17

Mengenal Toyota Buaya, Pioner Truk Toyota Di Indonesia

Toyota Buaya (source : machmud arga)

Dear pembaca semua, pada masa orde lama bisa dibilang Toyota merupakan merk pendatang baru di pasar kendaraan Komersial Indonesia, mengingat pada era tersebut  kebanyakan kendaraan yang beredar di Indonesia merupakan merk dari Eropa dan Amerika seperti Thames Trader, Ford, GMC, Chevrolet, Dodge, dan Fargo.

Pada tahun 1960 an Toyota Mulai masuk pasaran Indonesia, tidak diketahui importir pertamanya siapa karena saat itu tahun 1960an PT Toyota Astra Motor belum berdiri. besar kemungkinan via importir umum, karena pada waktu itu kendaraan Toyota yang masuk Indonesia sebagian besar untuk kepentingan militer, baik itu Jeep Land Cruiser FJ40 maupun truk Toyota DA.

Nama Asli Truk Toyota Buaya sebetulnya adalah Toyota A Series ( A 100), Untuk yang masuk Indonesia sendiri merupakan Toyota A Series Generasi kedua yang baru mulai diproduksi tahun 1964,

Namun Untuk pasar Indonesia, truk Toyota A series ini kemudian lebih populer disebut Toyota Buaya, karena kepala truk yang besar dan ketika kap mesin dibuka seperti buaya yang sedang menganga πŸ˜† .

toyotabuaya
Iklan Truk Toyota Buaya Generasi Pertama

Di Indonesia Toyota Buaya baru dipasarkan secara resmi oleh Astra Internasional sejak tahun 1969 hingga 1971 , baru kemudian setelah Toyota Astra Motor (TAM) Berdiri tahun 1971, pemasaran truk ini diambil alih oleh TAM hingga akhir masa edarnya pada tahun 1986.

Truk Toyota Buaya adalah model spesial bagi TAM, dibuktikan dgn dibangunnya fasilitas pembuatan suku cadang khusus A-Series di tahun 1973, yg sejak tahun 1975 sudah mampu mengekspor truk A-Series ini dalam bentuk terurai (SKD) ke bbrp negara, antara lain Australia dan Nigeria. 

Di Indonesia truk ini dipasarkan dalam berbagai varian, yang pertama masuk adalah Toyota FA100 (Bensin) dan Toyota DA100 (Diesel)

1. FA100
Mesin F, 3878cc, 130ps, 4MT, GVW 9 ton
> Banyak digunakan oleh instansi pemerintah

Pada tahun 1976 kemudiaan Toyota memberi facelift pada truk ini, untuk versi face lift ini Toyota Buaya warna standar kabin hijau lumut, lampu sein serupa milik TLC J40, serta grill dgn aksen 2 palang vertikal  , tidak hanya tampang namun mesin pun juga mendapat update dengan versi yang lebih bertenaga.

2. DA100 (DA6000)
Mesin 2D, 6494cc, 130ps, 5MT, GVW 11 ton

1.New DA110
Mesin 2D, 6494cc, 140ps, 5MT, GVW 11.5 ton

2. New DA110-H (Limited Edition)
Mesin 2D, 6494cc, 140ps, 5MT, GVW 12.8 ton

3. FA110 (FA5000)
Mesin F, 3878cc, 130ps, 4MT, GVW 10 ton
(pada bbrp iklan, tertera 145 HP (SAE)

Untuk truk DA Series (Diesel) , dibekali oleh toyota dengan mesin diesel D series, mesin diesel Inline 6 silinder berkapasitas 6494 cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimal cukup besar hingga 130 ps (DA100) dan kmudian bertambah menjadi 140 ps (DA110 dan DA110H), keunggulan lain adalah sistem pembakaran indirect Injection, sehingga tidak terlalu peka dengan kualitas solar.

Khusus untuk DA110H merupakan varian spesial khusus indonesia yang dilengkapi dengan rem AOH dan gardan dengan kapasitas yang lebih besar.

Sedangkan Untuk FA Series (bensin) , Mesin bensin yang digunakan merupakan bensin 6 silinder seri F andalan Toyota, yang juga dipakai oleh Toyota hardtop (Land crusier FJ40 ) , dengan kapasitas 3878cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 130 ps .

Toyota A-Series yg dijual di Indonesia hanya memiliki satu pilihan wheelbase (kode angka 0), yakni 4.1m yg saat itu bersaing dgn Isuzu TX, Nissan U780, dan Mercedes L911 yg sama2 memiliki format bodi normal control dgn wheelbase yg seukuran.

Namun ternyata sejarah membuktikan bahwa Truk Toyota Buaya lebih populer di Indonesia dibanding pesaing – pesaingnya, hal ini dikarenakan mesinnya yang bandel dan bertenaga besar, Letak roda yang berada jauh di depan membuat bantingan truk ini  termasuk nyaman jika dibandingkan truk COE (cab over engine).

Selain dalam versi truck, toyota buaya juga tersedia dalam versi bus , khusus untuk versi bus ini hanya dijual chasis + cowl depan saja untuk kemudian dikaroseri menjadi bus, Bus Toyota Buaya banyak digunakan untuk instansi pemerintah dan perusahaan untuk mengangkut karyawan, sedangkan untuk po swasta, salah satu yang sempat menggunakan bus Toyota Buaya adalah Po Safari Dharma Raya (OBL).

Meskipun berumur tua, Hingga saat ini masih bisa Toyota Buaya masih bisa dijumpai di beberapa daerah Indonesia, biasanya di pinggiran kota dan digunakan sebagai sebagai truk angkutan galian, bagi awb Truk Toyota buaya mah seperti Kijang β€œ Memang Tiada Duanya” πŸ˜† .

Source
http://www.toyota-global.com
google.com
bismania.com
serayamotor.com
FB ranger gia
Sejarah transportasi

Related image
Toyota FA milik Damkar
(Visited 566 times, 1 visits today)

awansan

17 Comments

  1. cen legendaris.. tapi aku njug mbayangke.. seboros opo iku truk bensin.. ibarate LC wae jare wis boros banget, iki ditambahi muatan sisan.. πŸ™„

    • wkwkwk aku yo gx iso bayangke kang, tapi emang jaman dulu pun truk rata rata bermesin bensin, belum banyak yang pake diesel, salah satu pelopor diesel masih Thames Trader dari Inggris

  2. Jadi baper lihat truknya. Inget mendiang Mbah kakung. Seingat saya Beliau dulu punya yang kayak gini. Atau lebih kecil ya? Lupa… πŸ™‚

  3. Di tempat saya masih banyak itu mas, merk toyota dan isuzu. Di pake buat nambang ke sungai karena posisi mesin yg tinggi, persis buaya kalo lagi jalan di air,hehe

    • iya d semarang yg bnyk mercy nonong/bagong.. kalo mau lihat truk classic lihat aja di pelabuhan mas , msh bnyk hehe

  4. Di padalarang,bandung , banyak sekali kang, bawa muatannya batu kapur.meskipun jalannya nanjak dan penuh tikungan tetep kuat.ada jg yg merk nissan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *