Mengenal Bus DAMRI Perintis, Bus Andalan di Daerah Pedalaman Indonesia

jalan-papua-660x330

DAMRI Perintis di Papua

awansan.com – Dear pembaca semua, transportasi merupakan salah satu aspek penting dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat, bagi masyarakat kota tentunya bukan masalah karena terdapat berbagai macam pilihan kendaraan, tapi bagaimana dengan masyarakat daerah pedalaman ?, hmm selama ini transportasi merupakan salah satu masalah terbesar mereka, bukan hanya masalah jarak saja, tapi juga masalah infrastruktur sarana prasarana transportasi yang ada.

Bus Lewat Tengah Kebun

Untuk itulah kemudian dibuat angkutan perintis, Angkutan Perintis adalah angkutan yang melayani daerah-daerah terisolir dimana di daerah tersebut tidak tersedia sarana angkutan yang memadai dengan tarif yang terjangkau. maka DAMRI menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam rangka menyediakan angkutan kepada seluruh masyarakat pedalaman.

screenshot_2016-06-28-08-06-06_com.instagram.android_1467076593399.jpg

Bus Berenang

Sebagai kendaraan perintis, adakalanya bus harus melalui jalan jalan yang bukan habitatnya, kebayang kan kalo bus yang hanya berpenggerak belakang harus offroad melewati jalan berlumpur dalam, tanjakan licin, menyeberangi sungai dan bermacam jalan ekstrim lainnya, jadi jangan heran kalo lihat bumper depan belakang bus perintis ini copot, meskipun begitu damri tetap beroperasi demi melayani masyarakat.

Bus Damri menghadapi medan Ganas

Armada damri perintis sebagian besar adalah medium bus dengan chasis Hino dan Hyundai, Ukuran ini dianggap paling pas dengan ketersediaan jalan yang ada, tapi tetap cukup besar untuk membawa orang dan barang.

Ambon Lagi

Kantor Cabang Perum DAMRI yang melayani Angkutan Perintis antara lain: Banda Aceh, Medan, Padang, Jambi, Bengkulu, Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Mataram, Kupang, Ende, Waingapu, Kefamenanu, Mamuju, Kendari, Palu, Jayapura, Sorong, Serui, Biak, Nabire, Mimika, Manokwari, Marauke, Ambon, Halmahera, Gorontalo, dan Manado.

Tak ada jalan, sungai pun jadi

Damri kalimantan

saya yakin angkutan di pedalaman seperti ini tidaklah terlalu menguntungkan, bahkan mungkin rugi, karena tingginya ongkos bahan bakar dan juga spare part karena intensitas jalan yang dilalui, maka disinilah terletak ” Dedikasi DAMRI Untuk Indonesia”, salut untuk Damri  . Saran awb sih untuk angkutan perintis kedepannya bukan menggunakan bus biasa, mungkin pemerintah bisa menganggarkan manhauler sebagai angkutan perintis, biar makin sakti terabas medan berat.

Semoga angkutan perintis besok pake manhauler kayak gini, biar makin joss tembus medan berat.

FOTO FOTO BUS PERINTIS ………

Damri Perintis Pelabuhan Ratu

Damri Perintis Pesisir Selatan Jawa Barat

Bus Hyundai Offroad

Damri Papua

Damri perintis Kalimantan

.

source:
google.com
damri.co.id
ig pecinta damri

(Visited 170 times, 2 visits today)

24 comments

  1. Banjarmasin ada juga ya? Iya sih untuk ke muara teweh atau buntok kadang orang muter lewat kalteng padahal keduanya masih di kalsel. Jalannya susah pang. Keberadaannya bisa jadi sangat membantu. Apalagi setahu saya sebagian jalan trans Kalimantan itu belum bagus.

  2. Di jember, jatim juga ada angkutan perintis damri, tp kagak berani lewat jalan macam di kalimantan tu

  3. Kalo aja ban diganti semi ofroad seperti punya truk pengangkut batubara atau kayu, trus dilengkapi winch depan belakang. Kayaknya lebih berguna

  4. mantap damrinya offroad,salut juga buat pak sopir y, tempat kerjaku juga bikin manhauler, tapi yg besar chasis Hino, Scania n Beiben.

  5. Semoga manhauler ini diadakan untuk daerah perintis yang medannya kayak offroad itu, 🙂
    Salut untuk Damri yang mau bekorban untuk angkutan anak negeri.

  6. di Sumatera sendiri selain Damri ada juga operator bus swasta yang masuk ke pedalaman mas, yang seperti ini lebih banyak dijumpai di Riau… tidak sampai berenang-berenang memang tapi unik saja melihat bus elektrik sekelas OH1526 atau OH1626 offroad hehehe

    btw foto bus Damri yang didorong dari belakang kalau tidak salah daerah transmigran Sungai Bahar Jambi

  7. Assalamu Alaikum…..

    mohon tindak lanjut untuk Damri Perintis Sulawesi Selatan… khusus Angkutan Perintis Perum Damri Sinjai-Makassar yang menyalahi tujuan… angkutan damri perintis rute Sinjai-Makassar melewati jalur Camba sangat meresahkan dan mengurangi pendapatan sopir angkutan Sinjai-Makassar.

Leave a Reply