Mengenal Hino RM 380 , Chasis Bus Premium Terbaru Hino Indonesia

Hino Perkenalkan Bus RM 380 Bermesin Belakang
Hino RM 380 milik Po harapan jaya

awansan.com – Dear pembaca semua, pasar chasis premium memang sedang menggeliat di Indonesia, Chasis – premium dengan tenaga diatas 300 hp mulai banyak seliweran di jalanan Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi, apalagi seiring dengan membaiknya sektor infrastruktur jalan raya  dan juga ruas jalan tol yang semakin bertambah panjang. Bus-bus dengan spesifikasi demikian sangat diandalkan pengusaha angkutan dalam menyediakan layanan jasa transportasi bus malam jarak jauh atau bus untuk kebutuhan bus pariwisata premium.

Seakan tak peduli dengan harga yang mahal, chasis – chasis top of the line tersebut tetap saja laris manis bak kacang goreng, untuk sementara ini pasar chasis bus premium masih dikuasai oleh Scania dengan Scania K series ( Scania K410, Scania K380, Scania K360, dan Scania K310), dan Mercedes Benz dengan Mercy OF 500 RF  2542 .

Well , PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) yang selama ini menjadi penguasa pasar pasar bus single (4×2) dengan mesin di bawah 300 horse power akhirnya panas juga dan berniat meluncurkan chasis premium andalan mereka, hmm inilah yang ditunggu tunggu indonesia, mengingat banyak Perusahaan Otobus di Indonesia yang memang sangat loyal menggunakan merk Hino .

Setelah sekian lama dinanti akhirnya Hino kemudian meluncurkan Hino RM 380 pada gelaran  GIIAS 2017 , Flagship bus Hino di Indonesia dengan GVW 18 Ton dan tenaga mesin hingga 380 ps, peluncuran ini sekaligus menandai masuknya Hino di Segmen Chasis Bus Premium, di segmen ini Hino akan bertarung dengan Scania K360 iB dan Mercedes Benz OH 1836 yang sudah lebih dulu meluncur di Indonesia.

Sebagai chasis premium tenaga besar seakan sudah menjadi keharusan, untuk ini Hino RM1ESKU sudah dipersenjatai dengan mesin Diesel Hino E13C-UT 6 silinder yang mempunyai tenaga maksimal hingga 380 ps dan torsi maksimal 1950 nm , tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi manual ZF 6S1910BO enam percepatan.

Tenaga mesin yang besar tentunya harus diimbangi juga oleh sektor pengereman yang mumpuni , untuk itu Hino menyematkan sistem pengereman full air di Hino RM 380 yang dilengkapi dengan Antilock Braking System (ABS) yang mencegah bus mengalami rem blong dan roda terkunci saat bermanuver melakukan pengereman keras.

Sektor chasis juga mendapat improvement, jika biasanya Hino setia menggunakan chasis ladder frame, maka pada seri RM 380 ini sudah mengpalikasikan smodel space frame, sehingga kapasitas bagasi bisa menjadi jauh lebih besar.

Seabagai Chasis Bus Premium, perangkat  Air suspension juga sudah menjadi standar bawaannya, Hino menyematkan 2 balon udara pada poros depan, dan 4 balon udara pada poros belakang . Fitur air suspension ini membuat perjalanan jauh menjadi jauh lebih nyaman terutama saat melewati jalan berliku dan bergelombang.

Dengan adanya Chasis Hino RM 380 ini, maka posisi Hino sebagai market leader pasar bus besar di Indonesia smenjadi semakin kokoh, oh ya unit pertama Hino RM 380 akhirnya dimiliki Oleh Po Harapan Jaya dan sudah menggunakan body Legacy Sky SR2 Prime XHD 😀 buatan Karoseri Laksana Ungaran.

source: tribun news, haltebus, google, hino motor sales indonesia,

400-678x381
Bagian Depan Hino RM 380
301-678x381
Buritan Hino RM 380
Advertisements

15 comments

  1. Hino RM-390, apakah ntar larinya bakal lebih kenceng daripada Scania K360/K410IB?

    dan semoga diantara dua PO penguasa Line Surabaya-Jogja, Sumber Group dan Eka-Mira Group ada yang mau makek Hino yg baru ini, sehingga ane yg berdomisili di wilayah karesidenan madiun bisa mencobanya kelak, tinggal duluan mana diantara mereka berdua yang mau pakek 🙂

    Like

    1. Wkwk kenceng atau nggak tergantung yg bawa.. toh sebesar besarnya tenaga bus, top speed pasti dilimiter demi safety

      Tenaga bus yg besar lebih dimaksudkan supaya bisa cruising dg putaran mesin serendah mungkin.

      Like

      1. Yang dilimit itu Mercedes Benz, katanya cuman mentok 100 Kpj aja walau di gas pol, kalah dong sama bus2 Bumel surabaya-an Hino AK yg biasa berlari diatas 100 kpj. Kalo pengen bisa cruising serendah mungkin ya tergantung juga brapa jumlah transmisinya sama perbandingannya.

        Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.