Sejarah Daihatsu Taft Part I : Daihatsu Taft F10

Daihatsu Taft F10 L

Dear pembaca semua, pada tahun 1970an kebutuhan dunia akan kendaraan off road ringan meningkat, menjawab hal itu maka pada tahun 1974 Daihatsu meluncurkan kendaraan 4×4 pertamanya berjuluk Taft (Tough Almighty Fourwheeldrive Transport) . Di beberapa negara Daihatsu Taft menggunakan nama lain yaitu Daihatsu Fourtrak, Daihatsu Scat, dan Daihatsu Wildcat .

Taft yang pertama diluncurkan adalah Taft F10 . Secara sekilas ukuran Daihatsu Taft F10 memang mirip dengan Suzuki Jimny, padahal sebetulnya ukuran Taft sedikit lebih besar dan lebih berat, di tahun yang sama lawan sekelasnya adalah Jimny LJ50 yang masih bermesin 2 tak .

Daihatsu Taft F10 L

Daihatsu Taft F10 menggunakan mesin bensin FE4 sebagai dapur pacunya, meskipun berkapasitas 1000cc tapi jangan remehkan mesin ini, karena mampu menyamburkan  tenaga maksimal hingga  58ps dan torsi maksimal 80 nm.. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi manual 4 percepatan. 

Sebagai kendaraan 4×4, tentunya daihatsu taft juga sudah dilengkapi dengan transfercas dual range (Hi dan Low Gear) sehingga menambah kemampuan taft dalam menghadapi medan berat,  tersedia juga optional pto untuk menggerakkan winch maupun peralatan mekanis lain.

Image result for taft f10 brochure

Chasis Daihatsu Taft hanya tersedia dalam versi SWB ( short wheel base) , sedangkan untuk penutupnya tersedia dalam versi soft top dan hardtop, semantara untuk versi pick up belum tersedia 

Daihatsu Taft F10 L

Seperti halnya Suzuki Jimny, Daihatsu Taft pun cepat mendapat kepopuleran di dunia sebagai kendaraan offroad ringan dan juga kendaraan operasional proyek yang tangguh .

Resepnya tentu saja adalah Murah, Robust, Simple, Reliable. Tahan disiksa di berbagai medan berat dunia, simple karena semuanya masih mekanikal sehingga mudah diperbaiki, tidak terlalu dipusingkan dengan hal hal berbau elektronik, dan lebih murah dibanding pesaing kendaraan 4×4 dari barat seperti Jeep/Land Rover .. 

Related image

Interior Taft F10 juga cukup spartan dengan dashboard besi yang kokoh,  khas kendaraan tahun 1970an, indikator juga sudah lengkap mencakup : 

  1. Speedometer

  2. Indikator BBM

  3. Temperatur Air 

  4. Turn Signal

  5. Tekanan Oli

  6. Pengisian Aki

  7. Hand Brake

Jangan harap ada ac ya karena Taft F10 masih menggunakan angin cendela sebagai pendingin penumpangnya, setir juga masih berat karena tanpa power steering, begitupun rem juga berat karena belum dilengkapi dengan booster.

Daihatsu Taft F10 L

char93_007_b

Sektor peredam kejut masih digawangi oleh per daun di keempat roda, meskipun keras tapi per daun mempunyai keunggulan karena simple, durabilitas tinggi dan mempunyai kapasitas muatan yang lebih berat, well namanya juga kendaraan pekerja hehehe .

Daihatsu Taft F10 L

Untuk membedakan dari seri Taft lainnya , Daihatsu Taft F10 mudah dikenali dari gril depannya yang berbentuk kotak 😀 .

Related image

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Classic 4WD, Kendaraan 4WD

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s