30

Turun Mesin Supra X 125 , Oversize Piston dan Ganti Stang Seher

Supra X 125 Turun Mesin

awansan.com – Sobat awansan, beberapa waktu lalu bos awansan mengeluhkan motornya yang bersuara berisik dari arah mesin, sempat nggak percaya karena kemarin baru awansan pakai baik baik saja, hmm akhirnya awansan coba sendiri, dan benar saja suaranya mesinnya sadis broo, terdengar suara “tek.. tekk..tek” dan “klok..klok.. ” bersamaan dari arah silinder dan crankcase, sempet curiga nih motor kehabisan oli, tapi setelah di cek, ternyata oli masih di batas normal .

Well akhirnya awansan bawa ke bengkel langganan , setelah diperiksa motor divonis harus turun mesin dengan diagnosa stang sehernya sudah kena, byadalaaaa.. setelah dapet persetujuan boss maka mesin pun diturunkan dan dibelah.

Mesin dibelah

Pas dibelah ketahuan juga penyakit lainnya, ternyata pistonnya juga sudah oblak, harus di oversizee supaya rapet kembali.. kepalang tanggung akhirnya diganti juga. tak lupa kepala silinder yang penuh dengan kerak juga sekalian dibersihin .

seher lama, kerak super tebal

nah, tuh keliatan seher lamanya, keraknya tebell bangeet, padahal bos awb sering pake pertalite lhoo, bukan premium.. proses turun mesin cukup lama hampir dua hari karena ada kesalahan korter yang terlalu halus, sehingga harus diulang. akibat korter gagal ini jugalah oversizenya langsung nambah ukurannya menggunakan 100 👿 .

seher baru oversize 100

Well well, akhirnya seher baru bisa bertengger manis di dalam liner, oh iya karena seher oversize 100, kapasitas Supra X 125 pun terdongkrak hingga 130 cc wwkwkk. Setelah semua selesai , mesin pun kembali dirakit, impresi pertama setelah motor keluar bengkel adalah mesinnya haluss dan tarikannya juga tambah galak , waikii joss gandoss pokokee,

untuk biaya terlampir di bawah ini ya 😀 ..

Total Biaya 
(Visited 516 times, 1 visits today)

awansan

30 Comments

  1. Itu Supra X kelahiran tahun berapa Mas? Diatas 2005?

    Lho mas, bukannya pertalite itu baru aja? Sebelumnya pakai premium atau pertamax? Soalnya kata Pak Suami kalau sering gonta ganti oktan bahan bakarnya bisa soak juga mesinnya. Bener ga?

    Saya udah jatuh cinta ama pertamax. Tarikan mesin enak, halus juga suaranya terus kan sekarang lumayan murah juga.

  2. Sejujurnya aku ga ngerti sama sekali ini kak walau di baca duakali haha. Tapi melotot liat total pembayaranya hihi

  3. Hsx ku thn 2005 baru bongkar mesin kemarin ganti stang seher aspira,laher stang federal,piston kit ori,as gear ori,dll habis 770rb

  4. mksd nya oversized itu proses untuk ap sih & apakah harus dilakukan jika mesin ingin kembali normal? Hasil oversized kan cc mesin jd bertambah nah apakah jika ingin tetap dalam keadaan cc standard tidak bisa dilakukan sehingga hrus oversized. Saya msh blm paham knp harus oversized mesinnya. mksh

    • oversize itu pembesaran ukuran piston, tergantung yang rusak dimana mas ?, kalo memang piston/seher udah kena ya harus ganti

  5. 2 teman sya pake supraX125, ko keduanya bunyinya sama ada suara klok-klok-klok dari mesin

  6. Mas motor supra x 125 saya kok bunyi tek tek tek.
    Dibagian belakang itu udh pernah saya tanyain dlu ke bengkel dan katanya itu harus ganti gear karena udh gerang tp saya blm percaya.
    Apa adaa hubungannya harus dgn turun mesin ? / Harus ganti Jeroannya

  7. Oversize itu piston nya ganti, apa muat? apa itu udh diperbesar dulu lubangnya ya? Maaf ane gak paham masalah mesin.

  8. Maaf mas… pengen sharing, kmren motor saya dah turun mesin, motor saya supra X 125 mas,semua komponen vitaly dah pd dituker, piston, kruk as, klahar, rantai teming. sesudah turun mesin ketika rpm nya tinggi kok mesinya keras bnget y mas getaranya kyaky lbih gede suaray dr suara knlpot, kyak ad suara gtu. Kira2 suara ap tu ya mas, klau trikannya tidak ad masalah mas, apa piston or kruk as nya yg bermasalh kmbli ya mas, pdahal dr turun mesin belum smpe 1000 km mas. Trims mas

    • Harusnya kalau habis turun mesin inreyen dulu mas, baru kemudian bisa digaspol rpm tinggi, getaran bisa jadi karena kruk as yg kurang balance, atau piston yang masih dlm masa penyesuaian .. coba dipakai sampai 1000-1500 km, kalau masih spt itu bongkar lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *