3

Mengenal Truk Bedford MK , Kendaraan Militer Handal dari Britania

awansan.com – Sobat otomotif, Selain Thames Trader sebetulnya ada juga merk truk asal Inggris yang cukup eksis di Indonesia, Yup truk itu adalah Bedford, bedanya adalah jika Thames Trader banyak dipakai untuk kepentingan sipil, Truk Bedford lebih banyak dipakai untuk kepentingan militer, mengingat truk ini mempunyai kemampuan 4×4 yang baik 😀 . Bahkan Truk Ini masih terus digunakan di Indonesia hingga saat ini, dalam mendukung berbagai aktifitas militer.

Generasi pertama truk Bedford di Indonesia adalah Bedford MK, Kode MK (military)  seakan menegaskan bahwa truk ini memang dibuat dengan spek militer,  bukan versi sipil seperti Bedford TK.

Diperkirakan truk ini masuk Indonesia pada tahun 1980 an (sepaket dg Rudal Rapier). Truk Bedford MK bermarkas di Dentasemen Arhanud (artileri Pertahanan Udara) sebagai kendaraan pendukung rudal Rapier, setlah dipensuinkan akhirnya truk Bedford ini bisa jatuh ke tangan sipil, salah satunya kini berada di SAC Puworejo .

Truk Bedford MK Milik Sumber Alam (pic widodogroho)

Bedford MK sendiri merupakan salah satu truk militer yang cukup laris di pasaran dan di produksi cukup lama dari tahun 1960 hingga 1990an, selama masa produksinya truk ini sudah diproduksi hingga 50.000 unit di seluruh dunia, sebagian besar dipakai  oleh Angkatan Bersenjata Inggris, sisanya diekspor ke berbagai negara seperti Bangladesh, Belgia, Brunei, Denmark, Indonesia, Irlandia, Kenya, Belanda, Turki, dan United Arab Emirates.

Truk Bedford MK Milik TNI dilengkapi dengan crane (pic by copraldjono)

Sebagai truk militer, Bedfork MK mempunyai kemampuan 4×4 sebagai standarnya, dari rilis resmi pabrikan Bedford, Berford MK mempunyai kapasitas muatan seberat 4-6 ton, sedangkan ketika digunakan untuk mengangkut pasukan, maka truk ini bisa mengangkut 20 tentara bersenjata lengkap. Bagian samping dan belakang bak truk semuanya bisa dibuka, sehingga memudahkan untuk loading dan unloading barang, Beberapa truck juga dilengkapi denngan Crane seperti milik TNI .

Urusan Dapur pacu, bedford menggunakan Mesin Diesel Multifuel berkapasitas 5400 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 98 HP, yang kemudian disalurkan via tranmisisi Manual 4 percepatan, lebih dari cukup untuk menghela beban 4-6 ton  .

Bedford MT milik Yonkav, digunakan untuk menggendong tank Scorpion

Pada tahun 1995an, Generasi Kedua Bedford M kembali masuk ke Indonesia, kali ini masuk sepaket dengan pembelian tank scorpion.. Generasi kedua Bedford ini mempunyai Kode Bedford MT dengan mesin yang lebih bertenaga dan kabin yang modern , Truk Bedford MT yang masuk Indonesia berkonfigurasi 6×6 dan difungsikan sebagai transporter tank

Bedford MT ditenagai oleh mesin diesel dari perkins phaser berkapasitas 8700 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 300 hp yang disalurkan melalui transmisi manual 9 percepatan, Dengan tenaga yang lebih besar Bedford MT  mempunyai kapasitas muatan hingga 21 ton.. Hingga saat ini Bedford MT masih terus dikaryakan oleh TNI, bersamaan juga dengan Leyland DROPS.

Truk Bedford Ex TNI , Dok Agustian Slamet


(Visited 267 times, 1 visits today)

3 Comments

Leave a Reply