Truk Toyota Buaya, Awal Mula Kepopuleran Toyota Di Indonesia

 

Related image

Dear pembaca semua, pada masa orde lama bisa dibilang Toyota merupakan merk pendatang baru di pasar kendaraan Komersial Indonesia, mengingat pada era tersebut  kebanyakan kendaraan yang beredar di Indonesia merupakan merk dari Eropa dan Amerika seperti Thames Trader, Ford, GMC, Chevrolet, Dodge, dan Fargo.

Pada tahun 1960 an Toyota Mulai masuk pasaran Indonesia, tidak diketahui importir pertamanya siapa karena saat itu tahun 1960an PT Toyota Astra Motor belum berdiri. besar kemungkinan via importir umum, karena pada waktu itu kendaraan Toyota yang masuk Indonesia sebagian besar untuk kepentingan militer, baik itu Jeep Land Cruiser FJ40 maupun truk Toyota DA

awb sendiri baru tahu truk Toyota sudah masuk Indonesia  gara gara buku sejarah di sekolah ada foto di buku ketika pasukan RPKAD naik Toyota Buaya dalam Rangka Penumpasan G 30 S PKI pada tahun 1965.
image

Truk Toyota DA disebut Buaya karena kepala truk yang besar dan ketika kap mesin dibuka seperti buaya yang sedang menganga 😆 .

Nama Asli Toyota Buaya adalah Toyota DA ( Diesel ), dan Toyota FA ( Bensin), Toyota DA yang masuk ke Indonesia merupakan Toyota DA Generasi kedua yang dipasarkan secara resmi mulai bulan September 1964 dengan kode kendaraan Toyota DA 115C. Truk ini dipersenjatai leh dengan mesin diesel Inline 6 silinder berkapasitas 6494 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal cukup besar hingga 130 ps, keunggulan lain adalah sistem indirect Injection, sehingga tidak terlalu peka dengan kualitas solar.
image

Selain mesin Diesel, ada juga truk Toyota Buaya yang menggunakan mesin bensin dengan kode FA, seperti halnya Toyota DA, Toyota FA yang masuk Indonesia merupakan generasi kedua dengan Kode Toyota FA 100 , Mesin bensin yang digunakan merupakan bensin 6 silinder seri F andalan Toyota ( dipakai juga di land crusier ) , dengan kapasitas 3878cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 130 ps .

toyotabuaya

Iklan Truk Toyota Buaya

Truck ini mulai dipasarkan secara resmi oleh Astra muali tahun 1971, dan segera mendapat kepopuleran di Indonesia, karena mesinnya yang bandel dan bertenaga besar, bahkan untuk Indonesia tersedia versi upgrade dengan tenaga 155 dk. Letak roda yang berada jauh di depan membuat bantingan truk ini  termasuk nyaman jika dibandingkan truk COE (cab over engine),

Selain dalam versi truck, toyota buaya juga tersedia dalam versi bus , khusus untuk versi bus ini hanya dijual chasis + cowl depan saja untuk kemudian dikaroseri menjadi bus, Bus Toyota Buaya banyak digunakan untuk instansi pemerintah dan perusahaan untuk emngangkut karyawan, sedangkan untuk po swasta, salah satu yang menggunakan bus toyota buaya adalah po obl.

Toyota buaya masih dipasarkan di Indonesia hingga tahun 80an, baru kemudian digantikan oleh Toyota Dyna sebagai penerusnya .

Meskipun berumur tua, Hingga saat ini masih bisa Toyota Buaya masih bisa dijumpai di beberapa daerah Indonesia, biasanya di pinggiran kota dan digunakan sebagai sebagai truk angkutan galian, bagi awb Truk Toyota buaya mah seperti Kijang “ Memang Tiada Duanya” 😆 .

 

 

 

Source
http://www.toyota-global.com
google.com
bismania.com
serayamotor.com

Related image

Advertisements

18 comments

    1. wkwkwk aku yo gx iso bayangke kang, tapi emang jaman dulu pun truk rata rata bermesin bensin, belum banyak yang pake diesel, salah satu pelopor diesel masih Thames Trader dari Inggris

      Like

  1. Di tempat saya masih banyak itu mas, merk toyota dan isuzu. Di pake buat nambang ke sungai karena posisi mesin yg tinggi, persis buaya kalo lagi jalan di air,hehe

    Like

  2. Di padalarang,bandung , banyak sekali kang, bawa muatannya batu kapur.meskipun jalannya nanjak dan penuh tikungan tetep kuat.ada jg yg merk nissan.

    Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.