jump to navigation

DAMRI Perintis, Bus Andalan di Daerah Pedalaman Indonesia 29 Juni 2016

Posted by awansan in Bus dan Truck, Info.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback
jalan-papua-660x330

DAMRI Perintis di Papua

Dear pembaca semua, transportasi merupakan salah satu aspek penting dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat, bagi masyarakat kota tentunya bukan masalah karena terdapat berbagai macam pilihan kendaraan, tapi bagaimana dengan masyarakat daerah pedalaman ?, hmm selama ini transportasi merupakan salah satu masalah terbesar mereka, bukan hanya masalah jarak saja, tapi juga masalah infrastruktur sarana prasarana transportasi yang ada.

Bus Lewat Tengah Kebun

Angkutan Perintis adalah angkutan yang melayani daerah-daerah terisolir sebagai angkutan perintis, dimana di daerah tersebut tidak tersedia sarana angkutan yang memadai dengan tarif yang terjangkau. maka DAMRI menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam rangka menyediakan angkutan kepada seluruh masyarakat pedalaman.

screenshot_2016-06-28-08-06-06_com.instagram.android_1467076593399.jpg

Bus Berenang

Damri perintis Ambon

Sebagai kendaraan perintis, adakalanya bus harus melalui jalan jalan yang bukan habitatnya, kebayang kan kalo bus yang hanya berpenggerak belakang harus offroad melewati jalan berlumpur dalam, tanjakan licin, menyeberangi sungai dan bermacam jalan ekstrim lainnya, jadi jangan heran kalo lihat bumper depan belakang bus perintis ini copot, meskipun begitu damri tetap beroperasi demi melayani masyarakat.

Bus Damri menghadapi medan Ganas

Armada damri perintis sebagian besar adalah medium bus dengan chasis Hino dan Hyundai, Ukuran ini dianggap paling pas dengan ketersediaan jalan yang ada, tapi tetap cukup besar untuk membawa orang dan barang.

Ambon Lagi 

Kantor Cabang Perum DAMRI yang melayani Angkutan Perintis antara lain: Banda Aceh, Medan, Padang, Jambi, Bengkulu, Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Mataram, Kupang, Ende, Waingapu, Kefamenanu, Mamuju, Kendari, Palu, Jayapura, Sorong, Serui, Biak, Nabire, Mimika, Manokwari, Marauke, Ambon, Halmahera, Gorontalo, dan Manado.

Tak ada jalan, sungai pun jadi

Damri kalimantan

saya yakin angkutan di pedalaman seperti ini tidaklah terlalu menguntungkan, bahkan mungkin rugi, karena tingginya ongkos bahan bakar dan juga spare part karena intensitas jalan yang dilalui, maka disinilah terletak ” Dedikasi DAMRI Untuk Indonesia”, salut untuk Damri  . Saran awb sih untuk angkutan perintis kedepannya bukan menggunakan bus biasa, mungkin pemerintah bisa menganggarkan manhauler sebagai angkutan perintis, biar makin sakti terabas medan berat.

Semoga angkutan perintis besok pake manhauler kayak gini, biar makin joss tembus medan berat.

FOTO FOTO BUS PERINTIS ………

Damri Perintis Pelabuhan Ratu

Damri Merauke

Damri Perintis Pesisir Selatan Jawa Barat

Bus Hyundai Offroad

Damri Papua

Damri perintis Kalimantan

.

source:
google.com
damri.co.id
ig pecinta damri

Iklan

Komentar»

1. nbsusanto - 29 Juni 2016

woh kali ne dadi dalan.. damri bumn, yo memang seharusnya sesuai canangan kementerian saiki, bumn untuk negeri.. hahaha

Suka

awansan - 29 Juni 2016

bumn untuk negeri, kalo rugi jangan lupa subsidi 😅

Suka

2. annisahavni - 29 Juni 2016

Ya ampun keren banget itu Damri-nya bisa berenang, semacam kendaraan Amphibi gitu ya 😆😆😆

Suka

awansan - 29 Juni 2016

bwihihi kepaksa berenang diaa 😂😂

Suka

3. Dyah - 29 Juni 2016

Banjarmasin ada juga ya? Iya sih untuk ke muara teweh atau buntok kadang orang muter lewat kalteng padahal keduanya masih di kalsel. Jalannya susah pang. Keberadaannya bisa jadi sangat membantu. Apalagi setahu saya sebagian jalan trans Kalimantan itu belum bagus.

Suka

awansan - 29 Juni 2016

ada juga bu di Banjarmasin 😀 , waduhparah bgt ya bu jalannya ? sampe harus muter kewat provinsi sebelah

Suka

Dhani - 29 Juni 2016

Muara Teweh dan Buntok masuk Kalteng bu, coba cek peta lg…

Suka

Dyah - 29 Juni 2016

Maaf mas, maklumi saja bukan asli kalsel

Suka

imotorium - 1 Juli 2016

teweh lewat kaltim bisa via kubar

Suka

4. ardyan - 29 Juni 2016

Di jember, jatim juga ada angkutan perintis damri, tp kagak berani lewat jalan macam di kalimantan tu

Suka

awansan - 29 Juni 2016

kalo jalan di jawa masih agak mending, jember yg damri perintis jurusan mana mas ?

