jump to navigation

Truk Toyota Buaya, Awal Mula Kepopuleran Toyota Di Indonesia 10 Juni 2016

Posted by awansan in Info.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

toyota buaya

Dear pembaca semua, pada masa orde lama bisa dibilang Toyota merupakan merk pendatang baru di pasar kendaraan Komersial Indonesia, saat itu kebanyakan kendaraan yang beredar di Indonesia merupakan merk merk dari Eropa dan Amerika seperti Thames Trader, Ford, GMC, Chevrolet, Dodge, dan Fargo.

Pada tahun 1960 an Toyota Mulai masuk pasaran Indonesia, tidak diketahui importir pertamanya siapa karena saat itu tahun 1960an PT Toyota Astra Motor belum berdiri. Disebut Buaya karena kepala truk yang besar dan ketika kap mesin dibuka seperti buaya yang lagi mangap 😆 .  awb sendiri baru tahu truk Toyota sudah masuk Indonesia  gara gara buku sejarah di sekolah, ada foto di buku ketika pasukan RPKAD naik Toyota Buaya dalam Rangka Penumpasan G 30 S PKI pada tahun 1965.
image

Nama Asli Toyota Buaya adalah Toyota DA ( Diesel ), dan Toyota FA ( Bensin), Toyota DA yang masuk ke Indonesia merupakan Toyota DA Generasi kedua yang dipasarkan secara resmi mulai bulan September 1964 dengan kode kendaraan Toyota DA 115C. Truk ini dipersenjatai leh dengan mesin diesel Inline 6 silinder berkapasitas 6494 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal cukup besar hingga 130 ps, keunggulan lain adalah sistem indirect Injection, sehingga tidak terlalu peka dengan kualitas solar.
image

Selain mesin Diesel, ada juga truk Toyota Buaya yang menggunakan mesin bensin dengan kode FA, seperti halnya Toyota DA, Toyota FA yang masuk Indonesia merupakan generasi kedua dengan Kode Toyota FA 100 , Mesin bensin yang digunakan merupakan bensin 6 silinder seri F andalan Toyota ( dipakai juga di land crusier ) , dengan kapasitas 3878cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 130 ps .

toyotabuaya

Iklan Truk Toyota Buaya

Meskipun berumur tua, Hingga saat ini masih bisa Toyota Buaya mash bisa dijumpai di beberapa daerah Indonesia, biasanya di pinggiran kota dan digunakan sebagai sebagai truk angkutan galian, bagi awb Truk Toyota buaya mah seperti Kijang “ Memang Tiada Duanya” 😆 .

dscn00411

toyota-da-8

img_1489_zps6a4cb803

Source
http://www.toyota-global.com
google.com
bismania.com
serayamotor.com

Iklan

Komentar»

1. nbsusanto - 10 Juni 2016

cen legendaris.. tapi aku njug mbayangke.. seboros opo iku truk bensin.. ibarate LC wae jare wis boros banget, iki ditambahi muatan sisan.. 🙄

Suka

awansan - 11 Juni 2016

wkwkwk aku yo gx iso bayangke kang, tapi emang jaman dulu pun truk rata rata bermesin bensin, belum banyak yang pake diesel, salah satu pelopor diesel masih Thames Trader dari Inggris

Suka

2. sebarkan.org - 10 Juni 2016
awansan - 11 Juni 2016

iya banyak yang sudah termakan usia, dan digantikan dengan yang lebih muda hehe

Disukai oleh 1 orang

sebarkan.org - 11 Juni 2016

Iya..regenerasi..hehe..

Suka

3. Dyah - 10 Juni 2016

Jadi baper lihat truknya. Inget mendiang Mbah kakung. Seingat saya Beliau dulu punya yang kayak gini. Atau lebih kecil ya? Lupa… 🙂

Disukai oleh 1 orang

awansan - 11 Juni 2016

wah ternyata mbahnya Bu Dyah ternyata pengusaha angkutan 😀

Suka

4. imotorium - 11 Juni 2016
awansan - 12 Juni 2016

masterpiece jerman tuh, seumuran sama toyota buaya, tapi yang mercy bagong masih bnyk beroperasi 😁

Suka

5. joe - 16 Juni 2016

Bus y juga ada y mas?apa chasis y sama?

Suka

6. ardiologi - 28 Juni 2016

banyak wara-wiri di padalarang nih truk buaya

Suka

7. hastagdije - 7 Juli 2016

Di tempat saya masih banyak itu mas, merk toyota dan isuzu. Di pake buat nambang ke sungai karena posisi mesin yg tinggi, persis buaya kalo lagi jalan di air,hehe

Suka

awansan - 11 Juli 2016

hihi makanya disebut buaya ya, tapi llh saya baru tahu kalo truk isuzu ada yg bermoncong jg, daerah mana mas ?

Disukai oleh 1 orang

hastagdije - 11 Juli 2016

Padang, Sumbar mas

Suka

8. dealer mobil honda semarang - 11 Juli 2016

di semarang sudah gak ada truck semacam itu, mayaoritas pakai truck hino atau fuso

Suka

awansan - 12 Juli 2016

iya d semarang yg bnyk mercy nonong/bagong.. kalo mau lihat truk classic lihat aja di pelabuhan mas , msh bnyk hehe

Suka

9. Emang - 18 November 2016

Di padalarang,bandung , banyak sekali kang, bawa muatannya batu kapur.meskipun jalannya nanjak dan penuh tikungan tetep kuat.ada jg yg merk nissan.

Suka

awansan - 21 November 2016

Hee yg nisaan jarang kelihatan tuh

Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Suka 4WD

All About 4 Wheel Drive

Hydroid's Blog

Just another WordPress.com site

A R T I K E L 📌 M A R L Y

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita

Banyak Jalan, Banyak Cerita | Catatan perjalanan seorang Bocah Ilang dari Jogja

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

"Menulis untuk keabadian"

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

%d blogger menyukai ini: