Mengenal Macam Macam Winch : Winch PTO

Dear pembaca semua, dalam dunia off road winch merupakan salah satu piranti yang paling penting, winch digunakan terutama untuk recovery kendaraan ketika sudah stuck, semua sudah mafhum tentunya dalam kondisi tertentu ketika sistem 4wd sudah tidak mampu menggerakkan keadaan, maka disinilah peran winch sangat berarti.

Terdapat dua macam winch yang jamak digunakan, yaitu winch elektrik dan winch pto, nah kali ini kita akan membahas tentang winch pto. Winch PTO merupakan jenis winch tertua, dan terpopuler di dunia sebelum ada winch elektrik. Sifat winch ini adalah simple dan reliable sehingga masih banyak digunakan hingga saat ini.

Apa Itu PTO ?

PTO (Power Take Off) merupakan Gear tambahan yang  digunakan untuk menggerakkan perlengkapan atau peralatan kerja di luar mesin. Unit PTO Gear ditempatkan di dalam flywheel housing di bagian belakang engine. Putaran crankshaft gear dipindahkan melalui idler gear ke drive gear PTO.

 


Berbeda dengan winch elektrik yang membutuhkan accu untuk menggerakkan motor listriknya, winch pto menggunakan tenaga mekanis dari mesin melalui shaft khusus pto, jadi selama mesin menyala winch pto tetap bisa digunakan, tanpa takut aki tekor.

Banyak kendaraan 4wd yang menggunakan winch pto sebagai piranti standar kendaraan, diantaranya adalah Land Rover Series, Land Cruiser FJ40, Willys MB, Reo Truck, Unimog dll

Cara kerjanya bisa dilihat pada diagram diatas, nampak shaft yang keluar pto kemudian disambungkan ke winch, pengoperasian winch pto dilakukan melalui lever yang terletak di kabin, baik itu untuk mengulur/menggulung winch .

Untuk menambah kekuatan winch, beberapa winch pto sudah dilangkapi dengan sistem hidraulis, winch jenis ini disebut dengan winch pto hidraulis, salah satu kendaraan yang terkenal menggunakan winch ini adalah Mercedes Benz Unimoga

Selain Winch PTO biasa,  ada juga yang disebut “PTO Setan”,  well well disebut pto setan karena winch ini sudah dimodifikasi gigi reduksinya, sehingga winch bisa menggulung lebih cepat dibanding pto biasa. 

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.