29

Mengenal Hino RK8 , Chasis Big Bus Terlaris di Indonesia

Chasis Hino RK8 milik Po EKA

awansan.com – Hino merupakan salah satu pemain lama di segmen bus chasis Indonesia, dan setelah sekian lama bersaing ketat dengan Mercedes-Benz, kini Hino berhasil menjadi market leader chasis big bus di Indonesia, baik itu untuk segmen big bus rear engine maupun big bus front engine.

Hino menawarkan harga chasis bus yang relatif lebih murah dibanding Mercedes -Benz , namun dengan produk yang tetap bandel dan berkualitas, Image lain dari Bus Hino adalah dikenal sebagai bus pelari, dan memang harus diakui bus Hino termasuk kuat disiksa untuk berlari kencang, baik seri Hino AK  maupun Hino RK.

Baca Juga, Serial Bus Hino Mesin Depan :

Sejarah Hino AK Series, Legenda Bus Bumel di Indonesia

Mengenal Hino AK8 215 , Chasis Bus Entry Level Yang handal

Mengenal Hino BM dan Hino BT , Pelopor Bus Hino di Indonesia

Mengenal Hino BX , Chasis Bus Andalan Hino era 70 -80an

Salah satu bus Hino yang legendaris dalam hal kecepatan adalah seri Hino RG , well semua mengakui bus ini emang kuencengg tenan kalo di jalan datar/lurus, namun seiring ketatnya persaingan akhirnya Hino RG pun disuntik mati oleh Hino Indonesia.

Sebagai gantinya dikeluarkan Seri Hino RK8 yang merupakan penyempurna dari chasis pendahulunya, beberapa penyempurnaan penting dari RK8 adalah penggunaan rem full air brake, mesin yang lebih bertenaga dan juga suspensi leaf spring yang lebih soft.

Dalam dunia perbisan Hino RK8 juga sering dinamai RK Jess, Pada awalnya Hino RK8 diluncurkan dalam dua versi yaitu R235 dan R260, tetapi melihat perkembangan pasar ternyata Hino RK8 R260 lah yang bertahan.

Chasis Hino RK8 milik Po Sugeng Rahayu (Sumber Group)

Untuk sektor dapur pacu, Hino RK8 ditenagai oleh mesin Diesel 6 silinder berkode J08E-UF, berkapasitas 7684cc dan dilengkapi dengan turbo intercooler, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 260 ps dan torsi maksimal 750 nm, di atas kertas memang sedikit dibawah rival terdekatnya yaitu Mercedes Benz OH 1526. Tapi ketika di jalanan Hino RK8 tetap saja menjadi salah satu bus pelari yang di segani.

Tak salah juga jika chasis ini kemudian menjadi chasis andalan bagibanyak bus yang terkenal banter alis jet darat, sebut saja duo jet darat dari Jawa Timur Po Eka dan Po Sumber group, Haryanto, STJ dan banyak lagi po po lain yang menggunakan chasis ini sebagai armada anadalan mereka.

Bagi awansan hal yang paling inovatif dari Hino RK8 terletak di sektor suspensi, karena mempunyai suspensi yang lebih soft dibandingkan generasi – generasi RK sebelumnya, well tentunya hal ini sangat berpengaruh bagi kenyamanan penumpang,  bahkan bagi bokong awansan yang maniak mercy pun ternyata bisa menerima mental mentulnya bus ini 😂, walau belum bisa ngalahin mentulnya OH 1518 King atau OH 1521 😁😁.. menurut awansan lhoo,  kalo punya pendapat lain juga bebass.  tiap bokong orang punya selera  masing masing.

Hino RK8 mudah dikenali dari dashboardnya, nampak speedometeer Khas Hino RK yang dilengkapi tachometer, kemudian terletak Handbrake di sebelah kanannya.. pun dengan kemudi yang bentuknya lebih manis, tidak sekaku generasi sebelumnya.

Dengan perpaduan mesin yang bandel dan soft suspension maka tak heran apabila bus ini kemudian laris manis di pasaran Indonesia baik untuk bus kota, bus antarkota maupun bus wisata, Bahkan di sektor wisata yang pada tren awalnya banyak menggunaan armada bus Mercedes-Benz kini sudah mulai digeser oleh Hino RK .