Suka

5. winnymarlina - 29 Juni 2016

salut ama damri ini

Suka

awansan - 29 Juni 2016

iya mbak, salut dengan mereka yg merintis transpotasi bagi masyarakat

Suka

6. Wahyu Surya - 29 Juni 2016

Sedih saya lihat damri seperti itu. Ak jg baru tau, di Jawa barat ada damri perintis

Suka

awansan - 29 Juni 2016

damri perintis beroperasi di jawa barat bagian selatan om 😅, disana kan masih bnyk daerah yg terisolir dan tanpa angkutan umum, salah satu rutenya pangandaran-cianjur, ada juga yg sampe pelabuhan ratu.

Suka

Wahyu Surya - 29 Juni 2016

Oh iya iya, ini sih daerah pesisir selatan.
Bener2 disana infrastructure nya kurang begitu bagus

Suka

7. pujo - 29 Juni 2016

mengharukan…

Suka

awansan - 29 Juni 2016

yup perjuangan melayani masyarkat ?

Suka

8. tho - 29 Juni 2016

Kalo aja ban diganti semi ofroad seperti punya truk pengangkut batubara atau kayu, trus dilengkapi winch depan belakang. Kayaknya lebih berguna

Suka

awansan - 1 Juli 2016

kalo ganti ban mungkin masih bisa ya, hla kalo winch, kayaknya ini yg berat, dananya
, rata rata bus perintis merupakan bantuan langsung dari dishub pusat, dengan karoseri standar untuk bus, damri tinggal ngoperasiin sama rawat .. bus itu berat lho, nah kalo winch yang sesuai berat bus, mesti hargane mahal
,
dan mana ada bus pake winch 😅, sementara andalannya adalah tali sling baja

Suka

9. joe - 30 Juni 2016

mantap damrinya offroad,salut juga buat pak sopir y, tempat kerjaku juga bikin manhauler, tapi yg besar chasis Hino, Scania n Beiben.

Suka

awansan - 1 Juli 2016

iya bawa bus d jalur kayak gt juga skill tinggi 😁, btw kerja di karoseri mana mas ?, boleh dong info info 😅

Manhauler chasis hino saya masih jarang lihat, pake Hino ranger kah base nya ?

Suka

10. Tjile - 1 Juli 2016

ijin Share Mas…artikelnya keren..betul selatan Jabar jalannya terisolir..

Suka

awansan - 1 Juli 2016

monggo, silahkan 😁

Suka

11. kebomandi - 1 Juli 2016

saluuut banget..

Suka

12. omnduut - 1 Juli 2016

Luar biasa perjuangan Damri perintis dalam menghadapi kubangan lumpur. Ya ampuuun

Suka

13. imotorium - 1 Juli 2016
14. alrisblog - 4 Juli 2016

Semoga manhauler ini diadakan untuk daerah perintis yang medannya kayak offroad itu, 🙂
Salut untuk Damri yang mau bekorban untuk angkutan anak negeri.

Suka

15. kredit mobil honda semarang - 11 Juli 2016

ehh busett . .. . jalan berlumpurnya super parah

Suka

awansan - 12 Juli 2016

realita jalan bagi rute rute perintiss 😭

Suka

16. RGDVS - 5 Agustus 2016

di Sumatera sendiri selain Damri ada juga operator bus swasta yang masuk ke pedalaman mas, yang seperti ini lebih banyak dijumpai di Riau… tidak sampai berenang-berenang memang tapi unik saja melihat bus elektrik sekelas OH1526 atau OH1626 offroad hehehe

btw foto bus Damri yang didorong dari belakang kalau tidak salah daerah transmigran Sungai Bahar Jambi

Suka

awansan - 5 Agustus 2016

wah ini yg belum pernah saya lihat, mungkin busa share foto fotonya gt mas, lihat mercy elektrik pada offroad 😂😂

Suka

17. Ridha Adriafman - 12 Mei 2017

Assalamu Alaikum…..

mohon tindak lanjut untuk Damri Perintis Sulawesi Selatan… khusus Angkutan Perintis Perum Damri Sinjai-Makassar yang menyalahi tujuan… angkutan damri perintis rute Sinjai-Makassar melewati jalur Camba sangat meresahkan dan mengurangi pendapatan sopir angkutan Sinjai-Makassar.

Suka

18. Video Bus Overload di Medan Extreme, Ngeri Ngeri Sedap Lihatnya | AWANSAN - 9 Agustus 2017

[…] awb, beberapa waktu lalu awb pernah mempositing tentang perjuangan Bus Damri Perintis,  yang harus menembus pedalaman Indonesia dengan medan medan yang begitu ekstrim, bahkan kadang […]

Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

otojurnal's Blog

Roda Ikhtiar, ( Wheels effort)

Military In the Middle East

The blog of ME military hardware afficionados

Zurrahmah El Sayf

Bertualanglah, engkau pasti akan menemukan pengganti yang engkau tinggalkan ( IMAM SYAFI'E)

My BrownDesk

Where I can think about everything freely

otomotif dan herbal

semoga bermanfaat

LASKAR SUZUKI INDONESIA

Suzuki Motor Indonesia

Old Machine Press

New Memories of Old Machines

Maraza's Diary

Emak-emak Punya Cerita

OngolOngol.com

Maju mundur kena

Ran When Parked

Interesting Automobiles

Love 4x4

All About 4 Wheel Drive

Hydroid's Blog

Just another WordPress.com site

A R T I K E L 📌 M A R L Y

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita.com

Banyak jalan, banyak cerita

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

%d blogger menyukai ini: