Bikin Galak Honda Megapro , Pakai Bandul Stroke Up 9 mm

awansan.com – Setelah berhari hari bikin artikel tentang bis akhirnya awansan kangen juga bikin artikel tentang motor, well kali ini awansan akan sedikit berbagi pengalaman ketika dulu modif si megapro.. maklum ini motor dulu sering jadi kelinci percobaan, dari mulai standar hingga akhirnya stroke up 200 cc pakai bandul Tiger, bagi yang pengen baca silahkan disini 😀 , nah di lain hari awansan tergoda buat stroke up lebih ekstrim lagi, naik jadi 9mm..

kiri bandul standar tiger, kanan bandul stroke up 9 mm milik awansan

Maka dikirimlah bandul asli megapro dari Jogja ke Surabaya untuk di stroke up di bengkel cak benjol, btw thanks to Om Yuniar Prihatmoko (sesepuh HMPC)  yang dulu ngurusin masalah bandul ini, termasuk ngelobi bengkel agar mau ngerjain, karena sebenernya udah nggak mau nerima stroke up lagi..

Harus sabar menanti sampai berminggu minggu, sampai terdengar kabar bahwa bandul sudah jadi dan akan dikirim ke jogja, begitu sampai jogja awansan terkaget kaget, garapan stroke up bandulnya sangat rapiii dan aluss, sekilas seperti bandul motor standar, nggak kelihatan kalau ini bandul stroke up 9 mm hahaha, kayaknya sih digarap pake mesin cnc ini , cak benjol emang top markotop .

Singkat kata dirakitlah bandul ini ke motor awansan, yang ngrakit adalah Mas Wisnu (salah satu sesepuh IMPX Jogja 😀 ), jangan salah lho yaa walaupun ngebengkel cuman di emperan kos, tapi kerjaan disini jempolann murah, rapih , teliti dan bergaransi ..

Setelah dipasang weladalah motor jadi mumbul mumbul , torsinya kerasa enak banget buat cruising bahkan di low rpm, bensin juga jadi lebih irit, soal getaran juga masih bisa ditoleransi menurut awansan, apalagi setelah dibuatkan pangkon mesin custom .

Spek mesin kala itu adalah stroke up 9 mm ( jadi 213 cc), karbu standar mega pro, seher mega pro, koil mega pro, final gear 14:41 .. untuk memanjangkan nafas mesin akhirnya gigi primer sekunder (ronsel) juga diganti dengan menggunakan milik Honda Tiger.

Tak ada gading yang tak retak, yang namanya modifikasi pasti bawa konsekuensi juga, berikut awansan share beberapa sisi negatifnya :
dengan dilakukannya stroke up maka rasio kompresi otomatis naik, apalagi awb masih pake seher megapro yang jenong hahaha, mungkin sudah berada di kisaran 1:11 – 1:12 naik jauh dari standarnya yang hanya 1:9

Rasio kompresi yang tinggi membuat Kick Stater motor jadi sangat berat, sampai – sampai  kudu berdiri satu kaki kalau mau nyalain motor dengan kick stater . namun hebatnya ternyata stater elektrik megapro masih kuat buat nyalakan motor dengan kompresi setinggi ini, meskipun ketika pertama kali dipakai, spi magnet langsung patah gara gara nggak kuat nerusin tenaga dari stater ke kruk as.

Kompresi mesin tinggi juga cenderung memebuat mesin lebih panas dari mesin standar, konsumsi oli juga lebih boros, kudu rajin ngecek oli sebulan sekali jangan pake oli encer, pake yg kental spek 20-50 w aja.. biar nggak panas gimana ? saran awb silahkan pake seher tiger biar kompresi lebih rendah, pasang oil cooler juga biar oli jadi ademm.

Konsekuensi kedua adalah torsi sangat besar, maka baiknya diganti gigi primer sekundernya (ronsel) dengan milik tiger, jadi nafas motor kerasa lebih panjang, final gear juga diperberat, Knalpot juga harus dibobok supaya tenaga tidak tertahan, Jangan protes stroke up itu mahalll lho ya wkwkwk, namane modifikasi itu pasti merembet ke part part lain yang harus menyesuaikan..