Well demikian sekelumit informasi tentang Hino RK8, masukan/revisi dari pembaca are welcomee 😉, apabila pembaca punya pengalaman dengan Chasis bus ini, yuk mari diskusi di kolom komentar 😁 .

credit photo : google, instagram, laju prima official,bimaheryanto, hengky buitenzorg, pecinta damri, sukafotobis, egirahmawan

Bus Pariwisata berchasis Hino RK8 milik Po Subur Jaya

Baca Juga, Serial Bus Hino Mesin Belakang :

Mengenal Bus Hino RK 174 dan RK 176 , Bus Hino Rear Eengine Pertama di Indonesia

Mengenal Hino RK Turbo, Generasi Kedua Bus Rear Engine Hino di Indonesia

Mengenal Bus Hino RG , Chasis Bus Pembalap Dari Hino

Mengenal Bus Hino RK8 , Bus Terlaris Hino Indonesia

Bus Hino RK1JSNL , Matic dan Nggak Pakai Solar !!!

Mengenal Hino RN 285 , Bus Berfitur Air Suspension Pertama dari Hino

Hino RN 285 Automatic, Chasis Matic Menyambut Era Tol Trans Jawa

Mengenal Hino RM 380 , Chasis Bus Premium Terbaru di Indonesia

Spesifikasi Hino RK8 R260

Hino RK8 R260
ModelR260 (J08E-UF)
TipeDiesel 4 Stroke; 6 silinder inline turbocharger intercooler
Tenaga Maks (PS/rpm)260 / 2500
Isi Silinder7684 cc
Max Torque750nm @ 1500
Standard EmisiEuro II
KoplingSingle Dry Plate, with Coil Spring
TransmisiManual 6 tingkat percepatan
Oli Mesin12,7 liter
Jarak Sumbu roda6000mm
Panjang Total11270mm
Total Lebar2440mm
Lebar Jejak Depan FR Tr2040mm
Lebar jejak Belakang RR Tr1840mm
Julur Depan FPH2200mm
Julur Belakang ROH3070mm
Ban dan Velg10.00-20-14PR dan 20X7.00T-162
TipeIntegral Power Steering
Radius Putar9.2
TipeRigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring
Rem UtamaFull Air,with Two Circuit
Rem ParkirSpring Brake
Rem MesinWith On Exhaust Pipe
GVWR14,2 ton
Tangki Solar270 Liter
(Visited 448 times, 1 visits today)

awansan

29 Comments

  1. tapi sepertinya PO penggunanya belum banyak yang pede nempelin logo hino pada armadanya terutama arwada wisata, denger denger si karna orang kita masih MB mania, ”nyaman ya mercy” gitu lah cara kasarnya.

    Salam telolet

  2. pernah baca karena MB pakai limiter sehingga max hanya 100 km/jam untuk keamanan (cmiiw),minggu kemarin naik Sinjay di tol cipali lihat spedo sampai 120 km/jam.

    • Wih bisaan juga ya, thanks infonya. Btw Nama Dealernya apa yg di Bandung?

      Jadi, O 500 R 1836 yg dilimit 100 km/jm aja bisa tembus tu 180 km/jm klo limiternya bisa dibuka. 😀

  3. bang, denger2 rn 285 gak bisa dibikin shd kenapa ya? padahal kan GVWR nya lebih gede dari rk8?

    • Kalo sepenuturan sopir sopir mas rn285 itu air sus bawaan kurang manteb makanya nggak dibikin shd malah buittenzorg oren rk8 dimodif pake airsus

    • Rn letak suspensinya Berada dibawah chassis om dan balon udaranya kecil, Rn aja dikasih body HD Aja sudah limbung apalagi shd hihi

  4. Rk8 dan RG Yaa memang jahat Sii Tarikannya, 1830 aja Bisa kelabakan kalo Ada RG Didepannya :v yaa tapi tergantung karakter drivernya sendiri si hehe.
    Suspensi juga paling enak yaa menurut saya ada di chassis 1518 “mercy king” gakalah deh sama 1626 suspensinya hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *