5

Mengenal Honda Dream D, Cikal Bakal Motor Sport Honda


awansan.com – Dear pembaca tersayang, hampir semua blog sekarang lagi bahas motor motor baru, well awb bosen aja bacanya, sekali kali kita bahas sejarah aja yuk , kita mulai dari pabrikan Honda 😀 .
Well Honda Dream D memang bukan kendaraan pertama yang diproduksi oleh Honda, Tetapi Honda Dream D adalah sepeda motor pertama yang diproduksi Honda, bukan lagi hanya sepeda sepeda kayuh digantungi mesin, tetapi merupakan sebuah sepeda motor seutuhnya. bisa kita bandingkan dengan model model Honda sebelumnya di bawah ini.

Honda melakukan banyak gebrakan dalam produksi motor ini, pada saat itu hampir semua pabrikan motor menggunakan rangka “steel tube” (terbuat dari pipa besi ), dan Honda dengan beraninya  menggunakan rangka model “channel frame”  ,terbuat dari lempengan baja yang kemudian di press sedemikian rupa sehingga menjadi sasis motor, selain itu adalah Honda berani menawarkan warna Merah, tidak hitam layaknya motor pada zaman tersebut.

Di sektor mesin, Honda Dream D menggunakan mesin 2 tak berkapasitas imut, hanya 98cc, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 3Hp, dan 4,7nm .. cukup untuk menggerakan motor seberat 80  kg ini 😀 .
di sektor mesin Honda Dream D  juga mempelopori penggunaan kopling otomatis (mirip bebek zaman sekarang), jadi ketika pindah gigi tidak perlu tarik kopling lagi, suatu terobosan yang hingga saat ini masih digunakan.
Masa produksi Honda Dream Type D cukup singkat hanya 3 tahun saja, mulai tahun 1949-1951 dengan total produksi sekitar 1600an motor .. oke cukup sekian artikel kali ini semoga menambah pengetahuan kita semua 😀 .. suka motor klasik juga ? diskusi yuk di kolom komentar .
 

Engine98 cc (6.0 cu in)
Bore / stroke52 mm × 50 mm
Power3 hp (2.2 kW) at 5,000 rpm[1]
Torsi3.15 lb·ft (4.27 N·m)
Ignition typeKick start
Transmission2-speed semi-automatic
Frame typePressed steel
SuspensionFront: Telescopic, Rear: Rigid
BrakesDrum brakes, front and rear
Weight80 kilograms

 
 

(Visited 34 times, 1 visits today)

awansan

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *