jump to navigation

Sejarah Kijang Part 1 : Kijang Buaya dan Kijang Doyok (KF10/KF20) 11 Juni 2017

Posted by awansan in Info, Mobil.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Dear Pembaca semua, Kisah Toyota Kijang sendiri tidak bisa dipisahkan dari dorongan pemerintah untuk mengembangkan Mobnas (mobil nasional) tahun 1970-an, pada saat itu disebut dengan proyek Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS), tujuan dari KBNS adalah membuat kendaraan serbaguna dengan harga yang murah agar bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat. Pemunculan nama binatang pada kendaraan niaga ini karena Filipina telah dulu menggunakan nama “Tamaraw” yang berarti kerbau. Maka kemudian dipilih nama “Kijang” . namun ada juga yang mengatakan bahwa “KIJANG)” merupakan singkatan yang mengambil dari kalimat Kerjasama Indonesia dan JepANG.

1977_toyota_kijang_launching_ceremony

1st Generation 1977 – 1980 : Kijang Buaya/Kijang Kotak

Toyota Kijang diperkenalkan pertama kali di Jakarta Fair tahun 1975 dan mulai dijual tahun 1977. Toyota Kijang pertama dalam bentuk pick up. namun seiring tingginya animo masyarkat maka juga kemudian versi minibus, sudah jamak pada zaman itu mobil yang awalnya hanya pick up kemudian di buat versi minibus untuk mengangkut orang. Fenomena ini ditangkap oleh sejumlah karoseri dengan membuat bodi minibus untuk Kijang, dari dulu hingga sekarang kijang dikenal sebagai minibus yang bisa mengangkut banyak orang, hal inilah yang amat digemari masyarakat indonesia.

Mesin yang digunakan Toyota Kijang pertama adalah Mesin Bensin Toyota 3K yang diambil dari Toyota Corolla Toyota Corolla KE20. Di atas kertas Mesin OHV 1200cc ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum sampai dengan 55hp pada 6000Rpm dan torsi maksimum yang bisa dihasilkan adalah 93Nm pada 3800Rpm, meskipun masih memakai pengabut bahan bakar karburator tentunya. tenaga mesin kemudian disalurkan  dengan menggunakan transmisi manual 4 percepatan yang sudah merupakan standar mobil asal Jepang saat itu. Sementara chasis menggunakan tipe ladder frame.

Ciri khas generasi pertama yang mungkin sampai sekarang masih diingat adalah pintu yang tidak disertai dengan jendela melainkan dari terpal atau plastik. Mobil ini dinamakan Kijang Buaya karena ketika kap mesinnya dibuka penuh, terlihat seperti mulut buaya yang sedang menganga.

1977_toyota_kijang_04

2nd Generation 1981 – 1985: Kijang Doyok

Pada September  tahun 1981 PT. Toyota Astra Motor mengeluarkan generasi kedua Toyota Kijang yang memiliki kode KF20. Kijang Generasi kedua hadir dengan  bodi yang lebih halus, letak engsel pintu yang tersembunyi, kap mesin yang hanya membuka di bagian atas moncong, mobil ini sudah mengusung pintu kaca, knob pintu mobil dan memiliki kunci serta grille dan permukaan pintu sejajar bodi. sementara lampu depan masih bulat yang mirip dengan Kijang sebelumnya.

Mesin pun mengalami ubahan sehingga kijang makin bertenaga. Pada awal kemunculannya, mobil ini dibekali dengan mesin 4K  yang sama dengan mesin Toyota Corolla DX. Mesin Toyota 4K berkapasitas 1290cc (1300cc) yang masih menggunakan pushroad OHV. Mesin 4K ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 74Hp pada 5600Rpm dan torsi 105Nm pada 3600Rpm.

Pada tahun 1984, Toyota memeberikan facelift pada kijang generasi ini, terlihat  perubahan pada grille dan bumper dan perpindahan letak lampu sein yang berada di sisi lampu sedangkan lampu utama berubah dari bulat menjadi kotak menjadi kotak.. mesin  yang digunakan diupgrade oleh Toyota dengan mesin 5K 1500cc yang nantinya juga digunakan oleh Kijang Super. Selain upgrade mesin, kijang doyok facelift ini juga sudah mengadopsi booster rem, dan perubahan rasio diferential transmisi

Kijang Doyok tersedia dalam versi pick up dan minibus, untuk versi minibus pembuatan bodynya dilakukan oleh beberapa perusahaan karoseri lokal yang ditunjuk oleh PT. Toyota Astra Motor. Perusahaan karoseri tersebut adalah karoseri Family dan Comando. Ciri khusus dari minibus masing masing karoseri ini adalah pada karoseri Family, Toyota Kijang ini memiliki 3 pintu (2 didepan dan 1 di samping kiri). Selain itu pada karoseri family, mobil ini memiliki semacam bagasi di bagian belakang yang bentuknya mirip dengan mobil Colt T120 minibus karya New Armada. Pada tipe ini, semua kursi menghadap ke depan, dan dapat memuat 7 penumpang.

