jump to navigation

Sejarah Toyota Land Cruiser , Toyota BJ dan Toyota FJ (Part 1) 20 Februari 2017

Posted by awansan in Mobil.
Tags: , , , , , ,
trackback

Dear pembaca semua, selain gemar dengan bus truk, sebetulnya awb gemar juga dengan kendaraan 4wd beserta event event nya 😀 . maka ketika awb ngeliput Scrutinering IOX 2016 kemarin , wah rasanya udah kayak mimpi aja lihat mobil mobil 4wd yang gagah kayak gitu hehe.. Oh ya artikel kali ini awb pengen bahas salah satu mobil 4 wd paling legendaris di dunai, Toyota Land Cruiser .. mobil 4wd ikonik dari Toyota yang hingga sekarang masih banyak dipakai di Dunia Off Road.

Sejarah bermula ketika Tentara kekaisaran Jepang menguasai Filipina di tahun 1941, disana mereka menemukan Jeep  Bantam Mk II peninggalan tentara Amerika, maka kemudian jeep itu dikirim ke Jepang untuk dipelajari, Pemerintah Jepang kemudian memerintahkan Toyota untuk membuat kendaraan yang serupa, hasilnya adalah Jeep Toyota  Model AK 10 ( Yon-Shiki Kogata Kamotsu-Sha/type 4 compact cargo-truck). Toyota AK10 ditenagai mesin Type C yang diambil dari mesin sedan Toyota , mesin ini mempunyai 4 silinder berkapasitas 2259 cc yang kemudian dipasangkan dengan transmisi manual 3 percepatan.  Namun sayangnya karena masih berupa propotye, foto Jeep Toyota AK 10 sangat sulit didapat.

toyodaak10_01

Toyota AK 10

Sejarah Jeep Toyota kemduan berlanjut pada bulan Juni 1950, ketika Korea Utara menyerbu Korea Selatan, peristiwa ini dikenal dengan Perang Korea yang terjadi pada masa perang dunia ke 2. PBB dan Amerika yang memiliki pangkalan di Jepang ikut membantu Korea Selatan dari invasi Korea Utara. Militer Amerika meminta Toyota selaku produsen kendaraan untuk mengembangkan kendaraan yang dapat digunakan oleh pasukan AS dalam pertempuran. Penunjukan ini dikarenakan Toyota sudah berpengalaman dalam memproduksi kendaraan untuk militer Jepang pada tahun 1940an.

Bulan Januari tahun 1951 Toyota mulai memproduksi prototipe sesuai permintaan Amerika, sekaligus kendaraan propotye untuk Polisi Jepang (National Police Reserve).. Parts yang digunakan bisa dibilang gado gado karena dari mobil type lain produksi Toyota.  seperti chasis yang diambil dari Toyota Type SB, dan mesin bensin type B dari truck 4 ton, sedangkan suspensi dari Toyopet 😆 .

Toyota  Type B  sendiri merupakan mesin bensin 6 silinder yang berkapsitas 3.4 L , mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal  84 @ 3600 rpm dan torsi maksimal 215 N·m @ 1600 rpm.. yang kemudian disalurkan ke 4 rodanya, walau sudah mengadopsi 4wd, Toyota BJ belum mempunyai gear Low range pada transfercasenya. Namun sayang  pada akhirnya kendaraan ini ditolak karena Amerika lebih memilih Jeep yang diproduksi di Amerika dan Jeep produksi Mitsubishi.

Toyota tidak menyerah, seiring dengan pembukaan pembatasan ekspor Toyota mulai mengembangkan, memproduksi dan memasarkan sendiri prototipe dari Kendaraan tersebut, kemudian lahirlah Toyota Jeep BJ dimana B inisial untuk seri mesin dan J merupakan kepanjangan dari Jeep. Hingga hari ini kode J masih di gunakan untuk semua model Land Cruiser .

Pada Bulan Juli 1951 dilakukan uji ketangguhan dengan melakukan pendakian ke puncak Gunung Fuji di Jepang. Mobil Toyota BJ dikemudikan oleh Ichiro Taira melalui pos-pos(checkpoint) yang telah ditentukan. Keberhasilan ini membuat pengamat dari kepolisian Jepang sangat menyukai apa yang mereka saksikan dan langsung melakukan pemesanan. Kepolisian nasional memesan 289 Toyota BJ sebagai mobil patroli resminya.

Ada cerita uni dibalik pemilihan Toyota Bj sebagai kendaraan operasional Kepolisian Jepang, karena mereka sebetuknya sudah memilih Jeep Willys untuk digunakan.. namun ternyata dalam banyak hal Toyota BJ lebis superior, sebut saja mesin yang lebih bertenaga, whellbase lebih panjang, dimensi mobil yang lebih lebar, dan suspensi lebih lembut, sehingga mengurangi tingkat kelelahan pengemudi dan penumpang.. hal inilah yang kemudian membuat kepolisian nasional lebih memeilih Toyota BJ dibanding Jeep Willys .

Nama “Land Cruiser” diciptakan oleh direktur teknik Hanji Umehara. “Di Inggris kami punya kompetitor lain: Land Rover. Saya harus buat sebuah nama yang bagus untuk mobil ini agar tidak dilecehkan oleh para kompetitor-kompetitor kita itu. Itu mengapa aku menamainya ‘Land Cruiser’.[1] Nama ini sebelumnya sudah dipakai untuk mobil Studebaker Land Cruiser di AS tahun 1934-1954 tetapi hal itu takkan bermasalah.. pada tahun 1954 pula diperkenalkan Mesin baruTipe F  dengan kapasitas 3.9L  bertenaga 125 hp ditambahkan untuk model chassis fire-engine. Toyota Land Cruiser dengan mesin type F inilah yang kemudian diberi nama FJ .. Ekspor pertama Land Cruiser tercatat pada tahun 1955 dengan Pakistan dan Arab Saudi sebagai negara tujuannya.

.

 

Iklan

Komentar»

1. imam - 22 Februari 2017

ditunggu lanjutannya gan

Suka

awansan - 23 Februari 2017

Siapp, on progress ini 😁

Suka

2. nbsusanto - 23 Februari 2017

sik kang, ketinggian gunung fuji ne kakehan.. :mrgreen:

wangun yo jaman mbiyen numpak mobil ngonoan.. nganti saiki we tep ketok gagah..

Suka

awansan - 23 Februari 2017

Thanks kang, udah tk revisi

Aura macho nya mobil land cruiser tep juaraa, ketok sugeh dan gagah, jaman semono nk dudu wong sugeh/priyayi ra bakal kuat tuku mobil iki 😎

Suka

3. Sejarah Toyota Land Cruiser FJ 20 – 30 series (Part 2) | AWANSAN - 25 Februari 2017

[…] pembaca semua, setelah sukses dengan Toyota Jeep BJ, maka pada bulan agustus 1955 Toyota Motor meluncurkan Generasi penerus Toyota BJ , dengan nama […]

Suka

4. Sejarah Toyota land Cruiser Part II : FJ20 dan FJ30 Series | Suka 4WD - 19 Juni 2017

[…] pembaca semua, setelah sukses dengan Toyota Jeep BJ, maka pada bulan agustus 1955 Toyota Motor meluncurkan Generasi penerus Toyota BJ , dengan nama […]

Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Suka 4WD

All About 4 Wheel Drive

Hydroid's Blog

Just another WordPress.com site

A R T I K E L 📌 M A R L Y

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita

Banyak Jalan, Banyak Cerita | Catatan perjalanan seorang Bocah Ilang dari Jogja

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

"Menulis untuk keabadian"

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

%d blogger menyukai ini: