lha wong bensin..wkwkw..pindah ke PG tersana baru bus sekolahnya keren,…pake Mercedes O 321 empuk krna suspensi depannya per keong…pintu pneumatic…heuhehu jaman yang sudah berlalu..hanya bisa mengenang

    Liked by 1 person

  3. tahun 85-88 bus Dodge masih beroperasi jurusan terminal Tirtonadi (Solo) – Matesih (Karanganyar). beberapa kali naik bis dari Papahan ini kalo kehabisan angkudes dr rumah simbah mau ke Palur. yang sy ingat bis ini kabin nya lebar tp pendek (mungkin versi C500 yang banyak di rute Matesih Solo)

    trus ada juga bis Sari Rejeki biasa dipakai untuk carter pelayat dr rumah duka ke pemakaman. tahun2 88-90an saya ingat masih ada bis ini jika ada warga kampung meninggal dan dimakamkan di Pracimaloyo

    seingat saya bis ini halus ga berisik tetapi seram *menurut pengamatan saya waktu itu sebagai anak penakut 🙂

    Like

  4. jaman gw bocah ini bus angkutan karyawan bappenas ampe awal 2000an di parkir di perempatan komp, neh bis kuat bener body nya tebel tanpa dempul, kaca depan tebal 2 lapis di tengahnya ada sejenis lapisan karet..seperti kaca anti pluru jaman sekarang..
    sebab biar benturan kuat cuma remuk gak jebol pas copot pun hampir bisa di gulung itu lembaran kaca depannya….
    jok penumpang pakai pegas dengan serat serabut tapas buah kelapa dianyam tanpa busa..
    sayang bis nya da di kiloin ma kantor….

    Like

    1. Terima kasih sudah berbagu pengalamannya, body jmn dulu mmg kuat kuat karena bahannya juga bagus, btw saya baru tahu kalau ada jok yg pakai serabut tapas kelapa 😂

      Like

      1. mungkin teknologi pada saat itu, karena rata – rata jok mobil pada masa itu selalu diisi dengan sabut kelapa dan pegas spiral, termasuk bangku si O 321 H

        Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.