Ganjel alumunium 9mm + packing tebel , pahe aja nggak kuat beli blok tiger

Sisi positifnya adalah tenaga motor jadi berlimpah ruah, bahkan dari rpm rendah, woles aja mau ngadepin berbagai medan tanjakan seekstrim apa, ketemu cb jadi jadian juga berani gas blarr blarr, motor juga jadi lebih irit awb pernah awb test bisa tembus sekitar 1 liter bbm bisa menempuh jarak 41 km , sangat irit untuk ukuran motor 213 cc 😆 .. S

ebagai perbandingan ketika spek standar, mega pro awb konsumsi bensinya 1:33 mentok 1:35 nan heheh,.. yang terakhir adalah walaupun motor tampang standar, tapi kalau lawan lihat ganjelan alumunium  9mm di blok mesin, meraka bakal berpikir 2x untuk ngremehin ..

oke cukup sekian artikel kali ini semoga berguna bagi anda semua , bagi yang pengen modifikasi, do it with your own risk 😀

Baca Juga :

[archives limit=6]

(Visited 474 times, 1 visits today)

50 comments

  1. ane ada 3 prtnyaan kang,
    pmci di jogja sbelah mana ?
    motor honda selain megapro yg msh pake karbu bisa jg?
    disana berkenan nerima smacam ngerapiin ulang mesin dan kelistrikan kah?
    ada tiger lungsuran temen pngen ane restorasi ringan, ga perlu resik mngkilap banget asal mesin sehat
    nuwun kang

    1. bengkel mas wisnu dulu di nologaten, deket selokan mataram..
      nerima segala macem motor honda kok, asal masih klan cb/gl/tiger :D.. tapi jangan kaget kalo dateng kesana nggak keliatan bengkel, ngerjainnya juga cuman di emperan kos, mana kosnya nylempit masuk ..
      bisa kalo kelistrikan/mesin..

      1. nah saya nge las rangka (hasil ubahan dual shock blakang jadi mono ) di nologaten jg kang. klw ga salah tri jaya mandiri apa yah namanya. yg kalau malem emperannya dibuka utk lapak nasgor kambing muda.
        ancer2 masuknya lewat mana nggih?
        ngeban? atau pondok pesantren?
        ada banner atau spanduknya gitu kah pmci?
        maaf kpanjangan nanya nya,

  2. klo ane abis stroke up bandul gagal, terus beli bandul crf230 stroke 66,2mm buat dipasang di pro cdi, enak jos… bandul crf230 byk dijual di online, hrga 1jt, perlengkapan lain 1jt, 2,5jt an total pengerjaan… klo dipasang di mp / neotec lebih mudah, klo di tiger lebih mudah lagi tinggal papas piston… yg pingin pencerahan gratis ni no hp/wa 085755220354

  3. Selahan berat bisa juga timing pengapian maju,,kalo pake kruk as tiger jangan lupa timing di samakan kayak tigor,,kalo pake timing bawaan megapor maju sangat,,di selah mbendal

    1. yang di rubah mangkoan kopling sekunder mas, ambil mangkokakan punya mp, pantek sekunder tiger.. yang lain pnp, tapi penting harus sepaket, primer, sekunder sama pompa olinya

  4. mas q jg mo nanya tentg kamprat pakai apa klo ganjalya 9mm.kalo bru kan g sampai…trus untuk piston pakai mp piston di bubt gak mas?n untuk langah 67.5 pakai piston mp kompresi apa g trlalu tinggi?..matur nuwunn PMCI luurrr…

    1. Pakai kamrat tiger bekas mas, yang udah mulurrr, saya pakai itu.. Pistonnya jgn pake mp yang jenong, ganti pake piston tiger aja yg rata biar kompresi turun

  5. Masih ada motornya sampai sekarang mas…?
    Kalau paket hematnya ada ngak ya utk MP 02, buat ngilangin karakter kleler/lemot aklserasi bukan ke top speed…?

      1. Alamat bengkel yg ngerjain pasang modif di motor tsb dimana mas…?
        Sdh tanya di bengkel spesialis tiger di daerah saya masih pada males ngerjainnya…

  6. Maksudnya bengkel yang suka upgrade mesin gl series seperti ganti bandul tiger, nambah paking dsbnya itu dimana rekomendnya mas…
    Bukan utk blackcorenya hehehe

  7. Mas AWB, itu stroke up dan masih pake karbu ori, apa gpp mas? ada ubahan jetting kah? venturi berapa ya karbu ori megapro ini, gag hapal saya hehe

    1. aku pengen bore up 200cc NMP karbu ku tp budget terbatas haha.. tp gag ganti karbu tkt malah jelek performa nya karna mesin kan nambah gede…

      1. Sebetulnya ganti karbu itu ikut permintaan mesin aja sih mas, kalau motor saya dl sih mp lama dan kebetulan waktu itu dilihat dr businya juga merah bata, tidak minta ganti apa apa baik jetting maupun karbu
        Kalau nmp mungkin bisa dipertimbangkan pakai karbu Honda Tiger Old/Tiger Revo yang punya venturi lebih besar (26 mm), tgl jetting dikit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *