Sejarah Daihatsu Taft Part II : Taft F20 dan Taft F50 Kebo

Sobat Jipmania,  Sukses dengan penjualan Taft F10 tidak membuat Daihatsu terlena, maka pada tahun 1979 Daihatsu melakukan update pada Taft F10, update baru ini kemudian diberi nama Taft F20

Tidak hanya facelift semata tetapi Daihatsu juga melakukan banyak improvement pada Taft F20 , diantaranya adalah desain gril baru, desain dashboard baru, dan yang paling signifikan adalah  Daihatsu membenamkan mesin bensin baru yang lebih bertenaga .

Image result for taft f20 brochure

Mesin baru yang digunakan oleh Daihatsu Taft F20 adalah mesin bensin 12R , dengan kapasitas 1600 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 66.5 ps dan torsi maksimal 111 nm. Meningkat drastis dibanding mesin sebelumnya yang hanya berkapasitas 1000cc .

Daihatsu Taft F20 tersedia dalam dua versi chasis, yaitu Short Whellbase dan Long Wheelbase .. Sedangkan untuk model bodynya tersedia dalam versi Hardtop, soft top dan pick up..

Selain mesin bensin, pada generasi kedua ini tersedia juga versi mesin diesel dengan kode Taft F50, Taft F50 inilah yang kemudian di kenal dengan sebutan Taft Kebo di Indonesia .

Daihatsu Taft F50 menggunakan mesin Diesel DG berkapasitas 2500 cc, mesin diesel ini terkenal bandel dan tahan minum solar busuk, untuk versi luar jepang tenaga yang mampu dihasilkan mesin diesel ini adalah 62 ps dan torsi maksimal 146 nm, Sedangkan untuk versi Jepang lebih bertenaga dengan 74 ps dan torsi 172nm ..

Related image

Di beberapa negara terdapat juga versi atap resin/fiber yang lebih ringan, di Indonesia Taft Versi ini disebut dengan Taft Hunter .

Image result for taft f10 brochure

Pada tahun  1983, Daihatsu Taft  F20/F25 mendapat update dengan transmisi baru 5 percepatan, dan penambahan tachometer di dashboard. Kiprah Daihatsu Taft akhirnya harus berhenti di tahun 1984, ketika Daihatsu mengeluarkan Daihatsu Rugger sebagai penggantinya .

 

Related image

Oh ya fyi Toyota juga pernah membuat kembaran Taft hloo, namanya Toyota Blizzard, dibangun menggunakan basis Daihatsu Taft tapi dengan menggunakan mesin dari Toyota .

Image result for taft f20 brochure

Image result for daihatsu taft f50 brochure

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.