Berikut ini adalah tipe tipe Kijang Doyok Produksi dari Berbagai Karoseri

Kijang Nasmoco

Kijang Beta

Toyota Kijang Beta

Kijang Beta ini. Toyota Kijang Beta dibuat oleh karoseri Langgeng Putra dari PT. Kusuma Motor. Fitur yang ditawarkan standar karoseri yang lebih mewah daripada versi pabrik dengan jok reclining dan sliding ditambah sandaran kepala, dashboard model sedan, velg racing serta ban radial, serta tambahan berupa lampu indikator pintu. Bentuk pintunya juga cukup canggih dimana terdapat 3 pintu disamping dan sebuah pintu belakang model swing door atau membuka keatas.

Kijang Tamara

Toyota Kijang Tamara

Selain berbentuk minibus, Kijang juga dibuat menjadi mobil semi jip. Ada karoseri yang membuat Kijang menjadi mirip mobil lain ada juga yang membuat desain bodinya sendiri secara original. Salah satu bentuk kijang semi jip ini adalah Kijang Tamara yang dibuat oleh karoseri Hobart. Secara bentuk, saya pribadi lebih suka menyebut mobil ini dengan sebutan Kijang Panser karena bentuknya yang serba kotak dengan sudut miring ini mirip dengan mobil tempur tadi. Fitur yang diusung masih relatif sama dengan Kijang Beta dengan jok reclining ditambah sandaran kepala, dashboard model sedan, velg racing dengan ban radial, serta tambahan berupa lampu indikator pintu di panel speedometer.

Kijang Turangga

Toyota Kijang Turangga

Mau punya mobil jip gagah seperti Daihatsu Taft kotak atau yang diluar sana dikenal juga dengan nama Daihatsu Fourtrak alias Rugger atau Toyota Blizzard namun kantong cekak? mungkin Toyota Kijang kotak dengan bodi buatan karoseri Tugas Anda ini bisa jadi jawabannya. Sepintas desain mobil ini mirip seperti Daihatsu Taft generasi kedua dengan bagian belakang yang terlalu panjang. Maklum saja karena Kijang Turangga ini hanya memiliki 3 pintu seperti Taft yang banyak beredar di Indonesia sementara sasis yang digunakan memakai sasis panjang (long wheel base).

Kijang Targa GT

Toyota Kijang Targa

Dalam istilah otomotif, targa memiliki makna semi convertible dimana bagian atapnya bisa dilepas sementara kaca belakangnya tidak dan GT biasanya merupakan singkatan dari Grand Touring. Tidak sesuai dengan namanya, Kijang yang satu ini tidak berbentuk mobil grand touring dengan atap targa. Bentuk kijang dengan bodi buatan karoseri Laksana ini lebih menyerupai sebuah Mercedes-Benz Geladenwagen atau G wagen W460. Mobil yang dijual oleh PT. Astrindo Jaya Mobilindo ini memiliki fitur berupa jok reclining dan sliding ditambah sandaran kepala, dashboard model sedan, velg racing serta ban radial, serta tambahan berupa lampu indikator pintu dan jam. Berbeda dengan Kijang lain yang mampu mengangkut 7, 8 atau 9 penumpang, Kijang Targa GT ini hanya dibuat untuk 5 penumpang saja.

Kijang Super Lion

 

Kijang Alfa

 

 

Kijang Beta

toyota-kijang-tamara_5671939528_o

KIjang Patria

Sama halnya dengan Kijang Buaya, penamaan ‘Kijang Doyok’ datang dari masyarakat, dimana nama itu tentu belum ada ketika diluncurkan. Kijang generasi kedua ini dinamakan Kijang Doyok mungkin lantaran sosoknya yang kotak – kotak kerempeng diidentikkan dengan tokoh kartun Doyok di Pos Kota. Bisa juga lantaran baik Doyok maupun Kijang sama – sama populer saat itu dan dianggap ikon potret rakyat Indonesia sesungguhnya.

source :
mobilmotorlama.com
google
nasmoco.id

BROSUR BROSUR TOYOTA KIJANG BUAYA DAN KIJANG KOTAK

 

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Suka 4WD

All About 4 Wheel Drive

Hydroid's Blog

Just another WordPress.com site

A R T I K E L 📌 M A R L Y

A collection of articles that are interesting to read, provide motivation and encouragement for you.

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Jalancerita

Banyak Jalan, Banyak Cerita | Catatan perjalanan seorang Bocah Ilang dari Jogja

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

"Menulis untuk keabadian"

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

%d blogger menyukai ini: