Sejarah Suzuki Jimny Part IV : Jimny Jangkrik LJ80/SJ20 !!

Dear pembaca semua, pada tahun 1977 Suzuki Jepang memperkenalkan mesin bensin terbarunya yang berkode F8A , mesin F8A merupakan mesin mobil 4 tak pertama milik Suzuki, dengan konfigurasi 4 silinder dan berkapasitas 800 cc, mesin ini irit dan cukup bertenaga untuk menggendong bobot jimny yang hanya sekitar 650 kg.

Suzuki Jimny lah yang kemudian menjadi mobil pertama Suzuki yang menggendong mesin baru ini, dengan menggunakan kode LJ80, di Indonesia Jimny LJ80 lebih sering disebut dengan Jimny Jangkrik atau Jimny Kotrik. Mesin F8A sendiri mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 41 ps@ 5500 rpm, dan torsi maksimal 61 nm @3500 rpm.

  1. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi manual 4 percepatan, digunakan juga transfercase dual range yang dilengkapi PTO.

Suzuki Jimny LJ80 ditawarkan dalam berbagai variant :

  • LJ80: Tanpa kanvas dan Tanpa Pintu,hanya ada besi penghalang samping, kaca depan bisa dilipat

  • LJ80Q: Atap Kanvas, Pintu bisa kanvas/metal

  • LJ80V: Atap Metal (Hardtop)

  • LJ81: Pick Up dengan 2 kursi

Mesin baru yang lebih bertenaga membuat Jimny LJ80 makin populer di pasaran luar negeri, selain sebagai kendaraan Off Road, Jimny LJ80 juga banyak digunakan dalam bidang pertanian dan peternakan. Karakter Jimny yang simpel, ringan, dan bandel membuat Jimny LJ 80 digemari di banyak tempat. Untuk pasaran Domestik Jepang, Jimny LJ80 ldisebut juga dengan nama Jimny SJ20/Jimny 8 .

Pada tahun 1978 Jimny LJ80 mendapat sedikit facelift, dengan lampu depan yang terletak lebih rendah dari model 1977, sedangkan mesin masih sama.

 

Image result for suzuki lj80 brochure

jimnyjangkrik

Iklan

One comment

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s