PO Sempati Star Double Decker.. Pelopor Bus Tingkat Antar Propinsi di Indonesia

Dear pembaca semua, bus tingkat (double decker)  bukanlah  barang baru di jalanan Indonesia, bus tingkat  sudah ada sejak zaman orde lama dan orde baru, marak pada medio 1980an hingga akhirnya punah ketika dihantam krismon tahun 1997..untuk lihat beberapa ulasannya bisa dilihat disini dan disini 😉😉.. well selama ini bus tingkat lebih banyak digunakan untuk operasional bus dalam kota yang notabene konturnya rata dan sarana prasaran jalan yang sudah baik.. belum ada  yang menggunakan bus tingkat untuk angkutan antar kota, baik akdp maupun akap..

Adalah Po Sempati Star salah satu Po terkenal dari Aceh yang mempelopori penggunaan Bus Tingkat untuk rute luar kota, tak tanggung tanggung rute yang ditempuh adalah Medan-Bandan Aceh sejauh hampir 600 km, benar benar langkah berani dari Po Sempati Star..  Line perdana sempati star double decker adalah pada tanggal 30 Desember 2015.. Uniknya lagi terdapat dua kelas dalam bus ini.

Kelas pertama adalah kelas “First Class” yang berharga 430rb rupiah, first class terdapat di deck bawah bus dan dilengkapi dengan minibar, toilet dan audio video .. sedangkann di lantai dua adalah kelas vip dengan harga 250rb .. semua kursi ada monitor tersendiri dan tentunya recleaning set nyamann ..

Semua bus double decker sempati star di buat dikaroseri Adiputro Malang, dengan menggunakan  chasis top of the line dari pabrikan terkenal benua eropa apalagi kalo bukan Scania K410 dan Mercedes Benz OC 500 RF 2542.. kedua chasis tersebut sudah dilangkapi dengan air suspension dan stabilizer terbaik, sehingga mampu meredam guncangan dengan baik serta mampu membuat bus stabil ketika di jalanan luar kota.. Muntahan tenaga dari kedua chasis tersebut juga diatas 400 hp, lebih dari cukup untuk membawa bus double decker ini berlari kencang..

Well demikian sekelumit artikel ttg bus double decker sempati star, revisi dan masukan dari pembaca are welcome 😉😉..

credit image : bissumatera, google, sempatistar_official


32 thoughts on “PO Sempati Star Double Decker.. Pelopor Bus Tingkat Antar Propinsi di Indonesia

  1. Sayang nggak tinggal di Aceh jadi nggak bisa ngerasin sensasinya.

    Soal karoseri, kayaknya Adiputro emang udah jagonya ya mas. Seingat saya nggak cuma bus aja, mobil Suzuki pun ada yang karoserinya Adiputro. Dulu. Entah sekarang

    Like

    1. betul memang adiputro bikin karoseri mobil kecil jugaa 😁😁.. kalo buat kalimantan kayaknya masih jauh, mengingat infrastruktur jalannya 😅

      Like

  2. Kalo saya jadi orang aceh, saya bangga banget pasti #lah haha tapi bener lho mas sempati star itu keren bangeet. Berharap bis di jawa terutama bis muria-an bisa ngikutin jejak sempati star. Bersyukur bbrp PO bisa beli SHD dan jetliner haha. Semoga taun depan double decker beredar di jawa haha

    Like

  3. Efisiensi kayaknya pernah meluncurkan bus tingkat serupa untuk rute jogja purwokerto kalah ga salah.
    hmm menarik dicoba juga dan pilih duduk di bagian atas..
    gimana rasanya pas nyelip2 pasti sensasinya beda xixixi

    Like

  4. Nunggu Harjay pakai bis Double Decker, lek ke TA liwat ponorogo piye sensasine ya? hehehehe dag dig dug serrrrr…

    Like

      1. jangan salah … jalur masuk ke kota banda aceh sendiri harus melewati gunung seulawah..naik turun meliuk2.. mirip ke puncak… kalau jalur yg di alas roban seh blm seberapa…. xixi kbtulan wong tegal yg domisili aceh ini… biasa naik bis ini..

        Like

      1. Iya sih repot spare Part nya, tapi ada untungnya juga klo sempati Star beli MAN. Denger-denger sih Tenaga MAN R37 lebih Gede dari MB OC 500 RF 2542 sama Scania K 410IB, yaitu 460 HP!!!
        wuuiss gede tenannn….😁😂

        Like

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.