Scania Vicolux PO Putra Jaya, Layanan Ala Pesawat di dalam Sebuah Bus

Dear pembaca semua, seakan tak mau kalah dengan bus bus Aceh yang jor joran urusan bus mewah, Kali ini giliran Bus dari sulawesi yang unjuk gigi, adalah Po Putra Jaya yang baru baru ini meluncurkan armada terbarunya berjuluk “Vicolux”  .. armada vicolux menggunakan chasis topline Scania K410 yang kemudian dibody model “Skyliner” oleh karoseri Rahayu Sentosa ..

Sebagai Chasis premium, Scania K410 dipersenjatai dengan mesin diesel berkapasitas 13 liter DC13  6-cylinder in-line turbo-charged, intercooleer dan Scania PDE injection .. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 301 kW (410 hp) @1,900 rpm dengan torsi maksimum 2,000 Nm @1,000-1,350 rpm, tenaga dari bus dikombinasikan dengan gearbox tipe GR875R, Opticruise 8-percepatan  … bus ini dilengkapi fitur keamanan berupa Electronic Braking System (EBS) dan Anti Lock Brake System (ABS), retarder, bus stop brake dan fitur hill hold yang membuat bus tidak mengalami rollback saat berhenti pada tanjakan. Untuk fitur kenyamanan, bus ini memiliki kenyamanan dengan memiliki fitur Fast Boarding yang dikendalikan menggunakan Electronic Levelling Control (ELC) karena ketinggian bus dapat diatur untuk mempermudah akses keluar dan masuk penumpang.

Cukup bahas chasisnya, kembali ke bis nya hehe.. berbeda dengan bus di pulau jawa yang menggunakan model 1 bus, 1 kelass.. maka di bus ini menerapkan 3 kelas sekaligus dalam 1 bus, mirip dengan pesawatt., masing masing terdiri dari kelas bisnis kapasitas 18 penumpang, kelas VIP dengan kapasitas tiga penumpang dan kelas termewah Luxury yang  berdaya tampung 4 penumpang.. total bus ini menampung 25 penumpang saja..

Kelas Bisnis

Kelas bisnis yang mempunyai kapasitas 18 penumpang ini mempunya posisi kursi di bagian kanan dan kiri masing-masing dua kursi. Jok tebal yang sangat empuk bisa di atur posisi reclining hingga hampir dalam posisi tidur sempurna dan penyanggah kaki yang bisa diatur sesuai keinginan.

Kelas VIP 

Kelas VIP yang terletak di depan memang hanya memiliki kapasitas tiga penumpang, namun yang lebih istimewa adalah jok yang sama nyamannya dengan kelas bisnis ini dapat memijat penumpang. Posisi reclining dan penyanggah kaki pun diatur sesuai dengan keinginan penumpang.

Kelas Luxury

Kelas Luxury yang paling menyita perhatian ini mempunyai kapasitas empat penumpang yang terletak dibagian paling belakang dan mempunyai ruangan sendiri. Bukan seperti kelas bisnis dan VIP yang mempunyai kursi yang nyaman, kelas luxury menawarkan bilik tempat tidur yang cukup untuk satu orang saja.

source : dapurpacu.com

dengan segala kemewahan tersebut, nampaknya nama “Vicolux” benar benar bukan isapan jempol belaka, cen mewah tenaaan.. dengan harga 3,5 Milyar per unit, sungguh merupakan investasi yang cukup besar untuk sebuah bus.. rencananya bus ini akan digunakan untuk trayek Makassar-Palopo, monggo  yang mau coba 😀 ..

Iklan

8 thoughts on “Scania Vicolux PO Putra Jaya, Layanan Ala Pesawat di dalam Sebuah Bus

  1. Mewah bgt bis sulawesi sana, secara trayeknya ga terlalu jauh, tapi pelayanan dan armadanya bisa lah disejajarkan di sumatra dan jawa, andai di jawa ada yg kayak gitu

    Btw yg kalimantan ga pernah kedengeran bis mewah nan ciamik di sana, apa pnpnya kurang berminat ya?

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s