Sejarah Toyota HiAce , Pick Up Pertama Toyota di Indonesia

awansan.com – Dear pembaca semua, bagi anda yang lahir di tahun 1980-1990 an pasti kenal dengan pick up yang satu ini, walaupun populasinya tidak sebanyak Mitsubishi Colt T maupun Mitsubishi L300 .. setidaknya Pick Up ini pernah jadi andalan Toyota di segmen kendaraan komersial.. Toyota HiAce sendiri dipasarkan di Indonesia pada tahun 1977-1985 .. dengan kode Hiace H11 saja (pick up)

Model toyota HiAce adalah pick up cab over engine, dengan penempatan mesin dibawah Jok, desain bodinya khas tahun 1980an dengan lampu membulat dan garis body yang tidak terlalu mengkotak .. penempatan cab over engine tentunya berpengaruh bagus pada visibilitas, karena tidak adanya bonet mesin di depan.. pada awalnya Hiace ini hanya tersedia varian pickup dengan bak standar ,  tetapi karena munculnya berbagai permintaan, Toyota akhirnya membuat varian Hiace chassis (tanpa bak dan bagian tengahnya bolong) chasis ini  kemudian akan dibuat bodi minibusnya oleh berbagai macam karoseri lokal indonesia..

Pada awal kemunculannya di Indonesia, Toyota Hiace ditawarkan  hanya mesin bensin dari Toyota 12R yang juga dipakai Toyota Hilux dan Corona. dengan konfigurasi 4 silinder segaris OHC 8 valve berkapasitas 1600cc dan memakai karburator untuk pemasok bahan bakarnya.. mesin ini bertenaga maksimal 80 hp @4400 rpm .. Menyusul pada tahun 1980 mulai ditawarkan HiAce bermesin diesel seri L .. mesin ini mampu mengahsilkan tenaga maksimal 72 hp @ 4,200 rpm dan torsi maksimal 126 nm ..

Sayang sekali penjualan Toyota HiAce kurang moncer di Indonesia, sehingga akhirnya berhenti di produksi tahun 1985, selanjutnya otomatis tinggal truk Toyota Rino yang yang kemudian jadi andalan Toyota di Segmen kendaraan komersial..

img_20160616_143629

img_20160616_143651

Angin Segar kembali muncul tahun 2005, ketika akhirnya Toyota Indonesia memasukkan HiAce generasi terbaru di pasaran kendaraan komersial, meloncat jauhh dari HiAce generasi kedua yang sebelumnya beredar, HiAce yang masuk Indonesia adalah generasi ke enam dalam bentuk CBU (Completely Built Up) dari Jepang. Tersedia dalam 2 tipe yaitu High Grade (standar) dan High Grade Commuter (versi lebih mewah).. HiAce generasi baru ini semuanya platform minibus, dan sudah tidak ada model Pick Up lagi.. HiAce pun naik kelas, yang tadinya hanya  lawan Mitsubishi L300 kini Hiace melawan Isuzu ELF ..

dengan body yang lebih bongsor, kapasitas Hiace pun meningkat jadi 16 orang, menganut formasi bangku 3-3-3-3-4.  Sandaran jok bagian tengah dapat dilipat ke depan guna menciptakan armrest dan terdapat cup holder diatasnya.

Toyota HiAce generasi baru ini menggunakan  mesin diesel 2KD-FTV 2.5L Turbocharged. sama dengan milik Kijang Innova yang mampu menghasilkan tenaga 102 dk dan torsi 265 Nm. tenaga dari mesin kemudian diasalurkan ke roda lewat transmisi manual 5 kecepatan.,

 

 

Advertisements

5 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.