Spesies Bus Langka di Indonesia, Chasis MAN 18.310 HOCL dan MAN R37 Triple Axle

Dear pembaca semua, beberapa waktu lalu awb sempat membahas spesies bus langka dari Mercedes Benz, yaitu OH 1634 L Megatrend, nah kali ini awb akn membahas spesies langka yang berasal dari negara yang sama yaitu MAN ..

Chasis Bus MAN masuk ke Indonesia di awal tahun 2000 an, bersamaan juga dengan masuknya Chasis Scania ke Indonesia, namun sayang sekali info yang ada sangat minim, jadi tidak diketahui berapa jumlah chasis yang masuk dan lewat atpm mana.. berbeda dengan rekan senegaranya “Mercedes Benz” yang laris bak kacang goreng, Nasib Chasis MAN tidaklah terlalu moncer penjualannya, tercatat hanya beberapa unit yang kemudian dibeli oleh PO Safari Dharma Raya dan PO Kramat Djati..

Chasis bus MAN yang masuk saat itu adalah MAN 18.310 HOCL .. Semua chasis tersebut kemudian dikaroseri oleh Adiputro dengan model Van Hool , Chasis MAN mempunyai ciri tersendiri dengan lampu depan kotak, Selain itu terdapat juga logo MAN di depan dan samping bus 😀 . sedangkan Van Hool dengan lampu depan bundar menggunakan mesin Scania..

Chasis Bus MAN 18.310 HOCL digerakkan oleh  mesin Diesel MAN D2866LOH27 yang sudah dilengkapi turbo Intercooler, berkonfigurasi 6 silinder segaris dengan kapsasitas 11,967 cc, mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 310 ps @1900 rpm, dan torsi maksimal 1250 nm@1400 rpm.. salah satu chasis dengan tenaga terbesar di Indonesia saat itu.. Tenaga yang besar kemudian disalurkan via transmisisi manual 6 percepatan..

Chassis: MAN 18.310 HOCL

Engine: MAN D2866LOH27

Displacement: 730.107 cu. inches (11,967 cc / 12.0 Liters)

Cylinders: Inline-6

Aspiration: Turbocharged

Power Output: 305.75 bhp (310 PS – metric hp / 228.01 kW) @ 1,900 rpm

Torque Output: 921.83 lb.ft (1,250 N.m) @ 1,400 rpm

Transmission: 6-Speed Forward, 1-Speed Reverse

Layout: Rear-Mounted Engine Rear-Wheel Drive

Suspension: Air-Suspension

Selain bertenaga besar, chasis bus MAN juga sangat nyamn karena sudah mengaplikasikan air suspension, tentunya ini menjadi nilai jual lebih, bus ini kemudian banyak digunakan untuk rute jarak jauh, seperti Jakarta – Denpasar ( safari Dharma Raya)..

Chasis Bus MAN akhirnya msuk kembali pada tahun 2013 dengan PT Duta Putera Sumatera sebagai atpm nya, tak tanggung tanggung dengan langsung mendatangkan chasis bus triple axle dengan kode MAN R37.. dengan menggunakan chassis spaceframe, MAN R37 ditopang mesin Diesel Commonrail MAN-D2676 LOH10 Euro III , enam silinder segaris berkapasitas 12,4 liter. bertenaga 460 HP yang disalurkan via  transmisi ZF-12 AS 2301 Tipmatic . kemampuan mesin dan chassis-nya  memungkinkan bus ini bisa dibuat untuk bus single decker atau double decker.. 

MAN R37 juga dilengkapi dengan berbagai fitur, di sektor pengeremen ada fitur Exhaust Valve Brake yang mengurangi laju bus dengan pengereman yang dibantu mesin. kemudian  perangkat Electronic Braking System termasuk Anti-lock Braking System (ABS)/Traction Control System (TCS), tak lupa disematkan juga  fitur retarder dengan lima tingkatan dengan tombol tersedia di steering wheel.. 

dsc_1278

Chassis MAN R37 juga dilengkapi dengan poros roda depan yang independen (independent front axle) yang dilngkapi air suspension, Diantara chassis dan poros roda depan ada suspensi udara yang menjamin kenyamanan penumpang di atasnya. Sementara untuk roda belakang, enam titik balon suspensi udara menopang empat titik roda dengan enam ban yang terpasang. Empat balon udara berada di sisi chassis, dan dua lainnya ada di atas chassis .. Poros ketiga pada bus, roda bisa bergerak untuk ikut mengarahkan bus ..

dsc_1064

Chasis bus MAN R37 kemudian dipakai oleh Trans Jakarta sebagai armada double deckernya, untuk urusn karoseri diserahkan pada Karoseri Nusantara Gemilang Kudus, yang kemudian di body model Maxi Miracle ..

Iklan

3 thoughts on “Spesies Bus Langka di Indonesia, Chasis MAN 18.310 HOCL dan MAN R37 Triple Axle

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s